Polemik Hukuman Everton dan Keberanian Memberikan Sanksi untuk Manchester City

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Sabtu, 18 November 2023
Polemik Hukuman Everton dan Keberanian Memberikan Sanksi untuk Manchester City
Everton (Twitter Everton)

BolaSkor.com - Everton mendapatkan hukuman pengurangan 10 poin atas satu kesalahan soal Financial Fair Play. Lantas, apa jadinya dengan Manchester City yang didakwa EPL atas 115 kasus keuangan?

Teka-teki hukuman yang diterima Everton akhirnya terjawab. The Toffees mendapatkan pengurangan 10 poin pada musim ini karena melanggar ketentuan FFP. Pada musim 2021-2022, ketika klub Premier League hanya boleh merugi minimal 105 juta pounds, Everton mencatatkan hingga 124,5 juta pounds.

Everton yang tidak terima dengan hukuman itu pun mengajukan banding. Mereka merasa ada kejanggalan di balik sanksi yang diberikan.

Baca Juga:

Ketika Aaron Ramsdale Tak Lagi Tersenyum di Arsenal

Arsenal Tumbang di Markas Newcastle, Mikel Arteta Semprot Kinerja Wasit

Tak Punya Pemain Berkarakter Kuat, Sulit bagi Arsenal Menangi Premier League

"Proses banding akan dimulai dan kaus klub akan disidangkan oleh dewan banding yang ditunjuk berdasarkan aturan Premier League," ungkap Everton dalam pernyataan resminya.

"Betapa keras dan beratnya hukuman yang dijatuhkan oleh komisi tidak mencerminkan bukti yang adil dan masuk akal," sambung tim yang berkandang di Goodison Park itu.

Pengurangan 10 poin pun langsung memberikan dampak pada klasemen sementara. Kini, Everton merosot dari posisi ke-14 menuju peringkat ke-19. Poin Everton berkurang dari 14 menjadi hanya empat.

Hukuman yang didapat Everton itu pun mengundang polemik. Tidak sedikit yang menganggap jika EPL berlebihan.

"Saya merasa hukuman itu berlebihan. Kita cuma membahas sekitar 20 juta ponds. Itu angka yang cukup kecil mengingat besarnya biaya transfer di Premier League saat ini," kata mantan pemain Liverpool, Jamie Carragher.

Carragher meyakini ada hukuman lain yang lebih bijak. Contohnya adalah larangan transfer.

"Menurut saya, pengurangan poin adalah hukuman yang sangat berat. Hukuman seperti itu seharusnya jadi pilihan terakhir," papar Carragher.

Apa yang dialami Everton pun menimbulkan pertanyaan lain. Sebab, Manchester City mendapatkan 115 dakwaan atas pelanggaran keuangan yang terjadi pada 2009 hingga 2018.

Saat ini, kasus tersebut masih dalam tahap penyelidikan. Menarik ditunggu apakah Man City akan dinyatakan bersalah dan hukuman apa yang dijatuhkan mengingat banyaknya dakwaan.

Apalagi, muncul narasi Manchester City tidak bisa tersentuh karena memiliki banyak uang. Selain itu, apakah EPL berani memberikan sanksi berat untuk The Citizens yang menjadi tim terbaik Inggris dalam beberapa tahun terakhir dan banyak dihuni pemain-pemain bintang? Sebab, kehilangan Man City tentu akan berdampak kepada daya tarik sepak bola Inggris.

Everton Breaking News Manchester City Premier League
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.704

Bagikan