Mengenal Jayden Danns, Penyerang Muda Liverpool yang Ogah Hitung Gol

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 29 Februari 2024
Mengenal Jayden Danns, Penyerang Muda Liverpool yang Ogah Hitung Gol
Jayden Danns (twitter/lfc)


BolaSkor.com - Seorang bocah terlihat ceria dan penuh semangat masuk ke dalam lapangan usai laga Bolton Wanderers. Sang bocah yang baru saja masuk ke Akademi Sepak Bola Liverpool itu terlihat menemani ayahnya yang baru dia saksikan bermain.

Selang sepuluh tahun kemudian, sang bocah melakukan debutnya di Premier League dan mencetak dua gol di 16 besar Piala FA. Ya, bocah tersebut adalah Jayden Danns.

Jayden memang sejak kecil sudah akrab dengan lingkungan sepak bola profesional. Ayahnya, Neil, adalah mantan pesepak bola profesional selama dua dekade bersama Crystal Palace, Birmingham City, Leicester City dan sejumlah klub mapan lainnya. Dia sekarang menjadi asisten manajer di Tranmere Rovers.

Baca Juga:

Menilik 7 Bintang Muda yang Menjadi Warisan Jurgen Klopp di Liverpool

Hasil Piala FA: Chelsea, Liverpool, dan Manchester United Melaju ke Perempat Final

Hasil Undian Perempat Final Piala FA: Manchester United Jumpa Liverpool, Juara Bertahan Ditantang Newcastle

Keluarga memang sangat berperan bagi Jayden, terutama saat mengawali perjalanan kariernya. Karena itu Jayden tak lupa berterima kasih kepada keluarganya atas segala bantuan dan bimbingan selama ini.

“Jika saya tidak memiliki dia, akan ada saat-saat di mana saya tidak ingin berlatih dan hal itu tidak terlintas di kepala saya,” kata Danns baru-baru ini tentang ayahnya.

"Ibu saya membantu dengan pola makan. Saya benar-benar berutang seumur hidup, saya berutang nyawa pada mereka."

Meskipun kini menjadi pemain Liverpool, segalanya bisa saja berbeda. Jayden kecil sudah dilihat sebagai talenta berbakat oleh banyak pemandu bakat. Everton dan Manchester United adalah dua klub yang mengejarnya.

“Dia bermain futsal di Edge Hill Tennis Center dan Everton adalah tim pertama yang mendekati kami tentang dia,” kenang Neil.

“Minggu berikutnya Liverpool mendekati kami. Saya tahu Everton tidak senang mendengar ini. Ini seperti pertarungan kecil."

"Kami membawanya ke Everton, Liverpool, dan Manchester United sehingga dia bisa menghargai gaya yang berbeda, tapi kami selalu tahu akan pergi ke Liverpool," ujar Neil.

“Seluruh keluarga mendukung Liverpool jadi kami selalu tahu itu."

Saat ini Jayden Danns sedang tampil cemerlang di bersama tim Akademi Liverpool musim ini. Tapi jangan beri tahu dia berapa banyak gol yang dia cetak.

“Saya orang yang percaya takhayul,” kata sang striker di laman resmi klub. “Saya punya takhayul bahwa begitu saya mulai menghitung gol, gol itu akan berhenti. Saya belum menghitungnya dan mudah-mudahan gol itu terus berdatangan."

Takhayul membawa kesuksesan bagi pemain berusia 18 tahun itu ketika bermain untuk The Reds U-18 dan U-21 pada 2023-24.

Namun, perjalanan Jayden tidak selalu mulus. Dia sempat absen selama sekitar delapan bulan di level U-16, karena menderita penyakit Osgood-Schlatter, yang menyebabkan nyeri di lutut pada remaja yang sedang tumbuh.

"Dalam waktu sesingkat itu, saya pikir tinggi saya berubah cepat. Saya absen selama delapan bulan karena Osgood dan itu adalah saat yang sulit bagi saya," ujar Jayden.

Perjalanan Danns bersama Liverpool dimulai di level U-7 ketika dibina untuk bermain futsal lokal. Teknik dari masa itu masih ada dalam persenjataan Jayden.

Tidak heran jika Jayden kerap disamakan dengan penyerang Liverpool yang memiliki skill teknik bagus, Roberto Firmino.

“Ketika masih muda, saya sering dibandingkan dengan Firmino,” kata Danns. “Dulu saya seperti pemain nomor 9 setengah, di mana saya masih pemain nomor 9 tapi saya suka turun ke tengah."

Kerja keras Jayden sudah terlihat hasilnya. Debut di Premier League dan menyumbang dua gol di babak 16 besar Piala FA.

“Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan,” katanya. “Saya telah mendukung klub ini sejak lahir. Bisa masuk dan mencetak gol di Kop End sungguh luar biasa. Rasanya seperti berada di film.”

"Tujuan jangka panjang saya adalah menjadi pemain terbaik yang saya bisa. Saya tidak ingin mengakhiri karier dan memiliki penyesalan ketika saya bisa bekerja lebih keras," ujarnya lagi.

“Selangkah demi selangkah, saya ingin menjadi pemain yang saya impikan.”

Liverpool Liverpool FC Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan