Jadwal Siaran Langsung dan Hal-hal Menarik dari Semifinal Liga Europa 2023-2024

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 02 Mei 2024
Jadwal Siaran Langsung dan Hal-hal Menarik dari Semifinal Liga Europa 2023-2024
Semifinal Liga Europa (Foto: Laman Resmi UEFA)

BolaSkor.com - Leg satu semifinal Liga Europa 2023-2024 akan segera dimainkan pada Jumat (03/05) bersamaan pada pukul 02.00 dini hari WIB. Tidak ada tim Inggris dan juga Spanyol pada fase empat besar tersebut.

Kendati berarti hal tersebut tak mengartikan semifinal Liga Europa tidak akan berjalan menarik. Tanpa adanya tim-tim unggulan juara pertandingan akan semakin menarik.

Empat tim yang mencapai semifinal dua di antaranya dari Italia: Atalanta dan AS Roma, satu dari Jerman (Bayer Leverkusen), dan terakhir dari Prancis (Olympique Marseille).

Baca Juga:

Real Madrid Jadi Inspirasi Lolosnya AS Roma ke Semifinal Liga Europa

Football Brexit: Nihil Wakil Inggris di Semifinal Liga Champions dan Liga Europa

Jadwal dan Semifinalis Liga Europa 2023-2024

Olympique Marseille akan menjamu Atalanta, sementara AS Roma melawan Bayer Leverkusen. Berikut jadwal siaran langsung semifinal Liga Europa beserta hal-hal menarik yang perlu diketahui mengenainya.

Jadwal Siaran Langsung

Marseille akan menghadapi Atalanta di Stade Velodrome pada Jumat (02/05) pukul 02.00 dini hari WIB. Pada laga lainnya, Roma menjamu Leverkusen di Stadio Olimpico pada waktu yang sama.

Kedua pertandingan tersebut dapat disaksikan langsung di Vidio, namun hanya satu yang disiarkan oleh televisi nasional (SCTV), laga itu adalah Roma melawan Leverkusen yang juga dapat disaksikan di Champions TV1.

Pertandingan juga akan semakin menarik karena Leverkusen belum terkalahkan di seluruh kompetisi musim ini, di bawah arahan Xabi Alonso, dan berpeluang memenangi treble winner usai menjuarai Bundesliga. Beberapa fakta menarik juga menyertai semifinal nanti.

Dejavu Roma dan Leverkusen

Pertemuan Roma dan Leverkusen bak dejavu dari musim lalu, kala Roma besutan Jose Mourinho mengagalkan Leverkusen ke final dengan agregat gol 1-0 di semifinal.

"Kami adalah tim yang lebih baik, namun mereka mencetak gol (di leg pertama). Sayangnya sulit untuk mencapai sejauh ini, memiliki atmosfer yang luar biasa dan tidak memberikan hasil. Sepak bola adalah pertandingan yang sulit," papar kiper Leverkusen, Lukas Hradecky.

Leverkusen punya kans balas dendam dan dalam kurun waktu 12 bulan segalanya berubah. Leverkusen tak terkalahkan sejauh ini bersama Alonso, Roma juga ada pada momentum bagus di bawah arahan Daniele De Rossi.

"Tahun lalu kami bermain melawan Roma dan mereka mencapai final. Sejarah telah berulang. Ini akan menjadi menarik."

Penebusan Olympique Marseille

Musim ini tak berjalan baik bagi Marseille di kancah lokal, tetapi di Eropa perjalanan mereka bagus usai mengalahkan Benfica di perempat final. Jean-Louis Gasset, pelatih Marseille, banyak memercayai pemain muda untuk menggantikan pemain senior yang cedera.

"Kami punya banyak pemain yang cedera, tapi malam ini kami melihat pemain-pemain muda datang dan mereka siap, mereka fit, jadi kami percaya pada mereka," kata pencetak gol terbanyak Liga Europa, Pierre-Emerick Aubameyang.

Gasset jadi pelatih ketiga Marseille musim ini setelah Marcelino Garcia Toral dan Gennaro Gattuso. Jika dapat melalui hadangan Atalanta, Marseille dapat semakin dekat mewujudkan impian jadi juara.

Marseille sudah tiga kali mencapai final Liga Europa pada 1999, 2004, dan 2018, tetapi pada akhirnya kalah.

Pertama untuk Italia?

Dengan adanya Roma dan Atalanta di bagan berbeda, maka ada potensi besar tim Italia lolos ke final, duel sesama tim Italia di final, atau keduanya sama sekali tak lolos. Kans mereka untuk lolos ke final terbuka.

Di masa lalu kala masih bernama Piala UEFA, tim-tim Serie A sering berpatisipasi dan memenanginya sembilan kali dari 38 pertandingan (termasuk delapan kali dari 11 edisi dari 1989 hingga 1999).

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Sejak saat itu tidak ada lagi kesuksesan yang sama dari Italia sejak namanya menjadi Liga Europa pada 2009-2010 (tidak ada tim Italia memenanginya pada abad 21).

Roma telah menyingkirkan sesama tim Italia, AC Milan, di perempat final dan Atalanta lebih fantastis lagi karena mereka mengalahkan Liverpool, menang 3-0 di Anfield.

Trivia Sepak Bola Liga Europa Roma AS Roma Leverkusen Bayer Leverkusen Marseille Olympique Marseille Atalanta
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.318

Bagikan