Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia Akhiri Rekor Buruk 20 Tahun di Kandang Vietnam, Shin Tae-yong Buktikan Janjinya

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 27 Maret 2024
Timnas Indonesia Akhiri Rekor Buruk 20 Tahun di Kandang Vietnam, Shin Tae-yong Buktikan Janjinya
Aksi Witan Sulaeman saat Timnas Indonesia menghadapi Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3). (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, senang bisa mengakhiri rekor buruk di kandang Vietnam yang bertahan 20 tahun.

Ini setelah Skuad Garuda menang telak 3-0 atas Vietnam pada matchday 4 Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3).

Tiga gol kemenangan Timnas Indonesia berasal dari tandukan Jay Idzes pada menit sembilan, sepakan Ragnar Oratmangoen (23') dan sontekan Ramadhan Sananta (90+6').

Melalui hasil ini, Shin Tae-yong berhasil membuktikan janjinya. Saat sesi jumpa pers satu hari sebelum pertandingan, pelatih asal Korea Selatan itu bertekad untuk menyudahi rekor buruk Timnas Indonesia di kandang Vietnam.

Tim Merah-Putih terakhir kali meraih kemenangan atas The Golden Star Warriors terjadi di Piala AFF 2004. Yang artinya, sudah 20 tahun yang lalu.

"Seperti apa yang dibicarakan pada interview sebelumnya, saya sudah menyinggung bahwa rekor buruk ini akan diubah dan terbukti sekarang rekornya terpecahkan," kata Shin Tae-yong usai pertandingan.

Baca Juga:

Timnas Indonesia Permalukan Vietnam di Hanoi, Rekor 20 Tahun Terpecahkan

Jay Idzes dan Ragnar Oratmangoen Cetak Gol, Timnas Indonesia Permalukan Vietnam

Lebih lanjut, Shin Tae-yong merasa kemenangan Timnas Indonesia ada sedikit faktor keberuntungan. Menurut dia, kondisi internal Vietnam tengah bergejolak karena adanya tuntutan terhadap pelatih kepala mereka, Philippe Troussier, untuk meletakkan jabatannya.

Pada akhirnya, pasca menelan kekalahan dari Timnas Indonesia, pelatih asal Perancis tersebut dipecat oleh Federasi Sepak Bola Vietnam, VFF. Ini jadi kali kedua Troussier kehilangan jabatan usai tim asuhannya takluk dari Timnas Indonesia.

Pada 2004, Troussier yang menukangi Qatar langsung dipecat setelah tim asuhannya itu kalah 1-2 dari Timnas Indonesia di ajang Piala Asia.

"Bagi Vietnam, mungkin ini menjadi pertandingan yang lebih sulit karena situasi yang sedang terjadi di negara mereka. Kami juga mendapat keberuntungan pada hari ini dan para pemain juga bekerja keras dan tampil baik," ucap pelatih berusia 53 tahun itu.

Berkat kemenangan ini Timnas Indonesia semakin kukuh di peringkat dua klasemen sementara Grup F dengan tujuh poin dari empat pertandingan. Asnawi Mangkualam Bahar dan kawan-kawan hanya butuh satu kemenangan lagi untuk menyegel satu tempat di putaran ketiga.

Adapun dua laga berikutnya Timnas Indonesia adalah menghadapi Irak (6/6) dan Filipina (11/6). Di dua pertandingan tersebut Indonesia bertindak sebagai tuan rumah.

Timnas Indonesia Timnas vietnam Shin Tae-yong Kualifikasi Piala Dunia 2026 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.483

Bagikan