Statistik yang Membuktikan Declan Rice Layak Dibanderol 100 Juta Poundsterling

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 02 Juli 2023
Statistik yang Membuktikan Declan Rice Layak Dibanderol 100 Juta Poundsterling
Declan Rice (Twitter)

BolaSkor.com - Arsenal semakin dekat untuk mendapatkan rekrutan kedua di bursa transfer musim panas 2023. Usai memboyong Kai Havertz dari Chelsea sebesar 70 juta euro, The Gunners siap merogoh kocek dalam untuk Declan Rice.

Gelandang asal Inggris dibanderol tinggi oleh West Ham United mencapai 100 juta poundsterling. Arsenal sempat bersaing dengan Manchester City dalam perebutan servis Rice, tetapi Man City mundur dari persaingan dan tidak ikut perang harga.

Arsenal pun meresponsnya dengan tawaran sebesar total 105 juta poundsterling kepada West Ham. Dikabarkan Fabrizio Romano, pakar transfer sepak bola Eropa, West Ham menerimanya dan tinggal masalah waktu sebelum transfer terealisasi.

Baca Juga:

Update Bursa Transfer: Kai Havertz ke Arsenal, Bayern Dapat Kim Min-jae

3 Klub Premier League yang Berpeluang Mendapatkan Servis Moises Caicedo

7 Hal yang Tidak Banyak Diketahui Mengenai Kai Havertz

Harga itu menjadikan Declan Rice sebagai pemain termahal sepanjang masa asal Inggris. Apakah Rice layak dibanderol 100 juta poundsterling lebih? Statistik dari WhoScored membuktikan kelayakan tersebut.

1. Dominasi di Depan Pertahanan

Posisi Rice adalah gelandang bertahan dan itu artinya, Rice melapis lini belakang sekaligus membantu transisi bermain tim. Dalam beberapa musim terakhir, Rice membuktikan bahwa dia 'ganas' di depan garis pertahanan.

Sejak awal musim 2020-2021 hanya Rodri yang memenangi penguasaan bola lebih banyak (519 kali) di depan pertahanan, di Premier League ketimbang Rice (444 kali). Selain itu hanya Jan Bednarek (207 kali) yang mencatatkan lebih banyak interception (memotong bola) ketimbang Rice (185 kali).

Musim lalu, Rice memuncaki daftar pemain paling banyak melakukan interception (63 kali) dan di urutan dua memenangi penguasaan bola (173 kali) di depan pertahanan.

2. Melindungi Lini Belakang

Salah satu kelebihan Rice adalah mematahkan serangan lawan sebelum mereka benar-benar mengancam pertahanan. Indikasi terbesar darinya adalah kemampuan memenangi perebutan bola lebih banyak di sepertiga akhir pertahanan (140 kali), ketimbang gelandang lainnya (urutan lima) di Premier League musim lalu.

Dari Arsenal hanya William Saliba (112 kali) yang melakukannya. Adanya Rice akan menambah jumlah perebut bola handal Arsenal.

3. Transisi Ofensif

Tak hanya punya kemampuan bertahan, Rice juga mampu melakukan transisi dari bertahan ke ofensif dengan baik. Rice merebut bola 334 kali dan operan ke depannya (operan ofensif) mencapai 607 kali.

Rice ada di urutan tiga daftar gelandang Premier League musim lalu sebagai pengoper ofensif, di belakang Bruno Fernandes (633 kali) dan Rodri (624 kali).

Rice juga mencatatkan empat gol dan dua assists untuk West Ham musim lalu. Artinya, Rice juga bisa mengejutkan dengan kemampuannya bermain ofensif.

4. Pekerja Keras

Salah satu alasan lain mengapa fans West Ham menyukai Rice adalah etos kerjanya yang bagus. Pemain berusia 24 tahun kerap menjelajah ruang dan area, bergerak ke banyak posisi, dan melakukan segalanya.

Dia satu-satunya pemain di Premier League yang melakukan 60 plus tekel (79 tekel), interception (63 kali), memenangi penguasaan bola di sepertiga akhir pertahanan (14 kali), dan memenangi penguasaan bola di lini tengah (173 kali). Rice gelandang serba bisa yang dapat mengangkat performa Arsenal.

Arsenal West ham united Trivia Sepak Bola Sosok Declan Rice
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.280

Bagikan