Prediksi LaLiga 2023-2024: Pertarungan Dua Raksasa Spanyol dalam Perebutan Titel Liga

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 10 Agustus 2023
 Prediksi LaLiga 2023-2024: Pertarungan Dua Raksasa Spanyol dalam Perebutan Titel Liga
Barcelona juara bertahan LaLiga (Twitter)

BolaSkor.com - LaLiga 2023-2024 akan dimulai bersamaan dengan Premier League. FC Barcelona, sebagai juara bertahan LaLiga, akan berusaha untuk mempertahankan trofi dari buruan tim-tim rival khususnya Real Madrid.

Terakhir kali Barcelona mempertahankan titel LaLiga dua kali beruntun terjadi pada 2018 dan 2019. Kala itu Blaugrana - julukan Barcelona - dilatih Ernesto Valverde dan masih memiliki megabintang asal Argentina, Lionel Messi.

Selayaknya klub-klub Eropa lainnya, 20 peserta LaLiga juga berbenah pada bursa transfer musim panas 2023 dalam upaya menambah kekuatan. Hal tersebut menjadikan persaingan liga kian sengit, terutamanya dalam perebutan empat besar.

Baca Juga:

Perincian Penawaran Al Hilal untuk Kylian Mbappe: Gaji Tidak Sampai 700 Juta Euro

5 Klub Alternatif untuk Kylian Mbappe jika Menolak Tawaran Al Hilal

Profil Singkat 3 Klub Promosi LaLiga 2023-2024

BolaSkor.com telah menyiapkan prediksi untuk LaLiga 2023-2024 mengenai tim yang akan bertarung merebutkan liga, empat besar, hingga tiga tim yang berpotensi degradasi.

Kandidat Juara: Barcelona, Real Madrid
Kuda Hitam: Atletico Madrid

Belum ada kejutan besar dalam perebutan titel LaLiga. Tim terakhir selain Barcelona dan Real Madrid yang memenanginya adalah Atletico Madrid, terjadi pada musim 2020-2021. Itu juga jadi titel pertama LaLiga Atletico setelah terakhir memenanginya pada 2014.

Tak ayal persaingan di kasta tertinggi sepak bola Spanyol masih akan direbutkan oleh dua raksasa, Real Madrid dan Barcelona. Dominasi keduanya masih sulit digeser tim-tim lain yang bahkan kesulitan untuk sekedar berjuang di zona Eropa.

Barcelona, juara bertahan, dilatih Xavi Hernandez dan di musim panas ini cenderung irit dalam membelanjakan pemain seiring kedatangan Ilkay Gundogan, Inigo Martinez, dan Oriol Romeu.

Memasuki musim keduanya melatih Barcelona, Xavi juga dihadapkan pada ujian besar dalam mempertahankan titel LaLiga serta meraih titel lainnya. Apalagi mereka kehilangan Ousmane Dembele yang berlabuh ke Paris Saint-Germain (PSG).

Sementara itu, Real Madrid akan mencoba untuk bangkit. Madrid akan jadi ancaman besar bagi Barcelona dalam perebutan titel LaLiga, meski faktanya Madrid juga kehilangan pemain andalan seperti Karim Benzema.

Tanpa Benzema permainan Madrid akan mengalami perubahan di bawah arahan Carlo Ancelotti. Selain itu, Los Blancos juga memiliki Jude Bellingham yang dapat jadi pembeda pertandingan jika ia dapat beradaptasi cepat dengan sepak bola Spanyol.

Madrid masih jadi unggulan karena meski tanpa Benzema, mereka masih punya pemain-pemain berpengalaman seperti Luka Modric, Toni Kroos, dan Dani Carvajal.

Sedangkan untuk Atletico, mereka akan jadi kuda hitam persaingan titel liga karena klub masih dilatih Diego Simeone, pelatih yang mempersembahkan dua titel LaLiga terakhir untuk Los Colchoneros.

Atletico juga masih memiliki Alvaro Morata, Antoine Griezmann, dan Joao Felix di lini depan. Dua nama yang disebut pertama cukup berpengalaman meraih trofi dan bisa jadi ancaman bagi tim-tim rival, ditambah klub merekrut Cesar Azpilicueta dan Caglar Soyuncu untuk menambah kekuatan di lini belakang.

Persaingan Empat Besar: Atletico Madrid, Real Sociedad, Real Betis, Sevilla

Setiap musimnya persaingan dalam merebutkan zona Liga Champions atau empat besar di LaLiga lebih sengit, seru ketimbang trofi liga. Pada area tersebut persaingan terbuka karena banyak klub-klub yang tidak diprediksi sebelumnya ikut bertarung.

Mengesampingkan dua tempat teratas yang sudah hampir pasti ditempati Barcelona dan Madrid, dua slot tersisa masih dapat diperebutkan oleh klub-klub seperti Atletico Madrid, Real Sociedad, Real Betis, dan Sevilla.

