Ketua Tim Medis PSSI Ungkap Alasan Gunakan Rapid Test sebagai Standar Protokol Kesehatan Liga 1

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Selasa, 09 Juni 2020
Ketua Tim Medis PSSI Ungkap Alasan Gunakan Rapid Test sebagai Standar Protokol Kesehatan Liga 1
Laga Bhayangkara FC vs Persija Jakarta. (Media Bhayangkara FC)

BolaSkor.com - Ketua tim medis PSSI, dr. Syarif Alwi memberikan alasanya terkait dengan rapid test yang menjadi standar protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Virus Corona (COVID-19) jika Liga 1 kembali digulirkan.

Salah satu alasan yang paling utama dari pria yang kerap disapa Papi itu adalah biaya rapid test lebih murah dibandingkan dengan swab test. Oleh karena itu, PSSI lebih memilih rapid test.

Padahal, rapid test memiliki tingkat akurasi yang rendah dalam mendeteksi virus corona. Namun menurut Syarif, rapid test dipakai untuk membantu mendiagnosa kemungkinan yang terjadi apakah pemain tersebut positif atau tidak.

Baca Juga:

Alasan PSSI Ingin Liga 1 dan Liga 2 Dilanjutkan

Arema FC Sarankan PSSI Gandeng Sponsor untuk Meminimalkan Biaya Protokol Kesehatan di Liga 1

"Kalau swab test siapa yang sanggup bayar? Swab test itu paling murah Rp1,5 juta. Rapid test saja belum tentu klub-klub itu sanggup. Rapid test itu adalah alat bantu diagnosa, yang membantu kami menegakkan diagnosa dan itu dilakukan dokter tim," jelas Syarif Alwi.

Papi menambahkan sampai dengan saat ini belum ada keputusan siapa yang bakal menanggung biaya rapid test, PSSI atau klub masing-masing. Saat ini, PSSI masih menyiapkan formula agar biaya rapid test keluar seminim mungkin.

"Soal biaya, itu sedang kami pikirkan karena banyak masukkan bagaimana caranya rapid test dengan harga murah. Kami berusaha jangan sampai ada bantuan-bantuan untuk mensubsidi," pungkasnya.

Seperti diketahui, saat ini PSSI sedang membuat protokol kesehatan untuk pencegahan dan penangan Virus Corona jika Liga 1 dan Liga 2 kembali digelar. Namun panduan protokol kesetahan tersebut belum final, karena masih ada beberapa hal lagi yang dibahas oleh PSSI.

PSSI Syarif alwi Liga 1 Virus Corona
Posts

4.871

Bagikan