3 Kandidat Pengganti Roberto Mancini di Timnas Italia

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 15 Agustus 2023
3 Kandidat Pengganti Roberto Mancini di Timnas Italia
Roberto Mancini (Twitter)

BolaSkor.com - 10 bulan menjelang Piala Eropa 2024 yang akan dihelat di Jerman, juara bertahan Piala Eropa, timnas Italia justru ditinggal oleh pelatih mereka. Ya, Roberto Mancini (58 tahun) memutuskan mundur sebagai pelatih Gli Azzurri.

Keputusan mundur Mancini merupakan keputusan personal dan itu dituturkan olehnya di media sosial.

"Mengundurkan diri sebagai CT Nazionale adalah keputusan pribadi saya. Saya ingin berterima kasih kepada Gabriele Gravina (Presiden FIGC) atas kepercayaan yang dia tunjukkan kepada saya, serta semua anggota FIGC," ucap Mancini baru-baru ini.

"Saya salut dan berterima kasih kepada semua pemain saya serta para penggemar, yang telah mendukung saya selama lima tahun terakhir. Saya akan selalu menyimpan kemenangan luar biasa Piala Eropa 2020 di dekat hati saya. Itu suatu kehormatan."

Baca Juga:

Mundur sebagai Pelatih Italia 10 Bulan Jelang Piala Eropa 2024, Roberto Mancini Angkat Bicara

30 Detik yang Menggambarkan Kemarahan Inter kepada Lukaku

Pensiun Jadi Pemain, Gianluigi Buffon Ambil Bagian di Timnas Italia

Mantan pelatih Manchester City dan Inter Milan itu menangani Italia sejak 2018. Dalam kurun waktu lima tahun, legenda Sampdoria itu membawa Italia memenangi Piala Eropa 2020 kala bermain melawan Inggris di final yang dihelat di Wembley.

Menarik untuk dinanti siapa pelatih yang akan menggantikan Mancini di timnas Italia. Dikutip dari Football-Italia, ada tiga nama kandidat pengganti Mancini yang berpotensi dilirik FIGC, Federasi Sepak Bola Italia, siapa saja?

1. Antonio Conte

Tidak sedang melatih klub setelah meninggalkan Tottenham Hotspur pada Maret lalu. Antonio Conte juga punya pengalaman melatih Italia selama dua tahun (2014-2016), membawa Italia ke perempat final Piala Eropa.

Dengan pengalamannya tersebut, plus kesuksesan kala melatih klub seperti Juventus, Inter Milan, dan Chelsea, nama Conte layak jadi kandidat pelatih Italia.

Conte acapkali menggunakan formasi tiga bek dan mengedepankan permainan yang efisien, etos kerja dari tim, hingga permainan yang mengandalkan serangan balik.

2. Luciano Spalletti

Meninggalkan Napoli usai membawa klub memenangi Scudetto setelah 33 tahun lamanya. Dikonfirmasi Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis, dan juga sang pelatih, ia mengundurkan diri sebagai pelatih karena ingin rehat.

Tak ayal itu bisa menyulitkan FIGC untuk meyakinkannya melatih Italia. Akan tapi tidak ada yang tidak mungkin. Spalletti punya tipikal pelatih modern dengan permainan yang ofensif dan pergerakan dinamis dari para pemain.

Soal pengalaman melatih tidak perlu lagi dipertanyakan. Spalletti sudah 'kenyang' melatih di level klub dari Empoli pada 1993, Udinese, AS Roma, Zenit Saint Petersburg, Inter Milan, hingga Napoli. Tinggal melatih timnas belum dilakukan Spalletti.

3. Massimiliano Allegri

Dibandingkan dua nama di atas, Massimiliano Allegri tidak menganggur karena ia melatih Juventus di periode kedua. Allegri, 56 tahun, mencoba membangkitkan Il Bianconeri karena periode keduanya bertolak belakang dari pencapaian besarnya di periode satu (2014-2019).

Kendati demikian kans hengkang Allegri juga terbuka, sebab ia tidak terlalu disukai fans dengan pendekatan sepak bola yang pragmatis. Allegri juga menjadi kandidat pelatih Italia.

Trivia Sepak Bola Roberto Mancini Timnas Italia Massimiliano Allegri Luciano Spalletti Antonio Conte
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.182

Bagikan