Pesan Virgil van Dijk untuk Pemuda Liverpool agar Kelak Tidak Menghilang

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 01 Maret 2024
Pesan Virgil van Dijk untuk Pemuda Liverpool agar Kelak Tidak Menghilang
Skuad muda Liverpool (Twitter)

BolaSkor.com - Cerita mengenai pemain muda berbakat yang digadang-gadang punya masa depan cerah, lalu di kemudian hari 'menghilang' bukan hal baru dalam dunia sepak bola. Situasi saat ini belum tentu sama dengan masa depan.

Tak ayal bagi pemain-pemain muda berbakat di dunia, perjalanan mereka masih panjang jika di usia muda sudah dapat banyak sorotan karena talenta yang dimilikinya.

Pun demikian kekhawatiran yang sama terjadi pada anak-anak muda Liverpool yang belakangan ramai diperbincangkan. Jurgen Klopp menurunkan produk akademi dalam dua laga beruntun di final Piala Liga dan Piala FA.

Mereka di antaranya seperti Jayden Danns, Lewis Koumas, Bobby Clark, Conor Bradley, James McConnell, dan Jarell Quansah. Klopp memainkan mereka karena mereka dinilai sudah siap bermain di tim utama.

Baca Juga:

Menilik 7 Bintang Muda yang Menjadi Warisan Jurgen Klopp di Liverpool

Mengenal Jayden Danns, Penyerang Muda Liverpool yang Ogah Hitung Gol

Hasil Undian Perempat Final Piala FA: Manchester United Jumpa Liverpool, Juara Bertahan Ditantang Newcastle

Selain itu, Liverpool memainkan jadwal padat dan skuad dirundung badai cedera pemain. Melihat dari dua laga tersebut, masa depan Liverpool cerah meski di akhir musim nanti ditinggal Klopp. Kendati demikian tidak ada yang tahu masa depan.

Bek sekaligus kapten Liverpool, Virgil van Dijk, coba memberikan wejangan kepada pemuda timnya agar di kemudian hari tidak menghilang.

"Bahkan belajar dari tim utama sangatlah besar dan Anda harus menyerap semuanya dan jangan terbawa suasana," ucap Van Dijk berpesan kepada pemain muda Liverpool, dilansir dari Mirror.

"Dalam karier saya, saya telah melihat pemain yang melakukan debut setelah naik pangkat dan kemudian menghilang. Bagi mereka ini adalah tentang menerima semuanya, dan terus bekerja, dan saya yakin mereka akan melakukannya karena mereka berada di klub yang luar biasa untuk melakukan hal itu."

"Mereka harus terus berkembang, terus bekerja; tetap rendah hati adalah hal yang sangat penting tetapi kami memiliki budaya yang hebat dan saya pasti salah satu dari orang-orang yang memastikan mereka terus melakukan hal itu," tambah Van Dijk.

Van Dijk juga mengingatkan sepak bola tak segalanya berjalan dengan baik: ada momen baik dan juga buruk. Ketika momen buruk itu tiba, para pemain muda harus belajar darinya dan bekerja keras untuk bangkit.

"Ketika kami membutuhkan mereka, mereka harus ada di sana dan tidak merasakan tekanan, mereka harus tampil dan hanya menunjukkan kualitas mereka, dan mereka akan mengalami momen-momen sulit dan akan kesulitan serta melakukan kesalahan, dan ini tergantung bagaimana Anda menghadapinya dan mereka sedang melakukan hal yang luar biasa," tambah Van Dijk.

"Jayden mencetak dua gol, Koumas mencetak gol, Trey yang berusia 16 tahun masuk, Quansah bermain luar biasa lagi, Conor melakukannya dengan baik. Ini adalah malam yang luar biasa jika Anda menjadi bagian dari proses dari sisi akademi."

"Mereka pastinya harus merasa lapar agar bisa menginginkan lebih, namun hal ini dimulai dari balik layar dalam hal tetap sabar dan rendah hati," pungkas pemain asal Belanda tersebut.

Liverpool Premier League Virgil van Dijk
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan