Menilik 3 Alasan di Balik Pemecatan Julian Nagelsmann

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 25 Maret 2023
Menilik 3 Alasan di Balik Pemecatan Julian Nagelsmann
Julian Nagelsmann (Twitter)

BolaSkor.com - Tidak ada angin tidak ada badai tiba-tiba pelatih muda asal Jerman, Julian Nagelsmann, dipecat Bayern Munchen. Parahnya lagi, Nagelsmann mendapatkan informasi tersebut dari media ketika ia sedang berlibur di Austria.

Kabar itu pada awalnya ramai di media sosial dan dilaporkan oleh Fabrizio Romano. Sehari kemudian setelahnya Bayern mengonfirmasi kabar tersebut melalui situs resmi mereka, kemudian menunjuk Thomas Tuchel sebagai pelatih baru.

"FC Bayern Munchen telah melepas pelatih kepada, Julian Nagelsmann. Keputusan ini diambil oleh CEO, Oliver Kahn, dan anggota dewan olahraga, Hasan Salihamidzic, dengan berkonsultasi dengan presiden klub, Herbert Hainer," demikian pernyataan dari Bayern.

"Nagelsmann akan digantikan oleh Thomas Tuchel. Tuchel menerima kontrak hingga 30 Juni 2025 dan akan mengawasi latihan skuad untuk pertama kalinya pada Senin."

Baca Juga:

Liga Champions: PSG Dikritik Legenda Munchen Tak Bisa Manfaatkan Messi

Pep Guardiola Jadi Kunci Duel Manchester City Vs Bayern Munchen

Bayern Munchen Ungkap Alasan Pecat Nagelsmann dan Tunjuk Tuchel sebagai Pengganti

Kabar yang datang secara tak terduga itu mengejutkan publik, apalagi jika melihat performa Bayern dengan pelatih berusia 35 tahun itu tidaklah buruk. Bayern lolos ke perempat final Liga Champions dan masih berada dalam jalur perebutan titel Bundesliga.

Menilik informasi dari berbagai sumber, berikut BolaSkor menuturkan tiga alasan di balik pemecatan Nagelsmann:

1. Performa Menurun

Alasan pertama ini digunakan oleh Bayern untuk memecat Nagelsmann. Itu diutarakan oleh CEO sekaligus legenda Bayern, Oliver Kahn.

"Setelah Piala Dunia kami bermain kurang sukses dan kurang atraktif. Fluktuasi besar dalam kinerja telah meragukan tujuan kami untuk musim ini, tetapi juga tujuan kami untuk masa depan," ujar Kahn.

"Itu sebabnya kami bertindak sekarang. Secara pribadi dan atas nama FC Bayern, saya ingin berterima kasih kepada Julian dan tim kepelatihannya. Kami berharap yang terbaik untuk mereka di masa depan."

Bayern saat ini ada di urutan dua Bundesliga dengan 52 poin dari 25 laga, terpaut satu poin dengan Borussia Dortmund di puncak klasemen. Seyogyanya jarak itu masih normal dan Bayern masih punya peluang juara.

Akan tapi nasi telah menjadi bubur dengan pemecatan Nagelsmann. Petinggi Bayern mengambil keputusan setelah penurunan performa Bayern pasca berganti tahun menjadi 2023, setelah liga dimulai kembali pasca jeda musim dingin.

2. Hubungan Panas dengan Manuel Neuer

Hal ini disinyalir jadi alasan kuat Bayern memecat Nagelsmann. Panasnya hubungan Nagelsmann dengan kiper Bayern, Manuel Neuer, terlihat jelas di depan publik pasca Nagelsmann memecat Toni Tapalovic yang merupakan mantan pelatih kiper Bayern.

Tapalovic memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Neuer, ia bahkan sudah berada di Bayern sejak 2011 (tahun yang sama kala Neuer datang dari Schalke), dan Tapalovic juga menjadi pendamping pria Neuer di hari pernikahannya.

Tak ayal itu membuat friksi di kamar ganti pemain Bayern, terlebih dengan usia muda Nagelsmann sebagai pelatih. Para pemain senior Bayern kabarnya memihak kepada Neuer, Neuer pun tak lagi bermain dan Bayern merekrut Yann Sommer sebagai penggantinya pasca direkrut dari Borussia Monchengladbach.

"Saya merasa seperti jantung saya dicabut. Itu adalah hal paling brutal (pemecatan Tapalovic) dalam karier saya," keluh Neuer dalam sebuah wawancara dengan The Athleti soal pemecatan Tapalovic. Alhasil, Bayern memilih berpihak kepada skuad ketimbang Nagelsmann.

3. Hubungan dengan Lena Wurzenberger

Skuad Bayern dikabarkan terkejut ketika Nagelsmann memiliki hubungan dengan Lena Wurzenberger, wanita berusia 30 tahun yang juga bekerja di media Jerman, BILD, dan secara khusus menulis mengenai Bayern.

Wurzenberger sudah meninggalkan pekerjaan itu saat ia mulai berkencan dengan Nagelsmann, namun itu tak menghentikan adanya masalah kepercayaan dari skuad Bayern kepada Nagelsmann.

Hal itu diungkapkan oleh mantan bek timnas Jerman dan mantan pemain Bayern, Markus Babbel, kepada Blick.

"Saya tahu bahwa hubungan Nagelsmann dengan seorang reporter BILD adalah topik besar di ruang ganti. Sama sekali tidak menyenangkan bahwa dia bersamanya. Oleh karena itu pacarnya menjadi masalah besar bagi Bayern," terang Babbel.

"Ada kurangnya kepercayaan karena beberapa pemain tidak bisa mengomunikasikan apa yang mereka pikirkan lagi. Karena mereka takut semuanya akan berakhir di surat kabar."

Trivia Sepak Bola Julian Nagelsmann Bayern Bayern munchen
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.831

Bagikan