Terlalu Baik, Alasan Wataru Endo Baru Bermain 91 Menit Musim Ini di Liverpool

Arief HadiArief Hadi - Senin, 25 September 2023
Terlalu Baik, Alasan Wataru Endo Baru Bermain 91 Menit Musim Ini di Liverpool
Wataru Endo (Twitter)

BolaSkor.com - Liverpool belum tersentuh kekalahan dan menjaga momentum di seluruh kompetisi musim ini. Teranyar, Liverpool menang telak 3-1 atas West Ham United di Anfield, Minggu (24/09) malam WIB, pada pekan enam Premier League.

Tiga gol The Reds dicetak oleh Mohamed Salah (16' penalti), Darwin Nunez (60'), Diogo Jota (85') yang diperkecil gol Jarrod Bowen (42').

Bermain di Anfield tidak mudah bagi lawan Liverpool, tak terkecuali West Ham dengan 36 persen penguasaan bola (berbanding 64 persen). West Ham tidak bisa terus-terusan membendung serangan Liverpool yang punya 22 tendangan (7 tepat sasaran).

Liverpool punya momentum tapi ada satu perhatian menarik terkait gelandang asal Jepang, Wataru Endo. Sejak dibeli sebesar 19 juta poundsterling dari Stuttgart pada musim panas 2023, Endo baru bermain total sampai saat ini 91 menit.

Baca Juga:

Pemain Manchester United Manusia, Bukan Robot

Hasil dan Klasemen Premier League: Tottenham Imbangi Arsenal, Chelsea Terbenam, Liverpool Melesat

Erik Ten Hag Bantah Manchester United Berada dalam Krisis

Soal itu Jurgen Klopp punya penjelasannya. Menurut Klopp, Endo 'terlalu baik' hingga ia jarang bermain. Tetapi, Klopp juga menegaskan Endo akan segera mendapatkan menit bermainnya karena banyaknya laga yang akan dimainkan Liverpool.

"Dia (Endo) harus terbiasa dengan hal-hal di sini. Wataru adalah pria super, sangat tenang dan sangat sopan, dan itu mungkin merugikannya dalam dua minggu pertama. Itu sekarang sudah sampai di sana," terang Klopp soal Endo, dikutip dari Goal.

"Dia belum berusia 30 tahun atau berapa pun dan ingin memasukkan beberapa orang ke dalam tim, tapi dia terus berkembang setiap hari."

"Dia akan banyak membantu kami, dia akan bermain, dia akan menjadi starter di pertandingan dan semua hal semacam ini. Semuanya bagus, dia sudah memainkan tiga atau empat pertandingan untuk kami dalam waktu yang sangat singkat."

"Itu yang terpenting, itu bukan proyek jangka pendek. Wataru adalah bagian yang sangat penting dalam skuad dan saya sangat senang memilikinya," tegas Klopp.

Endo datang untuk menambah kekuatan di lini tengah Liverpool, bersama dengan rekrutan anyar lainnya yakni Dominik Szoboszlai, Alexis Mac Allister, dan Ryan Gravenberch.

Wataru Endo Liverpool Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.272

Bagikan