Profil Singkat 3 Klub Promosi Premier League 2023-2024

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 06 Agustus 2023
Profil Singkat 3 Klub Promosi Premier League 2023-2024
Burnley (Twitter)

BolaSkor.com - Premier League 2023-2024 sudah di depan mata. Manchester City masih berstatus sebagai juara bertahan liga yang akan coba mempertahankannya melawan tim-tim rival. Perebutan zona Eropa juga diprediksi bakal berlangsung sengit.

Kendati demikian, klub-klub papan tengah dan atas liga juga tak bisa begitu saja melupakan potensi kejutan dari tiga tim promosi Premier League. Ketiga tim itu adalah Luton Town, Sheffield United, dan Burnley.

Baca Juga:

Kapanpun Dibutuhkan Mikel Arteta, Eddie Nketiah Siap Bermain

Risiko bagi Arsenal jika Rekrut David Raya

Arsenal Dihantam Kabar Buruk Jelang Bergulirnya Musim Baru

Ketiganya menggantikan Leicester City, Southampton, dan Leeds United yang degradasi musim lalu. Luton, Sheffield, dan Burnley dapat menjadi kejutan di musim baru. Berikut profil ketiga klub promosi tersebut.

1. Burnley

Stadion: Turf Moor
Pelatih: Vincent Kompany
Kapten: Jack Cork
Julukan: The Clarets

Tak butuh waktu lama bagi Burnley untuk kembali ke Premier League setelah terakhir degradasi pada 2022. Semusim bersama Vincent Kompany, legenda Manchester City itu membawa Burnley promosi dengan catatan impresif.

Burnley memenangi liga (Championship) dengan catatan 101 poin dari 46 laga, plus mereka menyegel tiket promosi dengan menyisakan tujuh laga terakhir. Kompany menyulap Burnley jadi tim yang bermain menghibur.

Burnley bermain dengan mengandalkan penguasaan bola dan sepak bola ofensif. Gaya bermain yang dikembangkan Kompany itu disinyalir dimilikinya setelah belajar dari mantan pelatihnya di Man City, Pep Guardiola.

Dengan catatan tersebut, menarik untuk dilihat apakah Burnley 'berani' memainkan gaya sepak bola itu di Premier League, dengan level bermain yang berbeda. Pengalaman Kompany, yang pernah sukses dengan Man City, juga akan berperan penting di Premier League.

Burnley sejauh ini (sampai artikel ini dibuat) cukup aktif di bursa transfer musim panas 2023, mereka telah merekrut sembilan pemain yakni Jacob Bruun Larsen, Lawrence Vigouroux, Nathan Redmond, Luca Koleosho, Michael Obafemi, Dara O'Shea, Jordan Beyer, James Trafford, dan Zeki Amdouni.

Skuad Burnley dihuni oleh kombinasi pemain muda dan senior, beberapa di antaranya sudah pernah bermain di Premier League dan ini jadi nilai plus untuk menambah kans sintas Burnley.

Persentase Bertahan Burnley: 85%

2. Sheffield United

Stadion: Bramall Lane
Pelatih: Paul Heckingbottom
Kapten: John Egan
Julukan: The Blades

Dua musim absen bermain di Premier League dan berkutat di Championship, The Blades - julukan Sheffield - akhirnya kembali bermain di Premier League. Sheffield mengamankan posisi runner-up Championship dengan catatan 91 poin dari 46 pertandingan.

Premier League tidak asing bagi klub yang bermarkas di Bramall Lane tersebut, sebab mereka sering naik turun di liga. Sheffield kini ada pada kondisi yang kondusif dengan Paul Heckingbottom sebagai pelatih.

Selain itu, Sheffield juga dimiliki oleh Pangeran Arab Saudi dan juga pebisnis Abdullah bin Musail Al Saud. Sheffield terkenal dengan kengototan mereka dalam bermain dan itu berlanjut hingga musim lalu di Championship.

Klub yang berada di Yorkshire Selatan itu tidak mudah dikalahkan dan juga efisien dalam meraih kemenangan, bahkan jarak mereka dengan urutan tiga musim lalu sebanyak 11 poin.

Musim lalu, duet Oli McBurnie dan Iliman Ndiaye di lini depan menjadi kunci kekuatan Sheffield. Ndiaye bahkan mencetak 14 gol liga dan memberi 10 assists. Sayang bagi Sheffield, Ndiaye pindah ke Olympique Marseille dan tidak ada penggantinya.

Permasalahan lainnya bagi Sheffield adalah skuad yang ramping untuk mengarungi musim baru. Sejauh ini mereka baru merekrut Auston Trusty, Benie Traore, Anis Slimane, dan Yasser Larouci (pinjaman).

Sementara untuk pemain yang pergi ada Ndiaye dan Enda Stevens. Tanpa cukup kekuatan dalam skuad Sheffield, mereka bisa kerepotan melawan rimba persaingan ketat di Premier League. Apalagi sang pelatih tak punya pengalaman melatih di Premier League.

Persentase Bertahan Sheffield United: 45%

3. Luton Town

Stadion: Kenilworth Road
Pelatih: Rob Edwards
Kapten: Tom Lockyer
Julukan: The Hatters

31 tahun hiatus dari liga teratas sepak bola Inggris telah berakhir. Luton Town, yang bermarkas di stadion berkapasitas 10.356 penonton (Kenilworth Road), kembali bermain di Premier League dan mereka punya potensi besar jadi kejutan.

Berbeda dari Sheffield dan Burnley yang sudah terbiasa main di Premier League, Luton akan bermain nothing to lose (tanpa beban) karena partisipasi mereka di sana sudah bagaikan mimpi jadi kenyataan.

Tim besutan Rob Edwards pun tak main-main menyiapkan skuad untuk musim depan. Dua pemain yang punya pengalaman main di Premier League direkrut, Ryan Giles dan Marvelous Nakamba, dan juga mereka memboyong eks pemain Manchester United, Tahith Chong.

Luton dapat menjadi kejutan bagi tim-tim Premier League khususnya jika mereka bermain di Kenilworth Road. Musim lalu, Carlton Morris menjadi top skorer Luton dengan catatan 20 gol.

Persentase Bertahan Luton Town: 50%

Premier League Trivia Sepak Bola Premier keague Luton Town Sheffield United Burnley
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan