Xavi Sebut Barcelona Tak Layak Kalah di El Clasico

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 29 Oktober 2023
Xavi Sebut Barcelona Tak Layak Kalah di El Clasico
Barcelona kalah 1-2 di El Clasico (Twitter)

BolaSkor.com - FC Barcelona menelan kekalahan pertama di LaLiga 2023-2024. Catatan minor itu terjadi di El Clasico pada pekan 11 melawan Real Madrid, Sabtu (28/10) malam WIB di Estadi Olimpic Lluis Companys.

Gol cepat Ilkay Gundogan (6') sempat memunculkan asa rekor Barcelona berlanjut dan tim memenangi Clasico. Akan tapi pemain muda Inggris yang tengah on fire, Jude Bellingham, mencetak dua gol di babak kedua (68' 90+2').

Bellingham, 20 tahun, kini sudah mencetak 13 gol dari 13 laga di seluruh kompetisi. Xavi Hernandez, pelatih Barcelona, tahu apabila Bellingham sedang dalam bentuk performa bagus dan memuji kualitasnya.

"Saya pikir dia (Bellingham) adalah pemain hebat dan yang lebih penting lagi, dia sedang dalam kondisi bagus, karena hari ini dia mencetak gol setelah melakukan rebound," ucap Xavi soal Bellingham dikutip dari Sport-English.

Baca Juga:

Fans di Inggris Tak Bisa Saksikan Aksi Jude Bellingham di El Clasico

Barcelona 1-2 Real Madrid: Tuah Jude Bellingham Berlanjut, El Clasico Ke-255 Milik Los Blancos

4 Duel Kunci yang Dapat Jadi Pembeda di El Clasico

Terlepas dari pujiannya kepada Bellingham, Xavi menilai Barcelona tak layak kalah di pertandingan tersebut. Menurutnya, efisiensi bermain jadi pembeda besar antara timnya dengan Madrid.

"Kami mendominasi selama 60 menit, namun inilah sepak bola. Kami memerlukan lima atau enam peluang untuk mencetak gol dan mereka, dengan dua atau tiga (peluang), mencetak dua gol. Itulah perbedaannya," tambah Xavi.

"Kami kurang efektif. Rencana yang kami coba jalankan berjalan baik, kami tenang, sabar. Mungkin saya melebih-lebihkan, tapi perasaan yang saya rasakan dari bangku cadangan adalah kami pantas menang."

Menilik statistik, keunggulan Barcelona tidak jauh berbeda dengan 52 persen penguasaan bola berbanding 48 persen Madrid. Barcelona juga melepaskan 15 tendangan (tiga tepat sasaran), sementara Madrid punya 13 tendangan (empat tepat sasaran), dua di antaranya berbuah gol.

Ditambahkan oleh Xavi, efisiensi bermain itu penting khususnya melawan tim seperti Madrid, yang dapat mengubah sedikit peluang menjadi gol.

"Kami memainkan pertandingan dengan sangat baik dengan tiga pemain di lini belakang dan menciptakan situasi superioritas, tapi memang benar bahwa di beberapa menit terakhir, mereka membuat kami menderita, tapi saya dengan tulus yakin bahwa kami lebih unggul, tapi Madrid, jika Anda membiarkannya maka mereka bisa memanfaatkannya," urai Xavi.

Barcelona FC Barcelona El clasico LaLiga Real Madrid
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.182

Bagikan