Tottenham 2-0 Man United: Terjungkal untuk Kali Pertama di Markas The Lilywhites

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 20 Agustus 2023
Tottenham 2-0 Man United: Terjungkal untuk Kali Pertama di Markas The Lilywhites
Tottenham Hotspur 2-0 Manchester United (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United menderita kekalahan pertama sekaligus perdana di Tottenham Hotspur Stadium, markas Tottenham Hotspur. Red Devils kalah 0-2 pada pekan dua Premier League, Sabtu (19/08) malam WIB.

Itu jadi kemenangan pertama sepanjang masa Tottenham di laga kandang, Tottenham Hotspur Stadium, setelah lima percobaan: sebelumnya imbang dua kali dan kalah dua kali.

Jalannya Pertandingan

Tottenham Hotspur besutan Ange Postecoglou turun dengan taktik 4-2-3-1, sementara Erik ten Hag tidak mengubah susunan pemain dari tim yang menang 1-0 atas Wolverhampton Wanderers. Man United bermain dengan formasi 4-1-4-1.

Seperti halnya dari laga di Old Trafford, koordinasi lini tengah Man United belum berjalan baik di antara Casemiro, Mason Mount, dan Bruno Fernandes. Kendati terlihat unggul penguasaan bola, faktanya Tottenham bermain lebih baik dalam mengontrol permainan.

Baca Juga:

Jumpa Tottenham, Erik Ten Hag Minta Manchester United Lebih Garang di Laga Tandang

Prediksi Premier League 2023-2024: Tantangan Manchester City, Perebutan Empat Besar Memanas

Rasmus Hojlund dan Kiprah 6 Pemain Manchester United Asal Denmark

Babak pertama di Tottenham Hotspur Stadium diwarnai dengan banyaknya peluang terbuang dari kedua tim. Dari catatan di SofaScore, Tottenham punya tujuh percobaan tendangan (tiga tepat sasaran) dan Man United 14 tendangan (tiga tepat sasaran).

Kendati kiper kedua tim, Andre Onana dan Guglielmo Vicario, melakukan penyelamatan, tetapi gawang Man United yang justru mendapatkan banyak ancaman. Terutamanya dari sepakan keras Pedro Porro yang mengenai mistar gawang, serta bola defleksi yang juga mengenai mistar gawang Man United.

Paruh pertama plus tambahan waktu tiga menit berakhir imbang tanpa gol di Tottenham Hotspur Stadium. Tuan rumah punya 57 persen penguasaan bola, berbanding 43 persen Man United.

Situasi tak membaik bagi Man United di babak kedua. Tottenham mencuri keunggulan di menit 49 melalui gol yang dicetak Pape Matar Sarr, setelah ia menyambar bola liar hasil umpan silang Dejan Kulusevski yang coba dihadang pemain bertahan Man United. 1-0 tuan rumah unggul.

Ten Hag meresponsnya dengan tiga pergantian pemain sekaligus pada menit 66 dengan masuknya Diogo Dalot, Jadon Sancho, dan Christian Eriksen. Pun demikian Tottenham dengan Ben Davies, Ivan Perisic, dan Pierre-Emile Hojbjerg.

Bukannya mencetak gol, Man United justru tertinggal 0-2 kala gol bunuh diri tercipta di menit 83. Berawal dari umpan silang mendatar yang diberikan Ivan Perisic, mengarah kepada Ben Davies yang coba menendangnya, bola didefleksikan Lisandro Martinez ke gawangnya sendiri. 2-0 Tottenham menjauh.

Selepas dua gol tersebut, Tottenham praktis hanya bertahan untuk mengamankan keunggulan. Man United juga tidak bermain intens untuk mencetak gol dan itu memudahkan Tottenham mengontrol permainan.

Sembilan menit tambahan waktu berakhir di babak kedua dan tidak ada lagi gol yang tercipta di markas Tottenham Hotspur. Tottenham menang 2-0 atas Man United.

Susunan Pemain

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Guglielmo Vicario; Destiny Udogie (Ben Davies 70'), Cristian Romero, Micky van de Ven, Pedro Porro (Emerson Royal 88'); Yves Bissouma, Pape Matar Sarr (Pierre-Emile Hojbjerg 76'); Son Heung-min, James Maddison, Dejan Kulusevski (Manor Solomon 88'); Richarlison (Ivan Perisic 70')

Pemain Cadangan: Fraser Forster, Ben Davies, Davinson Sanchez, Oliver Skipp, Emerson Royal, Ivan Perisic, Pierre-Emile Hojbjerg, Giovani Lo Celso, Manor Solomon.

Pelatih: Ange Postecoglou

Manchester United (4-1-4-1): Andre Onana; Luke Shaw, Lisandro Martinez, Raphael Varane, Aaron Wan-Bissaka (Diogo Dalot 66'); Casemiro; Alejandro Garnacho (Jadon Sancho 66'), Mason Mount (Facundo Pellistri 85'), Bruno Fernandes, Antony (Christian Eriksen 66'); Marcus Rashford (Anthony Martial 85')

Pemain Cadangan: Radek Vitek, Dean Henderson, Victor Lindelof, Diogo Dalot, Jadon Sancho, Scott McTominay, Christian Eriksen, Facundo Pellistri, Anthony Martial.

Pelatih: Erik ten Hag

Premier League Tottenham Tottenham Hotspur Manchester United
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.273

Bagikan