Skandal Robinho dan 5 Pemain Brasil yang Menghiasi Pemberitaan Media

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 11 April 2024
Skandal Robinho dan 5 Pemain Brasil yang Menghiasi Pemberitaan Media
Dani Alves saat disidang (Twitter)

BolaSkor.com - Talenta sepak bola dari Brasil tak pernah habis atau berakhir. Generasi baru selalu ada pada negara berjuluk Negeri Samba tersebut, seperti saat ini generasi baru itu diwakili Endrick, Vinicius, yang meneruskan tongkat estafet dari Neymar.

Bakat natural yang mereka miliki membuat klub-klub Eropa menempatkan pemandu bakat di Brasil. Tak heran apabila pesepak bola dari Brasil dapat ditemui di kebanyakan klub Eropa, begitu juga di klub besar yang ada di lima liga top Eropa.

Kendati bertalenta, punya nama besar di Eropa, dan legenda-legenda dari Brasil dahulu mewarnai sejarah sepak bola di Benua Biru, kontroversi dan skandal acapkali menghiasi mereka - tidak semua - di media.

Baca Juga:

Jika Manchester United Tak Berubah, Jurgen Klopp Yakin Arsenal Bisa Menang di Old Trafford

Kesalahan-kesalahan Bodoh yang Terus Diulangi Manchester United

Manchester United 2-2 Liverpool: Tiga Kali Beruntun, The Reds Gagal Taklukkan Red Devils

Kultur budaya menjadi salah satu penyebab pemain-pemain Brasil yang pergi meninggalkan negara, berkarier di Eropa dengan banyaknya uang yang mereka terima.

Beberapa waktu lalu, Robinho - eks Real Madrid, Manchester City, dan AC Milan - dihukum sembilan tahun penjara terkait pemerkosaan kepada seorang wanita pada 2013. Robinho tidak sendiri, ada enam pemain Brasil lainnya yang pernah memiliki skandal.

1. Dani Alves

Legenda Barcelona yang bergelimang trofi dalam kariernya. Terakhir, Dani Alves memperkuat klub Meksiko, UNAM, pada musim 2022-2023. Kini usianya 40 tahun.

Dani Alves dinyatakan bersalah terkait pemerkosaan kepada wanita di kamar mandi klub malam Barcelona, pada 31 Desember 2022. Alves ditahan di penjara Brians 2 Barcelona sejak Januari 2023, tapi kini dapat pergi dengan jaminan.

Hukuman yang diberikan kepadanya adalah empat setengah tahun penjara dan jaksa penuntut, mendorong agar Alves dihukum sembilan tahun penjara. Terkait kasus tersebut istrinya, Joana Sanz, meminta cerai kepada Alves.

2. Antony (Manchester United)

Manchester United merekrutnya dengan nominal besar 100 juta euro dari Ajax Amsterdam pada musim panas 2022. Dua musim dengan Red Devils, Antony menghadapi masalah besar di musim kedua.

Pada September lalu, Antony dicoret dari skuad Brasil untuk laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Bolivia dan Peru, menyusul tudingan kekerasan domestik terhadap mantan kekasihnya, Gabriela Cavallin.

Antony diinvestigasi polisi hingga ia diberi waktu rehat oleh Man United. Antony membantah tudingan itu, tetapi ia secara sukarela menghadiri wawancara dengan pihak kepolisian Greater Manchester. Kasus itu mengganggu fokus kariernya pada sepak bola.

3. Ronaldinho

Legenda Barcelona dan AC Milan, terkenal di masa lalu dengan 'tarian' khas Samba yang dimilikinya saat mendribel bola. Ronaldinho pun tak lepas dari kontroversi kala ia terlibat skandal pemalsual paspor pada 2015.

Pada 2020, Ronaldinho ditangkap bersama saudaranya, Roberto de Assis, ketika masuk ke Paraguay untuk tur promosi. Keduanya dituding memalsukan paspor Paraguay, namun jaksa penuntut yakin Ronaldinho tak tahu apabila dokumen itu palsu.

Selama 32 hari, Ronaldinho mendekam di penjara dan sempat bermain untuk turnamen futsal penjara. Setelahnya, Ronaldinho dipindahkan ke hotel mewah, dikosongkan karena karantina covid, dan menjadi tahanan rumah.

Laporan dari Amerika Selatan, menuturkan meski ada batasan, Ronaldinho seringkali menerima tamu dan menghabiskan malam dengan berkaraoke serta pesta. Saudaranya didenda 200.000 dollar Amerika Serikat sebagai hasil negosiasi, kemudian kembali ke Brasil.

4. Adriano

Sosok yang kontroversial setelah di masa lalu menjadi pemain ternama bersama Inter Milan, bahkan Adriano pernah dikabarkan terlibat dalam gangster narkoba di kampung halaman, Brasil, pasca meninggalkan karier di dunia sepak bola.

Saat masih aktif bermain, Adriano didakwa terkait perdagangan narkoba. Pada 2010, jaksa penuntut menuding Adriano membeli motor dan memberikannya kepada penyedia narkoba di Rio de Janeiro favela.

Namun, pada 2014 Hakim Maria Tereza Donatti menyatakan Adriano membatalkan kasus tersebut karena buktinya tidak cukup kuat.

5. Hulk (Atletico Mineiro)

Mantan sriker timnas Brasil, Hulk, terkenal sebagai striker yang besar dengan kekuatan fisik untuk menahan bola. Saat ini, Hulk (37 tahun) bermain untuk Atletico Mineiro.

Hulk menghiasi pemberitaan ketika terungkap kabar ia menikah dengan keponakan mantan istrinya. Sebelumnya, Hulk menikah dengan Iran Angelo selama 12 tahun, memiliki dua putra, Ian dan Tiago, serta satu putri, Alice.

Pada 2019 pasca cerai dan lima bulan setelahnya, Hulk menikahi Cami Angelo yang notabene keponakan dari Angelo. Pasangan keduanya memiliki satu putri, Zaya, pada April 2022.

"Hulk menelepon orang tua dan saudara laki-laki Camila dan mengatakan yang sebenarnya kepada mereka. Hulk sendirilah yang mempublikasikan informasi itu karena tidak ada yang dia sembunyikan," tutur juru bicara Hulk saat itu.

Trivia Sepak Bola Manchester United Antony Ronaldinho Dani alves
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.365

Bagikan