Terakhir Kali Arsenal Menang di Anfield

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 08 April 2023
Terakhir Kali Arsenal Menang di Anfield
Arsenal menang di Anfield pada 2012 (Twitter)

BolaSkor.com - Juara tidaknya Arsenal dalam perebutan titel Premier League musim ini ada di tangan mereka, bukan ditentukan oleh juara bertahan dua kali beruntun, Manchester City, atau tim lainnya di Premier League.

Saat ini The Gunners berada di urutan satu Premier League dengan raihan 72 poin dari 29 pertandingan, terpaut delapan poin dengan Man City di urutan dua dari 28 pertandingan. Tak ayal Arsenal menentukan nasib mereka sendiri.

Terakhir kali Arsenal juara Premier League terjadi jauh pada 2004 ketika tim masih dilatih Arsene Wenger. Ujian berat pun masih harus dihadapi Arsenal besutan Mikel Arteta di sisa laga pada musim 2022-2023.

Baca juga:

Lawan Arsenal, Liverpool Siap Manfaatkan Atmosfer Anfield

Jelang Laga Lawan Liverpool di Anfield, Arsenal Dapat Peringatan dari Jurgen Klopp

Inter Milan Bisa Kembali Menangi Scudetto Bersama Antonio Conte

Terdekat, Arsenal akan menghadapi Liverpool di Anfield pada pekan 30 Premier League, Minggu (09/04) pukul 22.30 WIB. Liverpool inkonsisten musim ini tetapi mereka masih tetap tim besar Inggris, serta pesaing kuat Man City beberapa musim terakhir dalam perburuan titel liga, terlebih mereka nanti akan bermain di Anfield.

Menurut catatan di Opta, Liverpool selalu menang di enam laga kandang terakhir Premier League melawan Arsenal dan total mencetak 22 gol. Arsenal juga memiliki catatan 20 persen clean sheets dari laga Premier League mereka melawan Liverpool.

Catatan itu pun memunculkan pertanyaan. Kapan terakhir kali Arsenal menang di Anfield pada laga Premier League?

Kemenangan Terakhir di Anfield

Dalam konteksnya jika berbicara soal kemenangan terakhir di Anfield, maka Arsenal pernah melakukannya di putaran empat Piala Liga pada 2020 di Anfield. Namun saat itu Arsenal menang adu penalti setelah laga berakhir imbang 0-0.

Alhasil kemenangan terakhir mereka di Premier League terjadi satu dekade atau lebih di masa lalu, tepatnya di musim 2012-2013. Pada 2 September 2012 Arsenal menang 2-0 di Anfield, di bawah arahan Arsene Wenger, melalui gol Santi Cazorla dan Lukas Podolski.

Pertandingan itu juga diingat dengan penampilan bagus gelandang Arsenal, Abou Diaby dalam mengontrol lini tengah permainan melawan Liverpool yang masih memiliki Steven Gerrard. Raheem Sterling (17 tahun) juga memperlihatkan potensinya.

Kala itu juga Arsenal punya catatan dominan hanya sekali kalah melawan Liverpool dari 11 pertemuan, pasca kemenangan tersebut. Catatan itu bahkan bertambah jadi 13 laga sebelum Liverpool menang telak 5-1 di Anfield para era Brendan Rodgers.

Menariknya, pelatih Arsenal saat ini, Mikel Arteta, juga ada dalam skuad Arsenal saat menang 2-0 atas Liverpool pada 2012. Berikut susunan pemain kedua tim kala itu:

Liverpool: Reina; Johnson, Skrtel, Agger, Enrique; Gerrard, Allen, Sahin (Shelvey 67′); Borini (Downing 54′), Suarez, Sterling.

Arsenal: Mannone; Jenkinson, Mertesacker, Vermaelen (Koscielny 90′), Gibbs; Arteta, Diaby; Oxlade-Chamberlain (Ramsey 72′), Cazorla, Podolski (Andre Santos 82′); Giroud.

Selepas kemenangan terakhir di Anfield, catatan Premier League Arsenal melawan Liverpool adalah: 9 laga, 0 kemenangan, 2 hasil imbang, dan kalah 7 kali.

Arsenal Liverpool Anfield Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.280

Bagikan