Nasib Masa Depan Gareth Southgate di Timnas Inggris Ditentukan setelah Piala Eropa 2024

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 09 Februari 2024
Nasib Masa Depan Gareth Southgate di Timnas Inggris Ditentukan setelah Piala Eropa 2024
Gareth Southgate (Twitter)

BolaSkor.com - Tak terasa sudah delapan tahun timnas Inggris dilatih oleh mantan pemain Crystal Palace, Aston Villa, dan Middlesbrough, Gareth Southgate. Kontraknya tersisa dengan Inggris hingga Desember 2024.

Dalam periodenya bersama Inggris, Southgate mengembangkan Inggris dengan banyaknya pemain berpengalaman pada usia muda, plus kombinasi senior-junior. The Three Lions juga kandidat juara Piala Eropa 2024 Jerman.

Kendati belum mempersembahkan trofi, Southgate mendapatkan apresiasi tinggi di Inggris karena membawa Inggris ke final Piala Eropa 2020, semifinal Piala Dunia 2018, dan menempati peringkat tiga UEFA Nations League 2018-2019.

Piala Eropa 2024 disinyalir jadi kesempatan terakhir Southgate melatih Inggris. Jika tak memenangi trofi, Federasi Sepak Bola Inggris (FA) disinyalir tidak akan memperpanjang kontraknya dan mencari pelatih baru.

Baca Juga:

Hasil Undian Piala Eropa 2024: Spanyol, Italia, dan Kroasia Satu Grup

Absen Sejak Juni 2023, Jorginho Kembali Dipanggil Timnas Italia

Timnas Inggris, Kandidat Kuat Juara Piala Eropa 2024

Southgate juga akan mengevaluasi kansnya melatih Inggris setelah Piala Eropa 2024. Ia juga meyakini akan banyak pelatih timnas saat ini yang akan pergi setelah turnamen berakhir nanti.

"Ada kemungkinan besar separuh pelatih tidak akan berada di sini setelah Piala Eropa. Itulah sepak bola internasional," ucap Southgate seperti dilansir dari ESPN.

"Anda harus melihat bagaimana musim panas berjalan - sesederhana itu. Saya tahu apa yang mampu kami capai di musim panas, saya tahu apa tolak ukur kesuksesan saya, setelah itu saya tidak terlalu memikirkan hal lain."

"Kami harus menampilkan performa terbaik dan Anda harus membuat keputusan terbaik untuk semua orang. Saya tidak akan berada dalam posisi untuk membuat keputusan itu sebelum turnamen."

Southgate, 53 tahun, dinilai sebagai salah satu pelatih tersukses Inggris setelah Sir Alf Ramsey yang mempersembahkan titel Piala Dunia 1966. Adapun Inggris di Piala Eropa 2024 berada di grup C bersama Slovenia, Denmark, dan Serbia.

Piala Eropa 2024 Timnas Inggris Gareth southgate
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.881

Bagikan