Revolusi Man United di Era Ratcliffe: Arnold Mundur, Klub Bidik Blanc dan Mitchell

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 16 November 2023
Revolusi Man United di Era Ratcliffe: Arnold Mundur, Klub Bidik Blanc dan Mitchell
Richard Arnold dan Sir Jim Ratcliffe (Twitter)

BolaSkor.com - Sir Jim Ratcliffe belum dikenalkan secara resmi sebagai pemilik dari 25 persen saham Manchester United, tetapi revolusi sudah dimulai dari manajemen klub. Ratcliffe rencananya akan khusus menangani urusan sepak bola Red Devils.

Seperti diketahui, dengan mundurnya Qatar sebagai calon pemilik baru klub setelah tawarannya untuk membeli penuh (100 persen) saham Man United ditolak pemilik saat ini, Keluarga Glazer, Ratcliffe dengan perusahaannya INEOS menjadi satu-satunya kandidat kuat pembeli klub.

Berbeda dengan Qatar, Ratcliffe membeli 25 persen saham Man United dan Glazer masih jadi pemilik klub. Kendati demikian, pengusaha asal Inggris itu diberi tanggung jawab pada sektor sepak bola dengan misi membangkitkan kejayaan klub.

Revolusi pun dimulai dengan mundurnya CEO Man United, Richard Arnold, yang sudah bekerja di klub selama 16 tahun. Arnold akan bekerja hingga akhir Desember dan untuk sementara posisi CEO Man United ditempati Patrick Stewart.

Baca Juga:

Harry Maguire Tak Sesali Keputusan Bertahan di Manchester United

Cedera Membuat Manchester United Semakin Menderita, Kali Ini Hojlund dan Eriksen Menepi

Andai Pimpin Manchester United, Sir Jim Ratcliffe Akan Tiru Todd Boehly

Richard Arnold (Twitter)

"Merupakan suatu kehormatan yang luar biasa untuk mengabdi pada klub sepak bola hebat ini selama 16 tahun terakhir. Melalui suka dan duka, yang konstan adalah dedikasi karyawan dan penggemar kami," papar Arnold di laman resmi Man United.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka semua atas kesetiaan dan komitmen mereka, dan berharap semua orang yang terkait dengan klub mendapatkan yang terbaik di masa depan."

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Richard atas pengabdiannya yang luar biasa kepada Manchester United selama 16 tahun terakhir, dan mendoakan yang terbaik untuk usahanya di masa depan," tambah Executive Co-Chairman Man United, Joel Glazer.

"Kami beruntung dapat memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman mendalam Patrick Stewart untuk memberikan stabilitas dan kesinambungan sementara saat kami memulai pencarian CEO permanen yang baru."

CEO Baru: Jean-Claude Blanc, Direktur Olahraga: Paul Mitchell

Jean-Claude Blanc (Twitter)

Dikabarkan oleh Sport Zone dan dikonfirmasi Fabrizio Romano, Jean-Claude Blanc menjadi bidikan Man United untuk mengisi pos CEO di era Ratcliffe. Dia pernah bekerja di Paris Saint-Germain (PSG) dan Juventus sebagai Sporting Market Executive dan Chairman.

Saat ini, Blanc bekerja di klub Ligue 1, Nice, yang juga dimiliki oleh Ratcliffe.

"Sir Jim Ratcliffe, masih diprediksi akan mengubah banyak peran di Man United ketika dia menyelesaikan 25 persen akuisisi saham klub," papar Romano.

"Mantan PSG dan Juventus, Jean-Claude Blanc, kandidat untuk peran kunci di masa depan seperti yang dilaporkan akhir pekan lalu."

Selain posisi CEO, Man United juga akan melakukan perubahan dengan membidik Paul Mitchell untuk mengisi pos ketua Direktur Olahraga, setelah sebelumnya bekerja di Tottenham Hotspur dan RB Leipzig.

Paul Mitchell (Twitter)

Mitchell juga pernah bekerja di New York Red Bulls, RB Bragantino, AS Monaco. Belum diketahui apakah nantinya John Murtough, Direktur Olahraga Man United saat ini, akan digantikan atau tidak.

Kendati demikian, jika semuanya berjalan sesuai rencana dengan Blanc sebagai CEO, Mitchell Direktur Olahraga, Ratcliffe bertanggung jawab dari sisi sepak bola Man United, dan Erik ten Hag sebagai pelatih, maka revolusi di era Ratcliffe itu menjadi kenyataan.

Manchester United Sir Jim Ratcliffe Richard Arnold
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.857

Bagikan