Kualifikasi Piala Dunia 2026

Philippe Troussier, Dua Kali Dipecat Gara-gara Timnas Indonesia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 27 Maret 2024
Philippe Troussier, Dua Kali Dipecat Gara-gara Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam 3-0, pada laga keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di My Dinh Stadium, Hanoi, Selasa (26/3) malam WIB. Tiga gol Skuad Garuda dilesakkan oleh Jay Idzes (8'), Ragnar Oratmangoen (23'), dan Ramadhan Sananta (90+8').

Ini kekalahan keempat beruntun Philippe Troussier dari Timnas Indonesia. Sebelumnya, ia gagal membawa Vietnam menang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3), setelah kalah 0-1 dari Timnas Indonesia.

Baca Juga:

Vietnam Dibantai Timnas Indonesia di Hanoi, Philippe Troussier Dipecat

Timnas Indonesia Akhiri Rekor Buruk 20 Tahun di Kandang Vietnam, Shin Tae-yong Buktikan Janjinya

Timnas Indonesia Bungkam Vietnam 3-0 di Hanoi, Ini Kata Erick Thohir

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Lalu, ia gagal membawa Qatar menang, setelah kalah 1-2 dari Timnas Indonesia di fase grup Piala Asia 2004. Kemudian, kalah 2-3 dari Timnas Indonesia U-23 asuhan Indra Sjafri di ajang SEA Games 2023 Kamboja.

Setelah pertandingan melawan Timnas Indonesia (0-3), Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), akhirnya resmi memecat Philippe Troussier sebagai pelatih timnas Vietnam.

"Segera setelah pertandingan kedua antara Vietnam melawan Indonesia, pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 Zona Asia, Federasi Sepak Bola Vietnam dan Philippe Troussier bertemu dan membahas proses kerja sebagai pelatih kepala timnas Vietnam dan Vietnam U-23."

"Dalam pertemuan tersebut, Federasi Sepak Bola Vietnam dan pelatih kepala tim nasional Vietnam, Mr. Philippe Troussier mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak mulai 26 Maret 2024," demikian keterangan yang dituangkan Federasi Sepak Bola Vietnam, VFF, melalui situs resmi mereka.

Dua Kali Dipecat Gara-gara Timnas Indonesia

Pelatih timnas Vietnam, Philippe Troussier. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

Ini kedua kalinya, Philippe Troussier harus dipecat sebagai pelatih kepala, setelah kalah dari Timnas Indonesia.

Sebelumnya, pria berkebangsaan Prancis itu pernah dipecat dari kursi pelatih Qatar pada Piala Asia 2004, setelah kalah dari Timnas Indonesia.

Philippe Troussier menangani Qatar ketika itu yang segrup dengan tuan rumah China, Indonesia, dan Bahrain. Pada pertandingan pertama melawan Timnas Indonesia, Philippe Troussier bersama Qatar kalah 1-2.

Dua gol Timnas Indonesia dicetak Budi Sudarsono (26’) dan Ponaryo Astaman (48’), Qatar hanya mampu memberi perlawanan lewat gol Magid Mohammed (83’).

Selanjutnya, Qatar asuhan Troussier tidak pernah menang selama fase grup Piala Asia 2004, usai ditahan imbang 1-1 oleh Bahrain, dan ditekuk China 0-1.

Alhasil, Qatar menghuni posisi dasar klasemen Grup A dengan hanya mengoleksi satu poin.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Timnas Indonesia Vietnam Timnas vietnam Philippe Troussier Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.022

Bagikan