Prediksi Serie A 2023-2024: Jalan Terjal Napoli Pertahankan Gelar

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Kamis, 17 Agustus 2023
Prediksi Serie A 2023-2024: Jalan Terjal Napoli Pertahankan Gelar
Napoli (Twitter Serie A)

BolaSkor.com - Serie A 2023-2024 akan segera dimulai pada akhir pekan ini. Sang juara bertahan, Napoli, mulai misi mempertahankan trofi yang diraih musim lalu. Namun, melihat peta kekuatan musim ini, perjuangan Il Partenopei diyakini akan sulit.

Napoli tampil impresif pada musim lalu. Tim dari Naples itu mengoleksi 90 poin dengan hanya empat kali tumbang. Napoli unggul 16 poin dari Lazio yang ada di posisi kedua.

Pada musim ini, semua tim berupaya memperbaiki diri, terutama para raksasa, seperti Juventus, Inter Milan, dan AC Milan. Mereka siap saling sikut untuk menjadi yang terbaik.

Lantas, bagaimana peta persaingan pada musim ini? Berikut analisisnya:

Baca Juga:

Robin Gosens ke Union Berlin, Inter Milan Capai Kata Sepakat dengan Full-Back Monza

13 Tahun Berlalu, Marko Arnautovic Kembali ke Inter Milan

Sudah Tes Medis, Transfer Lazar Samardzic ke Inter Terancam Gagal

Kandidat Juara: Juventus, AC Milan, Inter Milan

Napoli tidak masuk dalam daftar kali ini karena beberapa alasan. Pertama, Il Partenopei kehilangan Luciano Spalletti yang menjadi aktor di balik keberhasilan memenangi Scudetto pada musim lalu.

Selain itu, pergerakan Napoli di bursa transfer juga tidak terlalu masif. Napoli justru kehilangan Kim Min-jae yang bergabung dengan Bayern Munchen.

Oleh karena itu, beberapa tim lainnya punya peluang besar menggeser Napoli sebagai yang terbaik di Italia. Pertama adalah Juventus.

Juventus tampil angin-anginan pada musim lalu. Tentunya, pemandangan tersebut pantang terjadi untuk tim sekaliber La Vecchia Signora.

Juve diyakini akan bangkit pada musim ini. Meskipun belum banyak bermanuver di jendela transfer, tetapi skuad Juventus masih menjadi satu di antara yang terbaik di Serie A.

Selain itu, jangan lupakan Massimiliano Allegri yang ada di belakang kemudi Juventus. Juve diyakini juga akan fokus mengejar trofi di Serie A untuk mengembalikan kejayaan.

AC Milan menjadi kandidat kedua untuk menjadi pemenang Serie A musim ini. Rossoneri punya sejumlah senjata baru untuk mencapai target.

Rossoneri semakin matang di bawah asuhan Stefano Pioli. Milan juga terlihat menguat setelah kehadiran beberapa pemain anyar. Meskipun, pada saat bersamaan Milan juga melego Sandro Tonali ke Newcastle United.

Milan fokus memperkuat sektor tengah dan depan. Christian Pulisic, Noah Okafor, Yunus Musah, Samuel Chukwueze, dan Ruben Loftus-Cheek adalah beberapa nama pemain baru yang siap membuktikan diri di Milan.

Kandidat pemenang selanjutnya adalah Inter Milan. Nerazzurri punya pelatih yang haus akan gelar Serie A dalam diri Simone Inzaghi.

Pergerakan Inter pada transfer musim ini terbilang efektif. Inter mendapatkan pemain yang memang diperlukan. Contohnya, pada lini kedua La Beneamanta memboyong pemain tim nasional Italia, Davide Frattesi. Sementara itu, Marcus Thuram dan Marko Arnautovic siap menjadi mesin gedor.

Dengan materi pemain yang sebelumnya sudah tersedia, Inzaghi punya ruang lebih untuk meramu tim. Apalagi, pada musim lalu Inter menjadi tim terkuat kedua di Eropa setelah menembus final Liga Champions.

Persaingan Empat Besar: Juventus, Milan, Inter, Napoli, Lazio, Atalanta, Roma

Selain kandidat juara, satu hal yang menarik untuk diperhatikan adalah perebutan posisi empat besar. Sebab, ada sejumlah klub lainnya yang berpotensi menjadi kuda hitam.

Sang juara bertahan, Napoli, tentunya menjadi pesaing pada posisi ini selain tiga klub di atas. Meski kehilangan sejumlah pilar, tetapi Napoli tetap menjadi satu di antara klub terbaik di Italia.

Pada musim ini, Napoli dipimpin Rudi Garcia. Pelatih 59 tahun itu punya pengalaman memimpin di Serie A karena sebelumnya pernah menukangi AS Roma.

Andai bisa menunjukkan performa konsiten seperti musim lalu, Napoli menjadi calon kuat tim yang lolos ke Liga Champions. Terlebih, menurut Transfermarkt saat ini Napoli adalah tim Serie A dengan nilai pemain termahal.

Dua tim asal ibu kota, Lazio dan AS Roma, juga bisa membuat kejutan. Apalagi, Lazio sudah membuktikannya pada musim lalu dengan menduduki posisi kedua.

Roma juga memiliki Jose Mourinho yang dikenal sebagai jago taktik. The Special One diyakini akan semakin matang membentuk Roma sesuai dengan keinginannya seiring waktu yang terus berlalu.

Klub terakhir adalah Atalanta. La Dea tetap menjadi satu di antara kuda hitam paling kuat di Serie A.

Keputusan menjual Rasmus Hojlund ke Manchester United membuat Atalanta memiliki dana besar untuk membeli pemain incaran. Apalagi, nilai transfer Hojlun mencapai 75 juta euro.

Sebagai pengganti Hojlund, Atalanta telah mendatangkan El Bilal Toure dan Gianluca Scamacca. Keduanya membuat Atalanta menghabiskan dana hingga 53 juta euro.

Selain itu, keberadaan Gian Piero Gasperini di belakang kemudi juga menjadi penting. Gasperini terkenal bisa membangun tim kuat dengan materi pemain yang tidak mentereng.

Kandidat Degradasi: Lecce, Cagliari, Frosinone

Berikutnya, kita akan beralih ke zona merah yang tidak kalah seru. Akan ada tiga tim yang akan turun kasta ke Serie B.

Tim pertama adalah Lecce. Penampilan Lecce yang tidak konsisten pada musim kemarin bisa menjadi satu di antara indikasi. Apalagi, Lecce juga tidak banyak melakukan perubahan untuk memperbaiki kualitas skuad.

Cagliari juga berpeluang angkat kaki dari Serie A. Terlebih, Cagliari berstatus tim promosi.

Saat ini, Cagliari dipimpin oleh pelatih berpengalaman, Claudio Ranieri. Namun, biasanya Ranieri akan kesulitan setelah mencapai targetnya. Hal itu terjadi saat Ranieri membawa Leicester City juara Premier League.

Tim terakhir yang diprakirakan akan gagal bertahan di Serie A adalah Frosinone. Canarini tidak memiliki banyak pemain yang punya pengalaman di Serie A.

Berstatus tim promosi, tentunya Frosinone berharap bisa bertahan. Akan tetapi, Frosinone tidak punya kekuatan keuangan yang mumpuni untuk membeli pemain yang dibutuhkan. Menilik materi pemain saat ini, Frosinone terlihat akan sulit bersaing dengan tim lainnya.

Serie a Napoli AC Milan Inter Milan Juventus
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.627

Bagikan