Kualifikasi Piala Dunia 2026

Vietnam Dibantai Timnas Indonesia di Hanoi, Philippe Troussier Dipecat

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 27 Maret 2024
Vietnam Dibantai Timnas Indonesia di Hanoi, Philippe Troussier Dipecat
Pelatih timnas Vietnam, Philippe Troussier. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), akhirnya resmi memecat Philippe Troussier sebagai pelatih timnas Vietnam. Ini setelah The Golden Stars kalah 0-3 dari Timnas Indonesia di kandang.

Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam 3-0, pada laga keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di My Dinh Stadium, Hanoi, Selasa (26/3) malam WIB. Tiga gol Skuad Garuda dilesakkan oleh Jay Idzes (8'), Ragnar Oratmangoen (23'), dan Ramadhan Sananta (90+8').

"Segera setelah pertandingan kedua antara Vietnam melawan Indonesia, pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 Zona Asia, Federasi Sepak Bola Vietnam dan Philippe Troussier bertemu dan membahas proses kerja sebagai pelatih kepala timnas Vietnam dan Vietnam U-23."

"Dalam pertemuan tersebut, Federasi Sepak Bola Vietnam dan pelatih kepala tim nasional Vietnam, Mr. Philippe Troussier mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak mulai 26 Maret 2024," demikian keterangan yang dituangkan Federasi Sepak Bola Vietnam, VFF, melalui situs resmi mereka.

Baca Juga:

Timnas Indonesia Bungkam Vietnam 3-0 di Hanoi, Ini Kata Erick Thohir

Timnas Indonesia Permalukan Vietnam di Hanoi, Rekor 20 Tahun Terpecahkan

Timnas Indonesia Akhiri Rekor Buruk 20 Tahun di Kandang Vietnam, Shin Tae-yong Buktikan Janjinya

Dua Kali Dipecat Gara-gara Timnas Indonesia

Ini kedua kalinya, Philippe Troussier harus dipecat sebagai pelatih kepala, setelah kalah dari Timnas Indonesia.

Sebelumnya, pria berkebangsaan Prancis itu pernah dipecat dari kursi pelatih Qatar pada Piala Asia 2004, setelah kalah dari Timnas Indonesia.

Philippe Troussier menangani Qatar ketika itu yang segrup dengan tuan rumah China, Indonesia, dan Bahrain. Pada pertandingan pertama melawan Timnas Indonesia, Philippe Troussier bersama Qatar kalah 1-2.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Dua gol Timnas Indonesia dicetak Budi Sudarsono (26’) dan Ponaryo Astaman (48’), Qatar hanya mampu memberi perlawanan lewat gol Magid Mohammed (83’).

Selanjutnya, Qatar asuhan Troussier tidak pernah menang selama fase grup Piala Asia 2004. The Maroons ditahan imbang 1-1 oleh Bahrain, dan ditekuk China 0-1.

Alhasil, Qatar menghuni posisi dasar klasemen Grup A dengan hanya mengoleksi satu poin. Timnas Indonesia sendiri finis di posisi ketiga dengan perolehan tiga poin.

Bagi Timnas Indonesia, kemenangan atas Qatar asuhan Troussier merupakan kemenangan perdana Timnas Indonesia di pentas Asia. Setelah itu, Philippe Troussier dipecat dari kursi pelatih Qatar.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Kekalahan Kelima

Kekalahan 0-3 dari Timnas Indonesia, merupakan kekalahan kelima Philippe Troussier sebagai pelatih dari Skuad Garuda.

Sebelumnya, ia gagal membawa Vietnam menang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3), setelah kalah 0-1 dari Timnas Indonesia.

Di Piala Asia 2023, Vietnam asuhannya kalah 0-1 dari Timnas Indonesia. Sebelum itu, Philippe Troussier gagal membawa Vietnam menang saat menghadapi Timnas Indonesia U-23 (2-3) asuhan Indra Sjafri di SEA Games 2023.

Jauh sebelum itu, tentu saja kekalahan Qatar 1-2 dari Timnas Indonesia di Piala Asia 2004.

Philippe Troussier Timnas Indonesia Vietnam Timnas vietnam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.169

Bagikan