Profil Singkat 3 Klub Promosi LaLiga 2023-2024

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Rabu, 09 Agustus 2023
Profil Singkat 3 Klub Promosi LaLiga 2023-2024
Klub prmosi LaLiga 2023-2024 (LaLiga)

BolaSkor.com - LaLiga 2023-2024 akan segera dimulai pada akhir pekan ini. Terdapat tiga klub promosi yang siap berjuang untuk setidaknya bertahan di kompetisi nomor satu Spanyol tersebut. Berikut ini adalah profil singkat ketiga tim tersebut.

Selain Barcelona yang menjadi juara, LaLiga musim lalu juga mendapatkan tiga klub yang turun kasta. Real Valladolid, Espanyol, dan Elche harus degradasi setelah menempati tiga posisi terbawah.

Sebagai gantinya, ada tiga klub yang promosi dari Segunda Division. Ketiganya tentu tidak ingin hanya menjadi pelengkap dan kemudian kembali merasakan degradasi di akhir kompetisi.

Untuk lebih mengenal ketiga tim promosi itu, BolaSkor telah membuat profil singkat dari masing-masing klub seperti di bawah ini:

Granada

Stadion: Stadion Nuevo Los Cármenes
Pelatih: Paco López
Kapten: Víctor Díaz
Julukan: Nazaries

Granada menyegel satu tempat di LaLiga musim ini setelah menjadi juara Divisi Segunda. Granada menyelesaikan kompetisi dengan meraih 75 poin dari 42 pertandingan. Myrto Uzun tampil moncer dengan menjadi top skorer setelah mengemas 23 gol.

Keberhasilan kali ini sekaligus menjadi kesempatan berikutnya setelah gagal pada musim 2021-2022. Tentunya, Granada ingin setidaknya mengulangi catatan pernah menduduki posisi kesembilan klasemen akhir LaLiga.

Granada melakukan beberapa transfer untuk bertahan di LaLiga. Dua di antaranya adalah mendatangkan bek Real Madrid, Jesus Vallejo, dan penggawa Roma, Gonzalo Villar.

Dibanding kedua tim promosi lainnya, Granada terlihat memiliki skuad yang lebih mewah. Selain itu, pada uji coba pramusim, Granada juga hanya satu kali menelan kekalahan.

Las Palmas

Stadion: Estadio de Gran Canaria
Pelatih: Francisco Javier García Pimienta
Kapten: Jonathan Viera
Julukan: Los Amarillos

Las Palmas akhirnya berhasil naik kasta kembali ke LaLiga. Perjuangan diraih dengan tidak mudah dan memakan waktu bertahun-tahun. Terakhir kali Los Amarillos tampil di panggung tertinggi adalah pada lima tahun lalu.

Kepastian Las Palmas menembus LaLiga 2023-2024 diraih pada pertandingan pemungkas. Hasil imbang kontra Alaves membawa Las Palmas menempati posisi kedua klasemen akhir Segunda Division.

Sejatinya, poin yang diraih Las Palmas sama dengan peringkat ketiga, Levante. Meski sama-sama menuai 72 angka, tetapi Las Palmas unggul head to head.

Untuk berjuang di LaLiga musim ini, Las Palmas masih dikomandoi Francisco Javier García Pimienta. Las Palmas juga diperkuat sejumlah pemain berpengalaman, seperti Munir El Haddadi yang pernah memperkuat Valencia dan Barcelona.

Las Palmas juga diperkuat pemain muda berbakat, Alberto Moleiro. Penyerang 19 tahun tersebut merupakan bagian dari tim Spanyol U-21.

Deportivo Alaves

Stadion: Mendizorroza
Pelatih: Luis García
Kapten: Luis Rioja
Julukan: Babazorros

Deportivo Alaves menjadi klub terakhir yang promosi ke LaLiga 2023-2024. Perjalanan meraih tiket naik kasta dilalui dengan tidak mudah karena harus lewat babak play-off.

Alaves hanya menempati posisi keempat klasemen akhir Segunda. Dengan begitu, Babazorros harus melalui babak play-off untuk menembus LaLiga.

Pada babak semifinal, Alaves bersua Eibar. Setelah bermain 1-1 pada leg pertama, Alaves unggul 2-0 pada pertemuan kedua. Luis Rioja dan kawan-kawan pun melaju ke final untuk menghadapi Levante.

Momen magis terjadi untuk Alaves pada laga puncak. Awalnya, Alaves ditahan 0-0 oleh Levante di Mendizorroza. Tak pelak, peluang menipis karena tampil sebagai tim tamu pada leg kedua.

Namun, mental pemenang Alaves berbicara. Alaves mencetak gol semata wayang pada waktu babak tambahan (120+9') melalui tendangan penalti Asier Villalibre. Skor 1-0 sudah cukup membawa Alaves kembali ke LaLiga.

Trivia Sepak Bola Deportivo Alaves Las Palmas Granada LaLiga
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.546

Bagikan