Terungkap, Alasan Sebenarnya di Balik Keputusan Mundur Roberto Mancini dari Timnas Italia

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 15 Agustus 2023
Terungkap, Alasan Sebenarnya di Balik Keputusan Mundur Roberto Mancini dari Timnas Italia
Roberto Mancini (Twitter)

BolaSkor.com - Fakta mengejutkan datang dari alasan sebenarnya di balik mundurnya Roberto Mancini sebagai pelatih timnas Italia. Selisih paham antara Mancini dengan Presiden FIGC, Federasi Sepak Bola Italia, menjadi penyebabnya.

Seperti diketahui, Mancini (58 tahun) mengundurkan diri 10 bulan jelang Piala Eropa 2024 yang akan dimainkan di Jerman. Padahal, Mancini sosok penting Gli Azzurri yang membawa timnas juara Piala Eropa 2020 - Italia juara bertahan saat ini.

Eks pelatih Manchester City dan Inter Milan seyogyanya punya kontrak hingga 2026. Tak ayal keputusan mundurnya menjadi misteri, meski Mancini sebelumnya menuturkan alasan ia mundur karena alasan personal.

Kepada La Repubblica, Mancini mengungkap fakta sesungguhnya yang melatarbelakangi keputusannya untuk mundur, yakni karena selisih paham dengan Presiden FIGC, Gabriele Gravina.

Baca Juga:

Mundur sebagai Pelatih Italia 10 Bulan Jelang Piala Eropa 2024, Roberto Mancini Angkat Bicara

30 Detik yang Menggambarkan Kemarahan Inter kepada Lukaku

Pensiun Jadi Pemain, Gianluigi Buffon Ambil Bagian di Timnas Italia

"Saya menjelaskan kepadanya bahwa dalam bulan-bulan ini saya perlu diberi dukungan dan ketenangan, tetapi dia tidak melakukan itu sehingga saya mengundurkan diri. Haruskah saya melakukannya lebih awal? Mungkin. Tapi saya meninggalkan Nazionale dengan 25 hari tersisa sebelum pertandingan berikutnya, bukan tiga hari," terang Mancini.

Intervensi dari Gravina pada staf kepelatihan Mancini juga menjadi salah satu faktor. Ia tak habis pikir Gravina coba mengubah staf yang sudah membantu Italia juara Piala Eropa 2020.

"Gravina telah mencoba selama setahun untuk merevolusi staf saya. Saya mencoba memberi tahu dia bahwa paling banyak dia dapat menambahkan beberapa wajah baru, tetapi dia tidak dapat mengambil dua anggota dari grup yang berhasil dan telah menang. Jika ada, seharusnya saya yang memutuskan untuk mengganti anggota staf saya," tegas Mancini.

"Gravina untuk sementara memikirkan hal-hal yang sangat berbeda dari saya. Saya dibantai murni karena keputusan saya. Saya ingin mengirim sinyal kepada Presiden, dia bisa saja membantu saya jika dia mau."

"Saya hanya meminta itu agar saya memiliki kedamaian dan ketenangan selama beberapa bulan ke depan. Jelas, saya akan pergi jika keadaan tidak berjalan baik dan kami gagal lolos (Piala Eropa 2024)," urai Mancini.

Roberto Mancini Timnas Italia Piala Eropa 2024 Kualifikasi Piala Eropa 2024
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.846

Bagikan