Potensi Dampak dan Hukuman kepada Paul Pogba jika Terbukti Gunakan Doping

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 12 September 2023
Potensi Dampak dan Hukuman kepada Paul Pogba jika Terbukti Gunakan Doping
Paul Pogba (Twitter)

BolaSkor.com - Gelandang Juventus, Paul Pogba, tengah menjadi pemberitaan panas saat ini menyusul kabar ia menggunakan doping. Pemain asal Prancis itu gagal saat melakukan tes doping dan Il Bianconeri mengambil sikap kepadanya.

Pogba, 30 tahun, dilarang mengikuti aktivitas sepak bola oleh Juventus sampai ada kejelasan mengenai kasus doping sang pemain. Pasalnya, Juventus sudah menerima pesan dari Pengadilan Anti-Doping Nasional soal Pogba.

"Juventus Football Club mengumumkan bahwa hari ini, 11 September 2023, pesepak bola Paul Labile Pogba menerima perintah skorsing pencegahan dari Pengadilan Anti-Doping Nasional menyusul hasil tes yang dilakukan pada 20 Agustus 2023," demikian pernyataan dari Juventus.

Pogba terbukti positif kala melakukan tes doping tetapi penyelidikan masih berlangsung. Mattia Grassani, selaku pakar Keadilan Olahraga, turut berbicara mengenai situasi Pogba saat ini.

Baca Juga:

Ditahan Imbang Bologna, Juventus Gagal Jaga Momentum Kemenangan

Paul Pogba Tersandung Kasus Doping

Respons Juventus Usai Paul Pogba Gagal Lolos Tes Doping

"Kita berada dalam fase embrio, setiap jam dapat mengubah skenario. Yang pasti, keberadaan jejak testosteron dalam urin pada sampel pertama merupakan sesuatu yang mengkhawatirkan dan harus segera dijelaskan," tutur Grassani dikutip dari Football-Italia.

"Pemain tersebut telah diskors sebagai tindakan pencegahan, namun faktanya bahwa sepak bola papan atas harus membuat kita berhenti sejenak untuk berpikir. Belum ada pemain top yang positif menggunakan zat ini selama bertahun-tahun."

Lantas, apa dampak dan potensi hukuman yang dapat diterima Pogba jika ia benar terbukti bersalah menggunakan doping? Grassani menilai dampak larangan bertandingnya akan berlangsung dalam jangka panjang.

"Sulit untuk mengatakan hukuman apa yang akan dijatuhkan, namun jika hasil positif dipastikan tanpa adanya kesengajaan, larangan tersebut bisa mencapai hampir empat tahun (dilarang beraktivitas di dunia sepak bola)," tambah Grassani.

"Gambarannya sangat mengkhawatirkan, serius, yang pasti sekarang dengan skorsing tersebut bola akan berpindah ke Juventus, yang mungkin sudah menskors Pogba dari aktivitas dan membayar. Alternatifnya adalah mereka bisa menunggu penyelesaian persidangan, yang akan berlangsung sangat cepat."

"Pada akhirnya, mereka akan dapat memutuskan apakah akan mempertahankan kontrak dengan orang Prancis itu atau mengakhirinya dan untuk melindungi pemegang saham, mereka dapat meminta ganti rugi, yang bersifat teknis, patrimonial, dan citra," urai Grassani.

Paul Pogba Juventus
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.179

Bagikan