Perbandingan Statistik Ruben Amorim dan Xabi Alonso, Dua Calon Pelatih Baru Liverpool

Arief HadiArief Hadi - Senin, 01 April 2024
Perbandingan Statistik Ruben Amorim dan Xabi Alonso, Dua Calon Pelatih Baru Liverpool
Ruben Amorim (Twitter)

BolaSkor.com - Liverpool, Barcelona, dan Bayern Munchen akan memiliki pelatih baru mulai musim depan. Pasalnya, Jurgen Klopp, Xavi Hernandez, dan Thomas Tuchel memutuskan pergi di akhir musim 2023-2024.

Menilik calon pengganti mereka akan menarik, khususnya Klopp di Liverpool. Tidak mudah melanjutkan warisannya yang sudah dibentuk sejak 2015, terlebih Liverpool di tangan Klopp menjadi tim yang disegani di Inggris dan Eropa - plus meraih sukses.

Kandidat kuat pengganti Klopp sebelumnya adalah mantan pemain Liverpool yang kini melatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso. Peramu taktik asal Spanyol memiliki catatan impresif sejauh ini dan tak terkalahkan di 39 laga di seluruh kompetisi.

Akan tapi, kansnya ke Liverpool berkurang melalui pernyataannya baru ini yang menegaskan akan bertahan di Leverkusen, yang mengontraknya hingga 2026.

Baca Juga:

Xabi Alonso Gagal, Ruben Amorim Jadi Kandidat Terkuat Pelatih Baru Liverpool

Profil dan 5 Fakta Menarik Calon Pelatih Liverpool, Ruben Amorim

Romeo Lavia Menderita, Wataru Endo Bikin Liverpool Bahagia

"Saya yakin ini (bertahan) adalah keputusan yang tepat, saya senang. Kami punya banyak spekulasi mengenai masa depan saya," terang Alonso baru ini.

"Sampai saat ini kami telah menjalani begitu banyak pertandingan, cukup sibuk dan fokus, dan saya ingin melakukan refleksi selama jeda internasional dan mengambil keputusan."

"Para pemain memberi saya banyak alasan untuk tetap percaya pada tim – karena komitmen mereka, keinginan mereka, rasa lapar mereka untuk menjalani musim yang hebat. Pekerjaan saya belum selesai di sini."

Alonso sebagai opsi pengganti Klopp belum sepenuhnya tertutup, tetapi Liverpool disinyalir sudah memiliki kandidat lainnya yakni Ruben Amorim, pelatih Sporting Lisbon.

Amorim, 39 tahun, sudah melatih Sporting sejak 2020 dan sudah meraih trofi Primeira Liga pada musim pertamanya, ditambah dua trofi Taca da Liga dan Supertaca Candido de Oliveira.

Sporting saat ini ada di puncak klasemen dan berpeluang kembali memenangi Primeira Liga. Amorim disinyalir memiliki klausul pembelian 12,8 juta poundsterling - angka yang relatif murah untuk ditebus Liverpool.

Kendati Liga Portugal tak dilihat sebagai salah satu dari lima liga top Eropa, catatan Amorim cukup menarik terlebih karena Sporting juga bermain di Eropa.

Alonso saat ini menjadi buah bibir di Eropa, tetapi Amorim memiliki pengalaman kepelatihan lebih karena ia sudah mulai melatih klub sejak 2018 di Casa Pia, Braga, hingga kini dengan Sporting. Berikut perbandingan statistik kepelatihan Amorim dan Alonso dikutip dari Planetfootball.

Ruben Amorim

Laga: 235
Menang: 166
Imbang: 34
Kalah: 35

Persentase menang: 70,6 persen
Persentase kalah: 14,9 persen

Gol per laga: 2,14
Kebobolan gol per laga: 0,86

Poin per laga: 2,26

Xabi Alonso

Laga: 174
Menang: 91
Imbang: 38
Kalah: 45

Persentase menang: 52,3 persen
Persentase kalah: 25,9 persen

Gol per laga: 1,8
Kebobolan gol per laga: 1,13

Poin per laga: 1,78

Liverpool Ruben amorim Xabi Alonso
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.328

Bagikan