Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia Bungkam Vietnam 3-0 di Hanoi, Ini Kata Erick Thohir

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 26 Maret 2024
Timnas Indonesia Bungkam Vietnam 3-0 di Hanoi, Ini Kata Erick Thohir
Aksi Marselino Ferdinan melawan Vietnam. (PSSI)

BolaSkor.com - Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir, bangga dengan perjuangan Timnas Indonesia bisa mengalahkan Vietnam di kandang lawan.

Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam 3-0, pada laga keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di My Dinh Stadium, Hanoi, Selasa (26/3) malam WIB. Tiga gol Skuad Garuda dilesakkan oleh Jay Idzes (8'), Ragnar Oratmangoen (23'), dan Ramadhan Sananta (90+8').

"Alhamdulillah kita berhasil meraih tiga poin di kandang Vietnam. Mental dan ketenangan para pemain tentu patut mendapatkan apresiasi," ujar Erick Thohir, Selasa (26/3).

Baca Juga:

Timnas Indonesia Permalukan Vietnam di Hanoi, Rekor 20 Tahun Terpecahkan

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026: Jay Idzes dan Ragnar Oratmangoen Cetak Gol, Timnas Indonesia Permalukan Vietnam

Erick Thohir menyampaikan kemenangan ini bukan sekadar tiga poin semata. Ia menilai hal ini merupakan kemenangan bersejarah.

Kemenangan ini terasa spesial bagi Timnas Indonesia. Kemenangan pertama Timnas Indonesia atas Vietnam di Hanoi selama 20 tahun terakhir.

Terakhir kali, Skuad Garuda menang atas Vietnam di Hanoi pada 20 tahun lalu. Tepatnya pada gelaran Piala Tiger (AFF) 2004, di mana saat itu Timnas Indonesia menang dengan skor 3-0 atas tuan rumah Vietnam. Tiga gol dilesakkan oleh Mauly Lessy, Boaz Solossa, dan Ilham Jayakesuma.

"Terakhir kita menang di Vietnam itu saat Piala AFF yang namanya masih Piala Tiger pada 2004. Ini menjadi bukti perubahan baik dari sisi kualitas dan mental bertanding yang mengalami peningkatan signfikan," ucap Erick Thohir.

“Kita tetap fokus untuk menghadapi dua pertandingan selanjutnya di bulan Juni untuk lolos ke babak berikutnya,” tambahnya.

Kemenangan ini pun membuat peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, semakin lebar.

Skuad Garuda makin kokoh di posisi kedua klasemen sementara dengan raihan 7 poin dari 4 laga. Selisih lima angka dari Irak di puncak klasemen, usai membungkam Filipina 5-0.

Vietnam di posisi ketiga dengan 3 poin dari 4 laga. Filipina di dasar klasemen dengan 1 poin dari 4 laga.

Juara dan runner-up grup dari babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, berhak melaju ke babak ketiga. Nantinya, di babak ketiga, juara dan runner-up langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.

Selanjutnya, Timnas Indonesia bakal menjamu Irak dan Filipina di Jakarta pada bulan Juni 2024 mendatang.

"Masih ada dua laga terakhir, laga hidup mati untuk kita bisa lolos. Tetap fokus untuk kembali meraih hasil terbaik di dua laga berikutnya," ucap Erick Thohir.

Timnas Indonesia Vietnam Timnas vietnam Erick thohir Pssi Kualifikasi Piala Dunia 2026 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.170

Bagikan