Pensiun Jadi Pemain, Gianluigi Buffon Ambil Bagian di Timnas Italia

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Rabu, 02 Agustus 2023
Pensiun Jadi Pemain, Gianluigi Buffon Ambil Bagian di Timnas Italia
Gianluigi Buffon (Twitter)

BolaSkor.com - Kiper legendaris Italia, Gianluigi Buffon, dikabarkan akan mengumumkan keputusannya pensiun sebagai pemain sepak bola dalam waktu dekat. Setelah itu, sang penjaga gawang diyakini akan bergabung ke tim nasional Italia dalam struktur manajemen.

Sejatinya, Gianluigi Buffon masih terikat kontrak dengan Parma hingga Juni tahun depan. Namun, karena cedera yang terus menerpa sepanjang musim lalu dan kegagalan membawa Parma promosi, Buffon memilih gantung sepatu.

Menurut laporan yang beredar deras di Italia, keputusan Buffon tersebut sudah bulat. Meskipun, ia juga menerima tawaran menggiurkan dari klub Arab Saudi pada musim panas ini.

Baca Juga:

Inter Kejar Yann Sommer, Juventus Terkena Efek Domino

30 Detik yang Menggambarkan Kemarahan Inter kepada Lukaku

Inter dan Chelsea Sepakat, Romelu Lukaku Justru Negosiasi dengan Juventus

Parma dikabarkan menerima keputusan Buffon dengan legawa. Parma meyakini penjaga gawang 45 tahun itu telah mempertimbangkan banyak hal sebelum memilih pensiun sebagai pemain.

Sepanjang kariernya, Buffon menjadi satu di antara penjaga gawang terbaik yang pernah ada di sejarah sepak bola.

Mengawali karier profesional bersama Parma, Buffon memecahkan rekor transfer penjaga gawang ketika pindah ke Juventus pada musim panas 2021. Ketika itu, Bianconeri mengucurkan dana hingga 52,8 juta euro.

Buffon mengabdi sangat lama di Juventus. Ia memperkuat Juve dari 2001 hingga 2018.

Dalam periode itu, Buffon mencapai puncak kariernya. Ia membawa La Vecchia Signora juara Serie A 10 kali. Selain itu, Buffon juga memenangi 7 trofi Piala Super Italia dan 6 gelar Coppa Italia.

Buffon juga mencapai puncak dunia bersama tim nasional Italia. Ia membawa Gli Azzurri juara Piala Dunia 2006. Ia juga tercatat sebagai pemain dengan caps terbanyak di timnas Italia, yakni 176 penampilan.

Setelah itu, karier Buffon mulai merosot ketika pindah ke PSG dan kembali ke Juventus. Kepindahan Buffon ke klub masa mudanya, Parma, pada musim panas 2021 juga memperkuat sinyal jika Buffon mendekati masa pensiun.

Corriere dello Sport melaporkan, Buffon tidak akan benar-benar meninggalkan dunia sepak bola setelah gantung sepatu. Sebab, ia kemungkinan akan mengambil jabatan sebagai manajer timnas Italia menggantikan Gianluca Vialli yang berpulang pada Januari lalu.

Gianluigi Buffon Juventus Parma Serie a Timnas Italia
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.684

Bagikan