Profil Pelatih

Profil dan 5 Fakta Menarik Calon Pelatih Liverpool, Ruben Amorim

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Jumat, 29 Maret 2024
Profil dan 5 Fakta Menarik Calon Pelatih Liverpool, Ruben Amorim
Ruben Amorim (Twitter)

BolaSkor.com - Liverpool dikabarkan menjadikan Ruben Amorim sebagai kandidat terkuat manajer baru menggantikan Jurgen Klopp. Berikut ini adalah profil Ruben Amorim dan lima fakta menarik soal sang pelatih.

Awalnya, Ruben Amorim adalah seorang pemain sepak bola dari Portugal. Ia berposisi sebagai gelandang dan bisa digeser ke sisi kanan pertahanan.

Amorim pernah memperkuat sejumlah raksasa Portugal, seperti Benfica dan SC Braga. Selain itu, ia juga memiliki pengalaman menyeberang ke Asia dengan memperkuat tim asal Qatar, Al-Wakrah.

Amorim merupakan langganan tim Portugal dari kelompok umur. Pria 39 tahun itu tercatat 14 kali memperkuat tim nasional Portugal.

Baca Juga:

Xabi Alonso Gagal, Ruben Amorim Jadi Kandidat Terkuat Pelatih Baru Liverpool

Breaking News: Liverpool Menyerah Kejar Xabi Alonso

Romeo Lavia Menderita, Wataru Endo Bikin Liverpool Bahagia

Pemain yang lahir di Lisboa, Portugal, itu meraih berbagai prestasi di kompetisi domestik. Ia tiga kali menjadi juara Liga Portugal. Selain itu, ia juga tujuh kali memenangi Piala Liga Portugal. Dua trofi lainnya datang dari Piala Portugal dan Piala Super Portugal.

Sebagian besar prestasi tersebut tercipta ketika Amorim menjadi penggawa Benfica. Hanya satu, yakni titel Piala Liga Portugal, yang dimenangi bersama SC Braga.

Amorim akhirnya pensiun pada April 2017. Ia terakhir kali tercatat sebagai pemain Benfica.

Setelah itu, Amorim memulai karier sebagai pelatih. Ia sempat memimpin Casa Pia sebelum akhirnya mendapatkan kepercayaan menukangi Braga B.

Karena dianggap potensial, Amorim dipromosikan ke tim senior Braga. Ia kemudian membawa Braga memenangi Piala Liga Portugal yang diraih pada musim 2019-2020.

Dengan nama yang semakin harum, Amorim pada akhirnya ditebus Sporting CP pada 2020. Ketika itu, The Leoes mengeluarkan dana hingga 10 juta euro sebagai kompensasi kontrak sang pelatih di Braga yang masih tersisa dua musim.

Pindah ke Sporting, prestasi Amorim terus mengilap. Ia meraih satu titel Liga Portugal, satu trofi Piala Super Portugal, dan dua kali jadi juara Piala Liga Portugal.

Ruben Amorim juga menorehkan tinta emas dari sisi statistik. Sebab, pada musim 2020-2021, Sporting menjadi juara liga Portugal dengan hanya menelan satu kekalahan. Itu adalah pertama kalinya Sporting kembali juara setelah terakhir kali pada musim 2001-2002.

Satu-satunya kekalahan tersebut terjadi ketika Sporting bertandang ke markas Benfica. Sporting tumbang dengan skor 4-3.

Jadi, tidak heran jika Liverpool menjadikan Ruben Amorim sebagai opsi terkuat untuk menukangi Mohamed Salah dan kawan-kawan. Nama Amorim semakin terdepan setelah The Reds memilih mundur dalam perburuan Xabi Alonso.

Selain profil di atas, BolaSkor juga akan memberikan lima fakta menarik dalam karier Ruben Amorim seperti di bawah ini:

Pemain yang Vokal

Ruben Amorim dikenal sebagai pemain yang blak-blakan. Ia sempat bersitegang dengan manajer Benfica saat itu, Jorge Jesus. Menurut Amorim, Jorge Jesus pilih kasih dengan lebih mengutamakan pemain di luar Portugal.

Akibatnya, Ruben Amorim mendapatkan hukuman disiplin. Selain itu, ia juga dipinjamkan ke Braga selama 18 bulan.

Hampir Membuat Klubnya Mendapatkan Pengurangan Poin

Setelah gantung sepatu pada 2017, Ruben Amorim menerima tawaran menukangi tim kasta ketiga, Casa Pia, pada 2018. Namun, ia memilih mengundurkan diri beberapa pekan berselang.

Alasannya adalah Casa Pia terancam mendapatkan hukuman pengurangan poin karena Amorim belum memiliki lisensi kepelatihan yang sesuai dengan peraturan liga.

Pernah Dikaitkan dengan Manchester United dan Chelsea

Sebelum digosipkan akan jadi manajer Liverpool, Ruben Amorim pernah dikaitkan dengan Manchester United dan Chelsea. Namun, sejauh ini Amorim tidak benar-benar pindah.

Amorim dikabarkan masuk radar Man United untuk menggantikan Ralf Rangnick pada November 2021. Ia juga digada-gadang sebagai suksesor Erik ten Hag.

Amorim pun mencuat sebagai opsi bagi Chelsea setelah memecat Graham Potter. Kemudian, pada akhirnya Mauricio Pochettino yang terpilih sebagai juru taktik The Blues.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Taktik Andalan

Amorim memiliki taktik andalan yang sering dipakainya, yakni 3-4-3. Ia mengandalkan penguasaan bola dari lini tengah.

Biasanya, Sporting di bawah asuhan Amorim akan mengarahkan bola kepada striker dari lini tengah. Kemudian, para bek sayap akan membantu dari kedua sisi.

Julukan The New Mourinho

Amorim mendapatkan julukan The New Mourinho. Julukan itu didapatkan setelah Amorim membawa Braga menang di kandang Benfica dalam laga lanjutan liga Portugal. Padahal, itu belum pernah terjadi dalam 65 tahun terakhir.

Posisi Braga yang menduduki peringkat ketiga pada akhir kompetisi semakin melekatkan julukan Jose Mourinho baru dalam diri Amorim.

Ruben amorim Liverpool Breaking News Sporting CP
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.532

Bagikan