Timnas Jerman Ganti Sponsor Jersey, DFB Dihujani Kritik

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 23 Maret 2024
Timnas Jerman Ganti Sponsor Jersey, DFB Dihujani Kritik

BolaSkor.com - Keputusan Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) untuk meninggalkan Adidas dan beralih ke Nike memicu kritik dari pemerintah yang menyebut langkah itu kurang patriotis.

"Saya sulit membayangkan jersey Jerman tanpa tiga garis,” kata Menteri Ekonomi Robert Habeck dikutip AFP.

"Bagi saya, Adidas dan hitam-merah-emas selalu menyatu,” kata Habeck.

Habeck mengharapkan lebih banyak patriotisme dari DFB untuk mengutamakan produk dalam negeri yang saat ini sedang berjuang memajukan perekonomian di masa sulit.

Baca Juga:

Nasib Masa Depan Gareth Southgate di Timnas Inggris Ditentukan setelah Piala Eropa 2024

Fussballliebe, Bola Resmi Piala Eropa 2024

Hasil Undian Piala Eropa 2024: Spanyol, Italia, dan Kroasia Satu Grup

DFB mengumumkan akan mengakhiri kemitraan dengan Adidas, kemudian memilih Nike sebagai pemasok seragam dan perlengkapan olahraga timnas mulai 2027. Padahal, kolaborasi antara Adidas dan tim nasional sudah terjalin sejak 1950-an yang ditandai kesuksesan Piala Dunia pertama Jerman pada 1954.

Pergantian dari Adidas ke Nike itu terjadi beberapa bulan sebelum Jerman menjadi tuan rumah Euro 2024 yang dimulai Juni.

Asosiasi Sepak Bola Jerman mengatakan mereka memahami bahwa keputusan untuk meninggalkan Adidas bersifat emosional.

“Bagi kami sebagai asosiasi, ini juga merupakan titik balik ketika jelas bahwa kemitraan yang ditandai dengan momen spesial akan segera berakhir setelah lebih dari 70 tahun,” kata DFB di akun X.

Kesepakatan dengan Nike yang akan berlaku hingga tahun 2034. Menurut DFB, sejauh ini merupakan tawaran finansial terbaik.

Menurut laman DW, kontrak dengan perusahaan Amerika itu bernilai sekitar 100 juta euro per tahun, atau dua kali lipat dari nilai kesepakatan dengan Adidas.

DFB Breaking News Timnas Jerman
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.281

Bagikan