Treble Manchester United Lebih Sulit Diraih ketimbang Man City

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 16 Juni 2023
Treble Manchester United Lebih Sulit Diraih ketimbang Man City
Treble winner Manchester United pada 1999 (Twitter)

BolaSkor.com - Perbandingan treble winners Manchester United pada 1999 dan Manchester City pada 2023 jadi satu hal yang ramai dibahas belakangan ini, meski faktanya Pep Guardiola (pelatih Man City) pernah meraihnya pada 2009 dengan Barcelona.

Perbandingan dua klub Manchester itu lebih sengit dibahas karena keduanya rival sekota, bahkan raihan trofinya pun sama: titel Premier League, Piala FA, dan Liga Champions.

Pada 1999, Man United arahan Sir Alex Ferguson mengalahkan Arsenal dengan jarak satu poin di Premier League. Sekedar informasi, Arsenal saat itu merupakan juara bertahan liga dan lawan yang tangguh di bawah arahan Arsene Wenger.

Sementara di final Piala FA, Man United menang 2-0 atas Newcastle United di final setelah mengalahkan Arsenal dengan dramatis pada semifinal. Dan di final Liga Champions, Man United menang dramatis 2-1 atas Bayern Munchen setelah sempat tertinggal 0-1.

Baca Juga:

Sheikh Jassim Siap Jadikan Kylian Mbappe sebagai Rekrutan Pertama Manchester United

Jadwal Premier League Musim 2023-2: Burnley Jamu Juara di Pekan Pertama, Pep Guardiola Vs Vincent Kompany

Jadon Sancho Gagal Bersinar di Manchester United, Sang Mantan Siap Menampung

Man City, pada 2023, mengalahkan Arsenal dalam perebutan titel Premier League dengan jarak lima poin. Mengalahkan rival sekota, Man United di Piala FA dengan skor 2-1 dan menang tipis 1-0 atas Inter Milan di final Liga Champions.

Tak kuasa menahan untuk tidak terlibat dalam perdebatan kedua treble klub Manchester tersebut, legenda Arsenal, Martin Keown, turut membicarakannya.

"Tidak ada yang mengklaim kesuksesan treble sebelumnya yaitu tahun 1999, United," ucap Keown seperti dilansir dari TalkSPORT.

"Saya cukup yakin bahwa persaingan domestik mengeluarkan yang terbaik dari diri Anda dan membuat Anda naik ke level lain. Sekarang, City berada di belakang Arsenal, Arsenal tampil luar biasa di liga dan itu membuat Arsenal kalah."

"Tapi di satu sisi, mungkin itu membuat City mengubah persneling, membuat Pep menjadi lebih baik, membuatnya melihat memainkan (John) Stones di peran lini tengah yang tidak dia mainkan, kan, sebelum Piala Dunia (2022)?"

"Setelah Piala Dunia semuanya berubah, jadi mereka meluncur ke arah lain dan Anda harus memiliki persaingan domestik itu, saya pikir Liverpool sedikit tertinggal belakangan ini."

Ketika membahas treble mana yang lebih baik, Keown pun dengan yakin menyebut treble Man United lebih baik karena kesulitan yang mereka lalui kala itu, apalagi mereka bukan tim favorit treble seperti Man City tahun ini.

"Saya pikir sebenarnya mungkin apa yang United lakukan untuk membandingkan, dengan Arsenal memenangkan dua gelar setahun sebelumnya, mungkin itu lebih merupakan pencapaian bagi United karena di dalam negeri lebih sulit saat itu," tambah Keown.

"Hanya dua atau tiga tahun kemudian kami (Arsenal) memenangkan dua gelar lagi, jadi mereka berada di dalam dan di sekitar tim yang benar-benar mendorong mereka ke depan pintu mereka sendiri, United."

"Sedangkan City, begitu Arsenal jatuh, cukup mudah bagi mereka untuk melakukan apa yang mereka lakukan. Tapi, saya merasa ini baru permulaan, ini adalah awal dari apa yang mereka miliki."

"Ketika saya melihat kualitas skuad mereka dan Anda tahu dia (Guardiola) akan membeli (pemain) lagi, dan dia tahu dia melihat dari balik bahunya, dia punya ledakan itu untuk kembali memperkuat tim," urai Keown.

Treble winners Manchester United Manchester City Premier League Piala FA Liga Champions
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.240

Bagikan