Valencia dan Villarreal juga dapat jadi kuda hitam dalam merebutkannya, tetapi menilik sepinya transfer kedua klub dan tidak ada perubahan signifikan, sulit melihat kedua tim itu bertarung di empat besar.

Sementara itu tim seperti Sociedad, Betis, dan Sevilla berbenah. Sociedad merekrut Hamari Traore dan Andre Silva, skuad bertambah dewasa dan klub masih dilatih oleh Imanol Alguacil.

Pun demikian Betis yang musim lalu finish di urutan enam klasemen. Klub dilatih peramu taktik sarat pengalaman, Manuel Pellegrini, dan mereka merekrut empat pemain gratis (free transfer): Alex Collado, Marc Bartra, Hector Bellerin, dan Ayoze Perez.

Sevilla, dengan Jose Luis Mendilibar, tidak dapat diremehkan setelah musim lalu jadi juara Liga Europa. Plus skuad tidak banyak berubah dan sejauh ini telah merekrut Loic Balde serta Djibril Sow.

Kandidat Degradasi: UD Almeria, Deportivo Alaves, Cadiz

Tiga tim promosi LaLiga di musim ini adalah Las Palmas, Granada, dan Deportivo Alaves. Klub yang disebut terakhir diprediksi hanya akan numpang lewat di LaLiga mengingat minimnya investasi pemain di bursa transfer.

Selain itu, Alaves musim lalu lolos dramatis melalui play-off dan dengan kedalaman skuad yang tidak kompetitif di LaLiga, tim besutan Luis Garcia dapat mengalami kesulitan besar sintas di liga.

Tim lainnya yang berpotensi degradasi adalah UD Almeria. Tim arahan Vicente Moreno musim lalu nyaris degradasi dan finish di urutan 17 klasemen. Sedangkan satu tim lainnya adalah Cadiz.

Berikut transfer-transfer yang sudah terjadi di 20 klub LaLiga 2023-2024 (sampai berita ini dibuat):

1. Athletic Bilbao
Pemain baru: Javier Marton, Inigo Ruiz de Galarreta

2. Atletico Madrid
Pemain baru: Javi Galan, Santiago Mourino, Cesar Azpilicueta, Caglar Soyuncu

3. Barcelona
Pemain baru: Oriol Romeu, Ilkay Gundogan, Inigo Martinez

4. Girona
Pemain baru: Artem Dovbyk, Yangel Herrera, Ivan Martin, Daley Blind, Paulo Gazzaniga, Pablo Torre, Savio

5. Osasuna
Pemain baru: Alejandro Catena, Jose Manuel Arnaiz, Johan Mojica

6. Real Betis
Pemain baru: Alex Collado, Marc Bartra, Hector Bellerin, Ayoze Perez, Chadi Riad, Marc Roca

7. Real Madrid
Pemain baru: Jude Bellingham, Arda Guler, Fran Garcia, Joselu

8. Real Sociedad
Pemain baru: Hamari Traore, Andre Silva

9. Sevilla
Pemain baru: Loic Bade, Djibril Sow, Adria Pedrosa

10. Villarreal
Pemain baru: Alexander Sorloth, Ramon Terrats, Santi Comesana, Ilias Akhomach, Denis Suarez, Ben Brereton Diaz, Matteo Gabbia

11. Granada
Pemain baru: Shon Weissman, Gonzalo Villar, Famara Diedhiou, Wilson Manafa, Gerard Gumbau, Jesus Vallejo

12. Las Palmas
Pemain baru: Sandro Ramirez, Aaron Escandell, Daley Sinkgraven, Munir El Haddadi, Javi Munoz, Cristian Herrera, Julian Araujo

13. Rayo Vallecano
Pemain baru: Florian Lejeune, Alfonso Espino, Aridane Hernandez

14. Mallorca
Pemain baru: Cyle Larin, Siebe van der Heyden, Manu Morlanes, Omar Mascarell, Toni Lato

15. Getafe
Pemain baru: Omar Alderete, Gaston Alvarez, Portu, Sergi Altimira, Choco Lozano, Jose Angel Carmona, Daniel Fuzato

16. Valencia
Pemain baru: Cenk Ozkacar, Pepelu

17. Almeria
Pemain baru: Luis Suarez, Dion Lopy, Sergio Arribas, Marc Pubill, Edgar Gonzalez

18. Celta Vigo
Pemain baru: Carles Perez, Carlos Dotor, Jonathan Bamba, Manu Sanchez, Carl Starfelt

19. Cadiz
Pemain baru: Gonzalo Escalante, Sergi Guardiola, Jorge Mere, Lucas Pires, Darwin Machis, Javi Hernandez

20. Deportivo Alaves
Pemain baru: Antonio Blanco, Ander Guevara, Nikola Maras, Rafa Marin, Giuliano Simeone

Trivia Sepak Bola LaLiga Real Madrid Barcelona FC Barcelona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.335

Bagikan