NOC Indonesia

Rapat Anggota NOC Indonesia, Bahas Tata Kelola Olahraga demi ‘Indonesia Raya’ Berkumandang di Dunia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 08 Maret 2024
Rapat Anggota NOC Indonesia, Bahas Tata Kelola Olahraga demi ‘Indonesia Raya’ Berkumandang di Dunia
Ketua Umum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari. (MP/Kanu)

BolaSkor.com - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) atau NOC Indonesia menggelar agenda penting, Jumat (8/3). Agenda itu adalah Rapat Anggota NOC Indonesia yang berlangsung di Hotel Fairmont, Jakarta.

Dalam rapat kerja ini hadir Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Ketua Umum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, anggota Komite Eksekutif NOC Indonesia, hingga seluruh federasi olah raga Indonesia dan perwakilan pejabat lembaga negara.

Ada juga tim Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024, Anindya Bakrie, hingga perwakilan Kedutaan Besar Prancis.

Ketua Pelaksana Rapat Anggota NOC Indonesia, Antonius Adi Wirawan menuturkan, penyelenggaraan rapat anggota merupakan agenda tahunan lembaganya untuk membahas soal program kerja dan tugas selama 2024 ini.

“Penyelenggaraan rapat anggota tugas tahunan KOI sebagaimana diatur dalam AD/ART,” kata Adi.

Adi menjelaskan, rapat anggota juga membahas nomenkelatur anggaran tata kelola yang disesuaikan dengan program olah raga Tanah Air hingga penyelenggaraan multievent internasional.

“Dalam rapat ini ada anggota 65 nasional federasi. Ada juga perwakilan IOC member dan tim yang membantu keberangkatan kontingen ke Olimpiade Paris,” jelas Adi.

Baca Juga:

Founder JHL Group sampai Ketua NOC Indonesia Dianugerahi Sabuk DAN Kehormatan Kukkiwon

Hadapi Kisruh Cabor Tenis Meja, NOC Indonesia Jalin Komunikasi dengan ITTF

Jelang Olimpiade 2024, NOC Indonesia Berkolaborasi dengan Kedubes Prancis

Sementara itu, Ketua Umum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari menuturkan rapat anggota merupakan momentum koordinasi NOC dengan stakeholders olah raga Indonesia.

“Banyak prestasi yang diraih 2023, tapi masih jauh yang belum berprestasi dan banyak pekerjaan rumah. Baik olah raga olimpik dan non olimpik,” kata Okto.

Okto menambahkan, pembahasan penyesuaian AD/ART penting karena olah raga bersifat dinamis dan mesti mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia.

“Karena setiap Olimpiade ada penyesuaian setiap cabang olah raga. Sehingga kita mesti menyesuaikan hal itu,” ucap Okto.

“NOC menjadi pendukung federasi agar bisa memberikan prestasi yang baik. Agar bendera Merah Putih berdiri tegak dan lagu Indonesia berkumandang di kancah internasional,” ungkap Okto.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Okto juga mengingatkan pemerintah agar bisa lebih berpartisipasi dalam peningkatan kualitas olah raga Indonesia.

“Termasuk meminta kepada siapa pun yang terpilih untuk menyuarakan kepentingan dan peningkatan anggaran untuk pengembangan olah raga Tanah Air,” ucap Okto.

Sementara itu, Menteri Suharso memastikan pemerintah mendukung penuh pengembangan olah raga di Tanah Air. Salah satunya dengan jumlah penduduk Indonesia yang tergolong banyak sehingga punya modal untuk mencari atlet berkualitas.

“Kami sudah meluncurkan desain besar olah raga nasional. Disana ada target ambisius yang mesti dicapai,” sebut Suharso.

Penulis: Kanugrahan

NOC Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.174

Bagikan