Soal Pembatasan Pemain Naturalisasi, Beto Goncalves Merasa Ada Diskriminasi

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 07 Maret 2023
Soal Pembatasan Pemain Naturalisasi, Beto Goncalves Merasa Ada Diskriminasi
Beto Goncalves saat membela Timnas Indonesia. (PSSI)

BolaSkor.com - Penyerang Madura United, Alberto Goncalves mengecam wacana pembatasan naturalisasi di setiap klub. Menurutnya, itu melanggar haknya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang berhak mendapatkan pekerjaan yang setara dengan WNI lainnya.

Ide tersebut lahir dari sarasehan sepak bola yang dilangsungkan di Surabaya pada akhir pekan lalu. Perwakilan klub Liga 1 dan Liga 2 merumuskan beragam hal termasuk kemungkinan perubahan reguliasi di musim depan.

"Jelas saya tidak setuju. Saya bersuara bukan untuk saya saja tapi untuk pemain naturalisasi lain yang lebih muda. KTP kami itu tertulis WNI, enggak ada itu naturalisasi. Jadi WNI ya WNI. Separuh hidup saya adalah Indonesia," tegasnya.

Sebelumnya, PSSI memang tak memberlakukan regulasi terkait pemain naturalisasi. Setiap tim berhak dan bebas mengontrak pemain naturalisasi sebanyak apa pun sesuai kekuatan kantong mereka.

Baca Juga:

Revisi Target, Persebaya Incar Enam Besar Liga 1

Begini Rencana Regulasi Legiun Asing sampai Pembatasan Pemain Naturalisasi di Liga 1

Tetapi pada gagasan terbaru disebutkan bahwa akan ada pembatasan hingga maksimal dua pemain di masing-masing klub. Hal inilah yang membuat mereka bereaksi dengan sangat keras.

"Ini kok malah dibatasi. Enggak boleh seperti ini, enggak fair namanya. Saya pilih negara ini daripada Brasil. Semua keluarga saya pindah ke sini, mau tinggal di sini. Saya berencana main dua tahun lagi, baru pensiun. Semoga PSSI pikir baik-baik lagi," imbuhnya.

Sementara itu, kompatriotnya di Madura United yang juga merupakan pemain naturalisasi, Otavio Dutra tak habis pikir dengan usulan yang tak berdasar tersebut. Menurutnya, rencana tersebut sangat diskriminatif bagi mereka.

"Naturalisasi itu proses bukan status. Di paspor dan KTP, saya adalah seorang Warga Negara Indonesia (WNI) seumur hidup dan bukan WNI naturalisasi. jadi aturan itu sungguh tidak masuk akal," kecamnya.

"Semoga itu tidak terjadi, supaya Indonesia tidak dilihat seluruh dunia sebagai negara yang punya diskriminasi," sambung pemain kelahiran Brasil tersebut.

Madura United memang menjadi tim yang paling banyak mengontrak pemain naturalisasi musim ini. Selain Beto dan Dutra, mereka masih memiliki dua pemain naturalisasi dalam diri Lee Yu-jun dan Esteban Vizcarra. (Laporan Kontributor Arjuna Pratama/Madura)

Madura united Alberto goncalves Beto goncalves Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.023

Bagikan