Terry Yudha Kusuma Ungkap Kunci Sukses Raihan Medali Emas dari Balap Sepeda

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 11 Mei 2023
Terry Yudha Kusuma  Ungkap Kunci Sukses Raihan Medali Emas dari Balap Sepeda
Terry Yudha Kusuma meraih medali emas dari nomor Men's Road Criterium. (PB ISSI/Nick Hanoatubun)

BolaSkor.com - Tim Indonesia dari cabang olahraga balap sepeda menambah pundi-pundi medali emas SEA Games 2023. Adalah Terry Yudha Kusuma yang menyumbang medali.

Terry menjadi yang terbaik dalam perlombaan nomor Criterium Putra yang berlangsung di Kulen Mountains, Siem Reap, Kamboja, Kamis (11/5) dengan mencatatkan waktu 1 jam 13,38 menit. Rider 24 tahun itu bersaing ketat dengan atlet asal Malaysia Nur Amirull Fakhruddin Mazuki dalam perlombaan 30 lap dengan masing-masing lap berjarak 1,84 km tersebut.

Tak ada selisih waktu antara keduanya. Namun, Terry berhasil memanfaatkan keunggulan di sprint dengan menyentuh garis finis pertama. Posisi ketiga ada pebalap sepeda Filipina Ronald Oranza dengan selisih satu detik.

Dalam rilis, Terry menjelaskan bahwa kemenangan tak lepas dari perjuangan semua anggota tim balap sepeda Indonesia yang saling mendukung satu sama lain. Termasuk dua pebalap yang turun bersama di nomor Criterium yakni Aiman Cahyadi dan Muhammad Andy Royan.

Baca Juga:

Medali Emas Disumbangkan dari Lari 10.000 Meter, Perak dari Tolak Peluru

Perak SEA Games 2023 Jadi Modal Tim Bulu Tangkis Putri Indonesia Tambah Jam Terbang


Selain itu juga Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. yang terus memberikan dukungan penuh untuk kemajuan balap sepeda.

"Kemenangan ini tak lepas dari kerja sama semua tim. Ini menjadi medali pertama saya di SEA Games. Hasil kerja keras saat berlatih. Saya berjuang bersama teman-teman lainnya, termasuk mas Aiman dan Royan yang mendukung penuh untuk saya. Alhamdulillah hasilnya sesuai dengan target yang dinginginkan," kata Terry.

Pebalap yang lahir pada 14 Maret 1999 itu juga menambahkan bahwa datang ke SEA Games 2023 dengan persiapan matang. Sebelumnya dia mengikuti sejumlah evant internasional. Meskipun bukan di nomor road melain untuk track.

"Saya mengukuti sejumlah balapan sebelumnya. Seperti di UCI Track Nations Cup 2023 di Kairo dan Milton. Balapan di track turut membantu saya dalam menambah power. Jadi hasil ini tak lepas dari perjuangan da kerja keras sebelumnya," katanya menambahkan.

Sementara itu, Pelatih Timnas Balap Sepeda Indoensia Dadang Heries Poernomo mengatakan tambahan ini meningkatkan motivasi tim balap sepeda yang menyisakan dua keping emas yang akan diperebutkan, esok hari.

"Alhamdulillah hari ini kita mendapat satu emas lagi melalui nomor Criterium atas nama Terry Yudha. Kerja tim cukup bagus, semua intruksi dijalankan pebalap dengan baik. Terima kasih doa dan dukungannya," ucap Dadang.

Sementara itu pada nomor Criterium Putri, Indonesia belum mampu meraih medali dari tiga wakil yang turun yakni Magh Firotika Marenda yang finis di posisi keempat, Ayustina Delia Priatna di posisi kedelapan, dan Dewika Mulya Sova yang gagal finis.

Medali emas menjadi milik pebalap sepeda asal Thailand Jutatip Maneephan yang finis dengan catatan waktu 55,19 menit. Lalu perak menjadi milik wakil Vietnam Nguyen Thi That dengan catatan waktu yang sama. Pun demikian dengan perunggu yang menjadi milik Nur Aisyah Mohamad Zubir asal Malaysia.

Tim balap sepeda Indonesia secara keseluruhan telah mengoleksi 5 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Sebelumnya atlet yang turun disiplin MTB juga mendominasi perlombaan. Emas diraih melalui Feri Yudoyono di Cross Country Olympic (XCO) Putra. Pada nomor tersebut Zaenal Fanani juga menyumbang perak.

Sayu Bella Sukma Dewi berhasil meraih emas di nomor XCO Putri. Kemenangan Sayu Bella sekaligus mengakhiri paceklik emas pada nomor XCO Putri setelah kali terakhir pada SEA Games 2013 di Myanmar melalui Kusmawati Yazid.

Lalu Dara Latifah yang turun di nomor Cross Country Eliminator (XCE) Putri juga berhasil mendulang emas. Pada XCE Putra Ihza Muhammad meraih medali perunggu. Medali emas lainnya datang dari nomor Mixed Cross Country Relay yang menurunkan komposisi, Dara Latifah, Sayu Bella Sukma Dewi, Zaenal Fanani, dan Feri Yudoyono.

Sepeda SEA Games 2023 Tim Indonesia
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan