Fans di Inggris Tak Bisa Saksikan Aksi Jude Bellingham di El Clasico

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 26 Oktober 2023
Fans di Inggris Tak Bisa Saksikan Aksi Jude Bellingham di El Clasico
Jude Bellingham (Twitter)

BolaSkor.com - El Clasico pertama di musim ini akan dihelat di pekan 11 LaLiga. Pertandingan akan dimainkan di markas sementara FC Barcelona, Estadi Olimpic Lluis Companys, melawan Real Madrid, Sabtu (28/10) pukul 21.15 WIB.

Salah satu aksi pemain yang dinantikan jelang laga tersebut adalah Jude Bellingham. Meski ia sempat terlihat cedera kala melawan Braga di Liga Champions, Carlo Ancelotti mengonfirmasi pemain Inggris tersebut hanya cedera ringan dan bisa bermain di El Clasico.

Penampilan Bellingham (20 tahun) dinanti karena ia jadi pemain yang sedang on fire di awal musim ini. Bellingham sudah mencetak 11 gol dari 12 laga di seluruh kompetisi, serta memberikan tiga assists, wajar jika fans sepak bola di Inggris ingin melihat aksinya di El Clasico.

Akan tapi fans sepak bola di Inggris, sayangnya, tidak bisa melihatnya langsung di layar kaca televisi. Pertandingan dimainkan pada 21.15 WIB atau 15.15 di Inggris, waktu itu menunjukkan sepak bola tak bisa ditayangkan di Inggris dan Skotlandia.

Baca Juga:

Legenda Manchester United dan Inggris Sir Bobby Charlton Wafat

Tekuk Braga, Real Madrid Percaya Diri Hadapi El Clasico

Sir Bobby Charlton dan 10 Pahlawan Inggris di Piala Dunia 1966

Itu karena pemadaman listrik (blackout) pada pukul tiga sore waktu Inggris, dengan aturan menuturkan tidak ada laga-laga sepak bola yang bisa disiarkan langsung di televisi di antara jam 14.45 hingga 15.15 sore pada Sabtu.

Aturan itu sudah diberlakukan pada medio 1960-an dengan tujuan melindungi kehadiran penonton sepak bola di Inggris.

Regulasi tersebut tetap ada karena pada artikel 48 di statuta UEFA, memperbolehkan anggota negara bagian untuk memilih jeda dua setengah jam pada akhir pekan, ketika laga-laga sepak bola ditayangkan langsung.

Inggris, Skotlandia, dan Montenegro merupakan tiga negara bagian UEFA yang menerapkan aturan tersebut, meski beberapa pihak lain meminta itu dihapuskan. Tak ayal, fans di Inggris tak bisa menonton langsung El Clasico di televisi.

"Kami kecewa karena fans Inggris tidak bisa menonton El Clasico akhir pekan ini karena peraturan yang diberlakukan sendiri di Inggris pada hari Sabtu pukul 15.00," kata Keegan Pierce, Kepala Pengembangan Internasional La Liga untuk MD Inggris dan Republik Irlandia.

"Meskipun kami sepenuhnya mendukung langkah-langkah untuk meningkatkan jumlah penonton, kami yakin pemadaman ini harus dibatasi pada siaran televisi sepak bola dalam negeri, bukan kompetisi luar negeri."

El clasico Real Madrid Barcelona FC Barcelona Jude Bellingham
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.398

Bagikan