Profil Pelatih

Mengenal Arne Slot, Calon Pengganti Jurgen Klopp di Liverpool

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Rabu, 24 April 2024
Mengenal Arne Slot, Calon Pengganti Jurgen Klopp di Liverpool
Arne Slot (X)

BolaSkor.com - Arne Slot jadi nama baru sebagai kandidat pelatih Liverpool. Lantas, bagaimana kiprah dan prestasinya sebagai pelatih? Berikut ulasannya.

Pencarian pelatih baru Liverpool terus berlanjut. The Reds berpacu dengan waktu karena Jurgen Klopp dipastikan akan angkat kaki pada akhir musim ini. Liverpool ingin mendapatkan pelatih secepatnya agar bisa mengatur rencana pada jendela transfer.

Namun, Liverpool gagal mendapatkan target utama, Xabi Alonso. Pelatih asal Spanyol itu memilih bertahan bersama Bayer Leverkusen, setidaknya satu musim lagi.

Liverpool beralih ke Ruben Amorim. Pelatih asal Portugal itu saat ini sedang menukangi Sporting CP.

Meskipun beberapa kabar mengatakan Liverpool sudah mencapai kesepakatan dengan Amorim, tetapi yang terjadi di belakang layar tidak sesuai. Sejauh ini, Liverpool belum mengirimkan tawaran apa pun.

Baca Juga:

Video Anak Gawang: Neverkusen Pecah Telur, Arsenal & Liverpool Kesandung

Liverpool Belum Capai Kesepakatan dengan Ruben Amorim

Diogo Jota Cetak Gol, Liverpool Kembali ke Laju Kemenangan di Premier League

Kini, nama baru muncul dalam daftar. Fabrizio Romano mewartakan, Liverpool melirik peramu strategi Feyenoord, Arne Slot. Bahkan, menurut informasi Fabrizio, Slot mendapatkan nilai tinggi dari manajemen The Reds.

Jika menilik profilnya, Arne Slot adalah mantan pemain sepak bola asal Belanda. Ketika masih aktif bermain, Slot merupakan gelandang yang punya kecenderungan membantu serangan.

Namun, Slot tidak punya karier yang mentereng dan hanya berkiprah di Belanda. Ia pernah memperkuat sejumlah klub, seperti FC Zwolle, NAC Breda, dan Sparta R. Dari ketiga tim itu, FC Zwolle adalah yang paling banyak diperkuat.

Arne Slot memiliki catatan 27 gol dan 23 assist dalam 208 penampilannya di Eredivisie. Untuk prestasi, ia pernah membawa Zwolle juara divisi kedua liga Belanda pada tahun 2002 dan 2012.

Karier sebagai pemain yang medioker tidak sejalan dengan kiprahnya sebagai pelatih. Sebab, ia disebut-sebut sebagai satu di antara juru taktik muda paling bertalenta di Belanda.

Usai gantung sepatu pada 2013, Slot mengawali karier dengan memimpin tim akademi Zwolle. Kemudian, ia menuju SC Cambuur dan menjalani dua pekerjaan yakni asiten manajer dan pelatih interim.

Pelatih 45 tahun itu menerima tawaran AZ Alkmaar pada musim panas 2017. Awalnya, dia ditempatkan sebagai asisten manajer. Kemudian, Slot mendapatkan promosi sebagai pelatih kepala pada 2019.

Torehan Slot cukup baik. dari 58 laga, Alkmaar di bawah komando Slot meraih rata-rata 1,93 poin per pertandingan.

Tantangan berikutnya diambil Slot. Ia angkat kaki menuju Feyenoord pada awal Juli 2021.

Slot butuh waktu untuk membawa Feyenoord berprestasi. Pada akhirnya, ia meraih trofi Eredivisie pada musim 2022-2023 dan Piala Liga Belanda pada 2023-2024.

Biasanya, pelatih yang punya lisensi UEFA Pro itu bermain dengan taktik 4-3-3. Ia disebut-sebut punya kemiripan dengan Marcelo Bielsa dalam meracik tim.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Selain itu, Slot dikenal punya kedekatan personal yang baik dengan pemainnya. Ia juga bisa membakar semangat juang para penggawa dengan untaian kata di ruang ganti.

Di bawah asuhan Slot, Feyenoord bermain dengan mengandalkan umpan-umpan pendek progresif. Pemain andalannya Santiago Gimenez yang telah mengemas 21 gol di Eredivisie musim ini.

Kabarnya, Liverpool sudah satu kali melakukan kontak langsung dengan Arne Slot. The Reds akan menggelar pertemuan lanjutan untuk membahas lebih detail soal proyek yang ditawarkan Slot untuk Liverpool. Kabarnya, ia sangat tertarik menukangi Mohamed Salah dan kawan-kawan.

Jadi, dengan rekam jejak seperti di atas, apakah Arne Slot pantas melatih Liverpool?

Liverpool Breaking News Premier League Arne Slot Feyenoord
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.588

Bagikan