Mentalitas Jadi Kunci Kebangkitan Karier Bukayo Saka

Arief HadiArief Hadi - Senin, 27 Maret 2023
Mentalitas Jadi Kunci Kebangkitan Karier Bukayo Saka
Bukayo Saka dan Harry Kane (@BukayoSaka87)

BolaSkor.com - Penyerang sayap Arsenal, Bukayo Saka, memperlihatkan mentalitas baja yang menjadi faktor kuat kebangkitan kariernya khususnya setelah Piala Eropa 2020. Kala itu di final Saka gagal mencetak gol penalti di final melawan Italia.

Kegagalan itu tidak menenggelamkan karier produk akademi Arsenal tersebut, malah pemain berusia 21 tahun bekerja keras dan 'buah' darinya bisa dilihat pada musim 2022-2023 yang menjadi musim kebangkitan Saka.

Tidak hanya jadi pemain kunci Arsenal arahan Mikel Arteta yang sedang bertarung merebutkan trofi Premier League, peran Saka juga krusial untuk timnas Inggris. Itu terlihat di jeda internasional pada ajang Kualifikasi Piala Eropa 2024.

Pasca membantu Inggris menang 2-1 atas Italia, Saka memberikan satu assist untuk gol Harry Kane dan juga mencetak gol ketika Inggris menang 2-0 atas Ukraina di Wembley, Minggu (26/03) malam WIB.

Baca Juga:

Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2024: Inggris Kalahkan Italia, Portugal Berpesta Gol

Tidak Perlu Pembuktian, Harry Maguire Klaim Layak Jadi Pilihan Utama Inggris

Inggris 2-0 Ukraina: The Three Lions Sapu Bersih Dua Kemenangan Beruntun

Menurut informasi di Opta Joe, Saka telah terlibat langsung dalam 23 gol dari 34 laga terakhirnya dengan Arsenal dan Inggris, mencetak 16 gol dan memberikan 7 assists.

Gareth Southgate, pelatih timnas Inggris, melihat kebangkitan karier Saka itu terjadi karena mentalnya yang kuat selain dari kualitas tekniknya yang bagus.

"Saya hanya berpikir ketika dia berada di depan gawang sekarang dia bermain dengan kepercayaan diri tinggi. Itu terbukti dengan klubnya dan itu terlihat dalam pertandingan bersama kami," ucap Southgate dikutip dari Standard Sport.

"Anda mengharapkan dia untuk mencetak gol sekarang ketika dia lolos (dari kawalan lawan), dan saya pikir itu adalah perubahan mentalitas seperti halnya masalah teknis."

"Dia selalu memiliki teknik, jadi saya pikir dia tahu untuk menjadi pemain sayap yang benar-benar top, Anda membutuhkan jumlah gol dan assist dan dia, tanpa diragukan lagi, telah mewujudkannya sepanjang musim."

"Rasa lapar dan kerendahan hatinya telah membawanya ke jalan yang baik sehingga dia memiliki semua atribut untuk terus berkembang, dan belajar karena begitulah dia terhubung, dan saya tidak melihat itu berubah dengan dia dan keluarganya."

"Saya tidak akan terlalu jauh (menggambarkan) di mana dia berada (level) di dunia sepak bola. Dia berkembang dengan sangat hebat, sebuah kesenangan dapat melatihnya," tutup Southgate.

Bukayo Saka Arsenal Inggris Timnas Inggris Piala Eropa 2024 Kualifikasi Piala Eropa 2024
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.831

Bagikan