Sederet Rekor Gianluigi Buffon Bersama Italia dan Juventus

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 04 Agustus 2023
Sederet Rekor Gianluigi Buffon Bersama Italia dan Juventus
Gianluigi Buffon (Twitter)

BolaSkor.com - Berakhir sudah era keemasan sepak bola Italia ketika terakhir kali menjadi juara Piala Dunia 2006. Satu-satunya pemain yang ada dalam skuad tersebut kini telah pensiun, dia adalah Gianluigi Buffon.

Melalui media sosial, Buffon mengonfirmasi kabar pensiun itu dengan ucapan singkat yang mengakhiri kariernya sejak 1995.

"Itulah semuanya! Anda (fans) memberikan saya segalanya. Saya memberikan Anda segalanya. Kita semua melakukannya bersama," ucap Buffon yang pensiun bersama klub tempatnya berkembang di usia muda, Parma.

Dalam kariernya Buffon hanya membela tiga klub, yakni Parma (dua periode), Juventus (dua periode), dan Paris Saint-Germain (PSG). Bersama Iker Casillas, Peter Schmeichel, Oliver Kahn, dan nama-nama legendaris lainnya, Buffon merupakan salah satu kiper terbaik sepanjang masa pada eranya.

Baca Juga:

Pensiun Jadi Pemain, Gianluigi Buffon Ambil Bagian di Timnas Italia

30 Detik yang Menggambarkan Kemarahan Inter kepada Lukaku

Inter dan Chelsea Sepakat, Romelu Lukaku Justru Negosiasi dengan Juventus

Selama berkarier juga Buffon sudah melalui banyak kesuksesan dengan raihan 10 Scudetto, lima Coppa Italia, enam Piala Super Italia bersama Juventus, Piala Eropa (format lama Liga Europa) bersama Parma, dan titel Piala Dunia 2006 dengan Italia.

Menilik informasi yang ada di Football-Italia, berikut sederet rekor yang sudah dipecahkan Gianluigi Buffon di Serie A, bersama Juventus dan juga di level internasional:

1. Buffon, juara bersama Italia di Piala Dunia 2006, punya 176 caps dengan timnas Italia dan juga salah satu penampil terbanyak sebagai kapten (80 kali).

2. Hanya ada enam pemain yang tampil di Piala Dunia pada lima edisi, bersama Buffon ada Antonio Carbajal, Rafael Marquez, Lothar Matthaus, Lionel Messi, dan Cristiano Ronaldo.

3. Buffon mencatatkan 657 penampilan di Serie A dan itu jauh lebih banyak dari pemain mana pun dalam sejarah kompetisi.

4. Buffon masih mencatatkan rekor unbeaten (tak terkalahkan) selama 974 menit laga Serie A dan 10 clean sheets beruntun.

5. Pada era tiga poin saat meraih kemenangan, Buffon mencatatkan 285 clean sheets di Serie A.

6. Dia menjadi kiper tertua yang melakukan penyelamatan penalti di Serie A pada usia 43 tahun, tiga bulan, dan 14 hari.

7. Pada level klub, Buffon punya rekor penampilan liga terbanyak dengan Juventus (526 laga), termasuk musim 2006-2007 di Serie B

8. Rekor juga dimiliki Buffon dengan penampilan terbanyak Serie A dengan Juventus (489 laga) dan Liga Champions (117 laga).

9. Buffon juga memainkan total 61.411 menit sepak bola untuk Juventus di seluruh kompetisi.

10. Buffon memenangi Piala Super Italia pada rekor tujuh kali dan Coppa Italia enam kali, berbagi rekor dengan Roberto Mancini sebagai pemain.

Gianluigi Buffon Juventus Serie a
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.180

Bagikan