3 Hal Menarik Mengenai Suksesor Jurgen Klopp di Liverpool, Arne Slot

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 27 April 2024
3 Hal Menarik Mengenai Suksesor Jurgen Klopp di Liverpool, Arne Slot
Arne Slot (Twitter)

BolaSkor.com - Misteri soal pengganti Jurgen Klopp di Liverpool telah terungkap. Bukan Roberto De Zerbi, Xabi Alonso, atau Ruben Amorim, sosok itu adalah peramu taktik asal Belanda, Arne Slot, yang kini membesut Feyenoord.

"Breaking: Arne Slot akan jadi pelatih kepala baru Liverpool pengganti Jurgen Klopp di akhir musim!" papar pakar transfer asal Italia, Fabrizio Romano.

"Kesepakatan dikunci pada biaya kompensasi antara Feyenoord dan Liverpool, semua sudah diagendakan juga pada detail kontrak untuk Slot."

"Arne Slot akan jadi pelatih termahal sepanjang masa Belanda karena Liverpool membayar kompensasi sebesar 13-15 juta euro."

Baca Juga:

Kesepakatan dengan Liverpool Tercapai, Arne Slot Jadi Pelatih Belanda Termahal dalam Sejarah

Prediksi dan Statistik West Ham Vs Liverpool: Asa Itu Masih Ada

Mengenal Arne Slot, Calon Pengganti Jurgen Klopp di Liverpool

Bek asal Belanda, Virgil van Dijk, sudah terlebih dahulu mengomentari kedatangan Slot dan menilainya cocok untuk Liverpool.

"Saya pikir Slot adalah salah satu pelatih Belanda terbaik saat ini. Dengan cara bermainnya dan filosofi yang dimilikinya, ia bisa menjadi pelatih Liverpool," tutur Van Dijk.

"Namun saya membaca dan mendengar bahwa ini masih jauh dari sempurna. Kita akan melihatnya nanti. Kami akan fokus pada hal itu musim depan, tapi itu masih jauh."

BolaSkor.com telah menggali dari berbagai sumber dan akan menuturkan hal-hal menarik mengenai Arne Slot. Berikut ulasannya

1. Karier sebagai Pemain dan Pelatih

Sepanjang kariernya sebagai pemain, Arne Slot berposisi sebagai gelandang dan bermain di Belanda dengan FC Zwolle, NAC Breda, Sparta Rotterdam, dan PEC Zwolle. Slot memenangi Eerste Divisie dua kali padaq 2002 dan 2012.

Slot pensiun pada 2013 dan banting setir ke dunia kepelatihan di PEC Zwolle. Ia menyempurnakan gaya kepelatihannya pada level usia muda, sebelum pindah ke Cambuur dan menjadi asisten pelatih.

Pada 2017, Slot pindah ke AZ Alkmaar dan kembali jadi asisten pelatih. Dua tahun setelahnya, Slot menjadi pelatih kepala dan membawa klub bangkit setelah melalui periode sulit di masa pandemi virus corona.

Kala sepak bola kembali dimainkan normal, Slot membawa Alkmaar finish di urutan dua Eredivisie dan selevel (poin) dengan Ajax Amsterdam. Kesuksesannya itu membuka pintunya gabung Feyenoord pada 2021.

Pada musim kedua melatih di sana, Feyenoord dibawa juara liga oleh Slot dan pencapaiannya fantastis, sebab skuad tim berisikan pemain-pemain muda.

2. Taktik

Slot memiliki reputasi pengusung sepak bola ofensif yang membuat timnya bermain agresif, terutamanya saat tak menguasai bola, dan juga dengan melakukan pressing. Tidak heran Liverpool melihat ada kecocokan Slot dengan Klopp.

Slot juga menggunakan sisi sayap sebagai kunci serangan, seperti Liverpool saat ini dengan Luis Diaz dan Mohamed Salah. Pressing yang dilakukan Feyenoord terbukti sebagai tim paling berhasil melakukannya di tujuh liga top Eropa.

Sebagai perbandingan, Feyenoord melakukan 722 kali memotong bola (interception), sedangkan Liverpool sebanyak 706 kali. Feyenoord juga sering meraih poin pada suatu laga saat mereka tertinggal dari tim lawan.

Pengguna taktik 4-2-3-1 itu juga disinyalir memelajari metode latihan Pep Guardiola, fokus pada kontrol penguasaan bola.

3. Fans Pep Guardiola

"Para pemain selalu terlihat sangat bagus di bawahnya (Guardiola). Dan pemain yang sama terlihat buruk dengan pelatih sebelumnya dan juga setelahnya."

Itu kutipan dari Slot soal Guardiola saat berbincang kepada Algemeene Dagblad (AD) tahun lalu. Guardiola melatih tim rival Liverpool, Manchester City, dan Slot memelajari metode kepelatihannya.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Menghadapi langsung Guardiola dalam suatu pertandingan akan menguji Slot. Adu taktik takkan terelakkan dan Slot, dengan pengetahuannya tersebut, akan mengombinasikan dengan filosofi sepak bola yang diusungnya.

Trivia Sepak Bola Arne Slot Liverpool
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.273

Bagikan