Begini Rencana Regulasi Legiun Asing sampai Pembatasan Pemain Naturalisasi di Liga 1

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 05 Maret 2023
Begini Rencana Regulasi Legiun Asing sampai Pembatasan Pemain Naturalisasi di Liga 1
Empat legiun asing Persija Jakarta di Liga 1 2022/2023. (Media Persija)

BolaSkor.com - PSSI mengakomodir rencana penambahan slot pemain asing di setiap klub Liga 1 ditambah mulai musim depan. Usulan ini dimunculkan dalam Sarasehan Sepak Bola Indonesia yang berlangsung di Surabaya, Sabtu (4/3).

Rencananya kuota pemain asing di Liga 1 2023/2024 menjadi 5+1. Rinciannya adalah 5 pemain bebas dan satu harus berasal dari Asia Tenggara.

Namun, setiap klub hanya bisa menggunakan pemain asing 4+1 di setiap laga Liga 1.

Penambahan kuota pemain asing dilakukan dengan dalih klub Indonesia bisa bersaing di kancah kompetisi Asia, yakni Liga Champions Asia atau AFC.

"Ini menjadi kesepakatan klub," ujar Erick Thohir, dalam konferensi pers di Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta, Minggu (5/3).

Baca Juga:

PSSI Akomodir Pembentukan Operator Baru untuk Liga 2 2023/2024

Sarasehan Sepak Bola Nasional: Welcome Liga Indonesia dan Liga Nusantara

Liga 1 dan Liga 2 2023/2024 Digelar dengan Waktu Berbeda demi Tingkatkan Nilai Komersial

Tak hanya itu, PSSI juga menampung usulan soal pembatasan pemain naturalisasi di setiap klub Liga 1. Nantinya tim hanya boleh punya maksimal dua pemain naturalisasi.

"Kalau bisa dan harus bisa, naturalisasi hanya satu. Tapi ini belum tuntas karena masih ada diskusi lagi pekan ini antara liga, klub, dan PSSI untuk menerbitkan aturan kompetisi yang fair," jelas Erick.

Sementara itu, Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, mengklaim bahwa beberapa klub Liga 1 menginginkan komposisi pemain asing musim depan menjadi 5+1 sesuai aturan dari AFC selaku Konfederasi Sepak Bola Asia.

"Tapi dari 5+1 itu, yang diperbolehkan di DSP (daftar susunan pemain) adalah 4+1, sehingga di setiap pertandingan (komposisinya) berubah. Ada (satu) pemain yang tidak tercatat di DSP. Ini bukti kesepakatan terbuka," ungkap Teddy.

PSSI rencananya bakal menggulirkan Liga 1 2023/2024 mulai 13 atau 14 Juli 2023 mendatang. Saat ini PSSI juga sedang menggodok format baru Liga 1 yang akan menerapkan babak reguler dan final series.

Pssi Liga 1 Erick thohir Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.441

Bagikan