West Ham United 2-2 Liverpool: Titel Premier League Menjauh dari Genggaman The Reds

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 27 April 2024
West Ham United 2-2 Liverpool: Titel Premier League Menjauh dari Genggaman The Reds
West Ham United 2-2 Liverpool (Foto: X)

BolaSkor.com - Pekan 35 Premier League antara West Ham United melawan Liverpool di London Stadium, Sabtu (27/04) malam WIB, berakhir imbang 2-2. Hasil tersebut semakin membuat titel Premier League menjauh dari genggaman The Reds.

Liverpool tak beranjak posisinya dan tetap di urutan tiga dengan 75 poin dari 35 laga, berada di bawah Arsenal (77 poin dari 34 laga) dan Manchester City (76 poin dari 33 laga).

Baca Juga:

3 Hal Menarik Mengenai Suksesor Jurgen Klopp di Liverpool, Arne Slot

Kesepakatan dengan Liverpool Tercapai, Arne Slot Jadi Pelatih Belanda Termahal dalam Sejarah

Pep Guardiola Jadikan Liverpool sebagai Bahan Bakar Man City Arungi Sisa Musim

Jumlah laga Liverpool lebih banyak dan dengan satu kemenangan dari lima laga terakhir di Premier League (dua kekalahan dan dua kali imbang), sulit bagi Liverpool memenangi titel liga seraya berharap Arsenal dan Man City kehilangan poin.

Jalannya Laga

Liverpool berusaha menjaga asa memenangi titel Premier League terbuka usai kalah 0-2 melawan Everton. Jurgen Klopp merotasi skuad dengan dibangkucadangkannya Mohamed Salah, Dominik Szoboszlai, dan Mohamed Salah.

Bermain dengan formasi andalan 4-3-3, Liverpool mendominasi permainan di London Stadium yang notabene markas West Ham United. Akan tapi, tidak banyak peluang yang mengancam gawang West Ham yang dijaga Alphonse Areola.

West Ham melapis pertahanan dan menyulitkan Liverpool menciptakan peluang berbahaya. Terlebih, Liverpool juga mewaspadai serangan balik West Ham saat merebut bola dari penguasaan pemain Liverpool.

Tim tamu mencatatkan 77 persen penguasaan bola dengan 11 percobaan tendangan (dua tepat sasaran), tetapi West Ham efisien dengan enam tendangan (lima tepat sasaran) karena salah satu peluang mereka berbuah gol.

Pada menit 43, jelang turun minum, dari situasi bola mati West Ham unggul. Berawal dari sepak pojok, bola diberikan kepada Mohamed Kudus yang mengirim umpan silang dan ditanduk Jarrod Bowen, berbuah gol untuk West Ham. Paruh pertama berakhir 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Liverpool berusaha membalikkan situasi di babak kedua dan rencana mereka berjalan dengan baik. Gol penyama kedudukan di menit 48 menjadi kunci.

Babak kedua baru dimulai, Liverpool membangun serangan dari kiri melalui Luis Diaz yang memberikan bola kepada Andy Robertson. Full-back asal Skotlandia, di tengah kepungan pemain West Ham, mencetak gol penyama kedudukan. 1-1.

Selepas gol tersebut, Liverpool terus menekan pertahanan West Ham yang kesulitan keluar dan membangun serangan. Permainan West Ham praktis monoton dengan bola lambung, mengandalkan kualitas individu, serta serangan balik.

Serangan yang terus dilancarkan Liverpool pun kembali membuahkan hasil di menit 65. Berawal dari umpan silang di sisi sayap permainan, Cody Gakpo menendang bola dan bola terdefleksi Angelo Ogbonna, Tomas Soucek, dan berbuah gol bunuh diri Areola. Liverpool kini unggul 2-1.

Liverpool berusaha mengamankan keunggulan itu dan menurunkan tempo bermain. Akan tapi, pertahanan mereka justru lengah kala West Ham membangun serangan di sisi kiri pertahanan Liverpool.

Jarrod Bowen kembali jadi pemain kunci bagi West Ham. Usai mencetak gol, Bowen memberikan assist berupa umpan silang pada menit 78 dan ditanduk oleh Michail Antonio. Bola tak dapat ditepis Alisson, West Ham menyamakan kedudukan jadi 2-2.

Selepas gol tersebut Liverpool seyogyanya lebih aktif menyerang untuk kembali mencetak gol, sementara West Ham mengandalkan serangan balik dan berusaha untuk tidak kebobolan gol lagi.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Sejumlah pergantian pemain telah dilakukan masing-masing pelatih, tidak ada lagi gol yang tercipta di London Stadium sampai lima menit tambahan waktu berakhir, pertandingan berakhir imbang 2-2 antara West Ham melawan Liverpool.

Susunan Pemain

West Ham United (4-2-3-1): Alphonse Areola; Vladimir Coufal, Kurt Zouma, Angelo Ogbonna, Emerson Palmieri; Tomas Soucek (James Ward-Prowse 76'), Edson Alvarez; Mohamed Kudus, Lucas Paqueta, Jarrod Bowen; Michail Antonio.

Pemain Cadangan: Lukasz Fabianski, Ben Johnson, Aaron Cresswell, James Ward-Prowse, Kalvin Phillips, Maxwel Cornet, Danny Ings, Kaelan Casey, Divin Mubama.

Pelatih: David Moyes

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold (Joe Gomez 80'), Virgil van Dijk, Jarell Quansah (Dominik Szoboszlai 90+1'), Andy Robertson; Alexis Mac Allister, Ryan Gravenberch, Wataru Endo (Darwin Nunez 80'); Harvey Elliott, Cody Gakpo, Luis Diaz (Mohamed Salah 79')

Pemain Cadangan: Caoimhin Kelleher, Joe Gomez, Ibrahima Konate, Dominik Szoboszlai, Darwin Nunez, Mohamed Salah, Curtis Jones, Kostas Tsimikas, Stefan Bajcetic

Pelatih: Jurgen Klopp

Premier League Liverpool West ham West ham united
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.276

Bagikan