Ketika Andrea Pirlo Mengizinkan Pemain Merokok di Ruang Ganti

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 13 Oktober 2023
Ketika Andrea Pirlo Mengizinkan Pemain Merokok di Ruang Ganti
Andrea Pirlo (Twitter)

BolaSkor.com - Ketika masih aktif berkarier sebagai pemain di masa lalu, Andrea Pirlo merupakan sosok pemain yang elegan dengan caranya mengatur serangan di lini tengah. Sang maestro bermain pada medio 1990-an hingga pensiun pada 2017.

Dengan rambut panjang serta brewok yang menjadi ciri khasnya, Pirlo menjadi orkestra lini tengah dalam mengalirkan bola kepada rekan setimnya. Dalam kariernya ia pernah membela Inter Milan, AC Milan, Juventus, dan pensiun dengan New York City FC.

Kini, pria berusia 44 tahun banting setir jadi pelatih dan perjalanannya dimulai pada 2020 di tim Juventus U-23. Setelahnya, Pirlo melatih tim utama Juventus, Fatih Karagumruk, dan saat ini membesut Sampdoria.

Bak cerita yang selalu menyertainya saat ia masih menjadi pemain, ada cerita menarik kala Pirlo melatih klub Turki, Fatih Karagumruk pada medio 2022-2023.

Baca Juga:

Kronologi di Balik Hancurnya Hubungan Victor Osimhen dengan Napoli

Bukan Empat Besar, Juventus Seharusnya Targetkan Scudetto

Antonio Conte Menuju Napoli

Mantan pemain Fatih, Colin Kazim-Richards, membeberkan fakta apabila Pirlo mengizinkan anak-anak asuhnya merokok di ruang ganti pemain, baik itu sebelum laga atau bahkan di jeda paruh pertama pertandingan.

"Ada banyak orang Italia yang merokok," kata Kazim-Richards kepada podcast Filthy Fellas.

"Di Turki boleh (merokok), tergantung siapa pelatihnya. Namun tahun lalu bersama Pirlo mereka diperbolehkan merokok dan mereka merokok tanpa henti sebelum pertandingan."

"Rokok. Sesuai (takaran). Seperti setengah waktu duduk dan merokok. Pirlo berbicara, mereka di bawah sana merokok."

"Ini adalah budaya yang sangat berbeda. Anda mengerti. Jadi bukan saya yang mengatakan sesuatu sebagai faktor kejutan, tetapi saya yang mengatakan bahwa Anda dapat melakukannya dengan sah," terangnya.

Kala Pirlo masih melatih Fatih, ada beberapa pemain Italia di dalam tim seperti halnya Fabio Borini, Matteo Ricci, Andrea Bertolacci, Emiliano Viviano, dan Davide Biraschi. Bahkan merokok bukan hal yang baru lagi untuk sepak bola di Italia.

Gianluigi Buffon, Gianluca Vialli, Wojciech Szczesny, dan pelatih Lazio, Maurizio Sarri juga merokok.

Uniknya, Turki pernah menerapkan aturan larangan merokok di stadion pada 2010 dan 2013. Eks pelatih Besiktas, Slaven Bilic, pernah ditegur oleh Federasi Sepak Bola Turki karena terlihat merokok kala menonton laga Galatasaray di Turk Telekom Arena.

Andrea Pirlo Turki Liga Turki
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.180

Bagikan