Bundesliga

Sihir Xabi Alonso di Bayer Leverkusen

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Senin, 15 April 2024
Sihir Xabi Alonso di Bayer Leverkusen
Xabi Alonso (Twitter)

BolaSkor.com - Xabi Alonso membuktikan diri sebagai satu di antara pelatih muda terbaik saat ini. Ia tidak butuh waktu lama untuk membawa Bayer Leverkusen dari titik terendah menjadi juara Bundesliga.

Kisah gemilang Xabi Alonso bersama Bayer Leverkusen dimulai pada 5 Oktober 2022. Ketika itu, ia menerima tantangan menukangi Bayer Leverkusen yang sedang berada di titik nadir.

Bagaimana tidak, Leverkusen menduduki peringkat kedua terbawah di Bundesliga. Itu adalah musim terburuk kedua bagi Leverkusen sejak 1979.

Baca Juga:

Perbandingan Statistik Ruben Amorim dan Xabi Alonso, Dua Calon Pelatih Baru Liverpool

Jurgen Klopp Buka Suara soal Xabi Alonso Pilih Bertahan di Leverkusen

Xabi Alonso Pastikan Bertahan dengan Bayer Leverkusen

Pengalaman Alonso menukangi tim senior juga masih nihil. Sebelumnya, ia hanya memimpin Real Sociedad B.

Meski demikian, bukan berarti sihir Alonso tidak bisa terjadi dengan cepat. Hanya dalam tempo 18 bulan atau tepatnya 557 hari, Alonso membawa Leverkusen meraih gelar juara Bundesliga untuk pertama kalinya. Itu adalah yang pertama dalam sejarah 120 tahun klub.

Kemenangan 5-0 atas Werder Bremen di BayArena sudah cukup membawa Leverkusen mengukir sejarah. Dari 29 pertandingan, Leverkusen menuai 79 poin setelah 25 kali menang dan empat kali imbang. Hebatnya, Leverkusen tidak pernah tumbang sejauh musim ini.

Lebih jauh, dari 43 pertandingan di berbagai ajang pada musim ini, Leverkusen juga tidak pernah kalah. Werkself pun mencapai final DFB Pokal dan akan melawan Kaiserslautern. Selain itu, Florian Wirtz dan kawan-kawan juga menembus perempat final Liga Europa.

Menurut statistik, Leverkusen adalah satu-satunya tim di lima liga top Eropa yang belum pernah merasakan kekalahan pada musim 2023-2024. Musim ini akan terasa semakin manis jika Leverkusen berhasil meraih treble.

Bagi Alonso, catatan gelar juara Bundesliga pada awal kariernya adalah sesuatu yang luar biasa. Ia bangga dengan apa yang dilakukan timnya.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

"Ini adalah momen yang sangat spesial bagi klub. Memenangi Bundesliga untuk pertama kalinya dalam 120 tahun adalah sesuatu yang istimewa. Para pemain top. Saya sangat bangga dengan semua orang," ujar Alonso.

Beruntung bagi Leverkusen, sihir Alonso masih bisa terulang pada musim depan. Sebab, pelatih 42 tahun asal Spanyol itu memutuskan bertahan setidaknya satu musim lagi. Padahal, ia juga mendapatkan tawaran menukangi Bayern Munchen dan Liverpool.

Xabi Alonso Bayer Leverkusen Breaking News Bundesliga
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.548

Bagikan