Anomali Manajemen Bayern Munchen di Balik Penunjukan Thomas Tuchel

Arief HadiArief Hadi - Senin, 22 Mei 2023
Anomali Manajemen Bayern Munchen di Balik Penunjukan Thomas Tuchel
Thomas Tuchel (twitter)

BolaSkor.com - Sejak Bayern Munchen menunjuk Thomas Tuchel sebagai pelatih baru pada 24 Maret 2023, menggantikan Julian Nagelsmann, cukup banyak yang mengerutkan dahi mempertanyakan keputusan manajemen.

Bukan apa-apa, Bayern sedianya 'baik-baik saja' dengan Nagelsmann yang musim lalu memenangi Bundesliga. Bahkan di bawah arahannya musim ini Bayern bertarung merebutkan treble winners di ajang Bundesliga, DFB Pokal, dan Liga Champions.

Pasca dilatih Tuchel, perjalanan Bayern kandas di DFB Pokal melawan SC Freiburg dan juga di Liga Champions oleh Manchester City. Bahkan dalam perebutan titel Bundesliga, Bayern tidak lagi menentukan nasib mereka sendiri usai kalah 1-3 dari RB Leipzig.

Salah Thomas Tuchel? Tidak juga, sebab pelatih asal Jerman berusia 49 tahun profesional menjalankan tugasnya kepada klub yang mengontraknya. Pertanyaan seyogyanya ditujukan kepada manajemen Bayern yang tiba-tiba memecat Nagelsmann.

Baca Juga:

Uang Bukan Segalanya, Klub Italia dan Spanyol Bisa Bersaing Lawan Tim Inggris di Eropa

Liga Champions: Pertikaian Sadio Mane dengan Leroy Sane Bisa Bangkitkan Bayern Munchen

Tren Negatif Bayern Munchen Berlanjut, Thomas Tuchel Temukan Penyebabnya

Legenda Bayern, Lothar Matthaus, pun tidak habis pikir dengan keputusan Bayern memecat Nagelsmann. Ia menduga perselisihan internal yang berujung pemecatan pelatih kiper Bayern, yang notabene teman dekat Manuel Neuer, sebagai alasannya.

"Itu adalah kejutan besar bagi banyak orang, bukan hanya saya. Dia (Nagelsmann) melakukan pekerjaan dengan baik dan memenangkan Bundesliga. Mungkin dia tidak begitu bagus di Liga Champions di tahun pertamanya, tapi tahun ini dia menang melawan PSG, Inter, Barcelona dua kali," ucap Matthaus kepada Goal.

"Di Bundesliga itu tidak sempurna tapi dia tidak jauh dari trofi. Saya pikir itu adalah lelucon pada awalnya, tetapi itu bukan tanggal 1 April."

"Lagipula itu adalah keputusan klub, para pemain tidak semuanya bersama pelatih biasanya di ruang ganti, tetapi banyak yang senang dengannya dan berbicara positif tentang dia ketika dia pergi – (Leon) Goretzka dan (Joshua) Kimmich misalnya."

"Terjadi sesuatu yang tidak kita ketahui. Fans senang dengannya, kami tidak tahu apa yang terjadi yang membuat Bayern mengambil keputusan ini. Saya pribadi tidak tahu," terangnya.

Matthaus juga menilai Bayern merekrut Tuchel karena ia tidak sedang melatih klub alias menganggur setelah dipecat Chelsea. Selain itu, Bayern hanya tak ingin Juventus terlebih dahulu mengontrak Tuchel.

"Tuchel dekat dengan Juve. Mungkin masalah dengan situasi penjaga gawang adalah alasan Nagelsmann pergi, saya tidak tahu. Bayern gugup dan Tuchel dekat dengan Juventus. Tuchel bebas dan Bayen tidak percaya pada Nagelsmann 100 persen," tambah Matthaus.

"Mereka tidak dapat mengubahnya jika dia memenangkan tiga gelar, Anda tidak dapat menjelaskannya, jadi mereka memutuskan untuk mengubahnya sekarang."

Usai tersingkir di DFB Pokal dan Liga Champions, serta kehilangan posisi puncak klasemen Bundesliga usai kalah dari Leipzig, Bayern kini malah berpotensi menutup musim nirgelar.

Bayern Bayern munchen Bundesliga Bundesliga Jerman Thomas Tuchel
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.365

Bagikan