Profil dan 7 Fakta Menarik dari Bek Anyar Manchester City, Josko Gvardiol

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Senin, 07 Agustus 2023
Profil dan 7 Fakta Menarik dari Bek Anyar Manchester City, Josko Gvardiol
Josko Gvardiol (Twitter Man City)

BolaSkor.com - Manchester City mengumumkan kedatangan bek asal Kroasia, Josko Gvardiol. Terdapat sejumlah fakta menarik dari perjalanan karier dan kehidupan pribadi pemain 21 tahun tersebut.

Josko Gvardiol mulai mencuri perhatian setelah tampil tangguh di lini pertahanan Kroasia pada Piala Dunia 2022. Ia membawa Kroasia menempati posisi ketiga. Ketika itu, Gvardiol yang tampil menggunakan topeng membuat sejumlah penyerang kelas dunia, termasuk Romelu Lukaku, kesulitan.

Kini, dengan penampilan yang terus menanjak bersama Leipzig, Gvardiol dipinang Manchester City. The Citizens yang memang membutuhkan bek baru telah memantau Gvardiol sejak beberapa bulan terakhir. Kabarnya, Gvardiol merupakan pemain yang diimpikan Pep Guardiola.

Baca Juga:

Bungkam Manchester City di Wembley Jadi Bukti Arsenal Bisa Kalahkan Siapa Saja

Perincian Penawaran Al Hilal untuk Kylian Mbappe: Gaji Tidak Sampai 700 Juta Euro

Jumpa Manchester City di Community Shield, Arsenal Usung Misi Balas Dendam

Bagi Gvardiol, bergabung dengan Man City adalah mimpi yang jadi kenyataan. Ia tidak sabar memulai petualangan baru bersama The Citizens.

"Saya selalu bermimpi suatu hari bermain di Inggris dan melakukannya sekarang dengan Manchester City. Ini adalah suatu kehormatan nyata bagi saya," tegas Gvardiol.

Karier Gvardiol memang baru seumur jagung. Sebelum memperkuat Leipzig, ia merupakan produk akademi Dinamo Zagreb. Gvardiol meyakini Man City adalah destinasi yang tepat untuknya.

"Siapa pun yang melihat Manchester City bermain musim lalu tahu mereka adalah tim terbaik di dunia. Untuk memenangi treble mengatakan semua yang perlu Anda ketahui tentang kualitas yang dimiliki tim ini," imbuhnya.

Untuk lebih mengenal Gvardiol, BolaSkor telah mengumpulkan tujuh fakta menarik, seperti di bawah ini:

1. Berawal dari Klub Lokal

Josko Gvardiol mengawali kariernya dengan memperkuat klub lokal, Tresnjevka, pada usia enam tahun. Karena bergabung lebih cepat dari waktunya, Gvardiol tidak menemukan rekan satu tim seusianya. Akhirnya, ia bermain dengan anak yang lebih tua.

2. Jadi Rebutan Lokomotiv Moscow dan Dinamo Zagreb

Setelah tampil impresif di NK Tresnjevka, Gvardiol masuk radar Lokomotiv Moscow dan Dinamo Zagreb. Lokomotiv Moscow melakukan pendekatan terlebih dahulu untuk meyakinkan sang pemain pindah.

Namun, pada akhirnya Gvardiol memilih bergabung dengan Dinamo Zagreb. Keputusan itu didukung oleh keluarganya.

3. Latihan Tambahan

Performa Gvardiol semakin berkembang bersama Dinamo Zagreb. Hal itu tidak terlepas dari latihan mandiri yang dilakukannya setelah sesi reguler. Ia menyewa pelatih pribadi yang menggemblengnya selama lima jam.

4. Diburu Inter Milan

Pada usia 15 tahun, Gvardiol sudah menarik perhatian sejumlah tim Eropa. Satu tim yang mengajukan penawaran pertama adalah Inter Milan. Namun, Gvardiol dan keluarganya memilih menolak tawaran tersebut karena dirasa terlalu cepat.

5. Menyukai Formula 1

Gvardiol tidak hanya menyukai sepak bola. Ia juga memiliki ketertarikan pada dunia Formula 1. Pembalap idola Gvardiol adalah Max Verstappen. Pada Juli 2022, Gvardiol terlihat menghadiri Austrian Grand Prix dan berfoto di depan pit Verstappen.

6. Benci Ikan

Gvardiol tidak terlalu suka dengan ikan. Hal itu tidak terlepas dari kesehariannya yang kerap menemani sang ayah berjualan ikan.

"Saya benci ikan. Bayangkan berusia 16 tahun dan hanya ada ikan untuk dimakan setiap hari di rumah. Saya ingin mencoba sesuatu yang lain," ujar Gvardiol.

7. Bek Termahal Kedua Dunia

Josko Gvardiol bergabung dengan jajaran bek elite dunia. Saat ini, ia menempati posisi kedua sebagai bek termahal dunia (77,6 juta pounds) di bawah sang pemuncak, Harry Maguire (80 juta pounds).

Profil Josko Gvardiol

Nama: Josko Gvardiol
Tempat dan tanggal lahir: Zagreb, 23 Januari 2002
Tinggi: 185 sentimeter
Posisi: Bek tengah
Jumlah Penampilan level Klub: 155 pertandingan (9 gol dan 7 assist)
Jumlah penampilan di timnas Kroasia: 21 pertandingan (2 gol)

Trivia Sepak Bola Manchester City Josko gvardiol
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.180

Bagikan