Perubahan Peran Bruno Fernandes di Manchester United

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 24 Maret 2024
Perubahan Peran Bruno Fernandes di Manchester United
Bruno Fernandes (Twitter)

BolaSkor.com - Kapten Manchester United, Bruno Fernandes, sudah membela klub sejak 2020 pasca ditransfer dari Sporting Lisbon sebesar 65 juta euro. Pemain berusia 29 tahun menjadi otak serangan tim pada posisi gelandang serang.

Fernandes memiliki kemampuan mengatur serangan, punya visi bermain bagus, plus dapat menjadi solusi mencetak gol dari lini kedua. Potensinya semakin berkembang di bawah arahan Erik ten Hag dengan posisi bermain yang berbeda.

Apabila di bawah arahan Ole Gunnar Solskjaer dan Ralf Rangnick, Fernandes bermain sebagai gelandang serang (nomor 10) di belakang striker pada formasi 4-2-3-1, Fernandes menjadi pemain serba bisa di era Ten Hag.

Gelandang asal Portugal dapat ditempatkan pada posisi sayap dan bermain sebagai gelandang tengah (nomor 6), dengan peran yang lebih dalam. Peran itu diberikan Ten Hag untuk memberikan ruang bagi Scott McTominay agar lebih sering maju ke depan, mengingat ia punya naluri mencetak gol tinggi.

Baca Juga:

Rumor Transfer: Juventus Bidik Mason Greenwood, Manchester United Ingin Gleison Bremer

Southgate Akan Dipandang bak Hodgson di Liverpool jika Melatih Manchester United

Gareth Southgate Buka Suara soal Gosip Tukangi Manchester United

Bahkan di Derby Manchester, saat Man United kalah dari Manchester City, Fernandes bak menjalani peran sebagai false nine (striker semu). Ia membantah peran tersebut, tetapi tak menyangkal dapat lebih sering bermain sebagai gelandang tengah.

"Tidak, itu bukan false nine. Saya tidak melakukan gerakan-gerakan itu. Yang saya lakukan bukan 'false nine' karena saya belum terlalu terbiasa. Saya berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan gerakan-gerakan yang diinginkan pelatih," tutur Fernandes di A Bola.

"Dia juga meminta saya untuk turun (di lapangan), karena kualitas saya adalah tidak berada di lini terakhir dan bertarung dengan bek tengah, meski saya bisa dan akan berusaha melakukannya secara maksimal bila diperlukan dan tim membutuhkannya."

Fernandes memprediksi akan lebih sering jadi gelandang tengah di masa depan, sebab perubahan peran itu dapat 'memperpanjang' karier alih-alih banyak berlari di lini pertahanan lawan sebagai gelandang serang.

"Saya telah bermain, terutama musim lalu dengan pelatih Ten Hag, lebih dalam. Faktanya, melawan Everton, saya bermain sebagai nomor 6 dan saya masih berpikir itu adalah salah satu permainan terlengkap yang pernah saya mainkan, di semua level," tambah Fernandes.

"Dalam hal operan bola, organisasi permainan, pertahanan, taktik. Saya punya sedikit pemikiran di kepala saya bahwa saya akan mengakhiri karier saya lebih jauh ke belakang, karena semua pemain yang memulai di sana, nomor 10, pada akhirnya mundur lebih ke tengah."

"Itu adalah posisi yang saya sukai, bermain lebih dalam, lebih banyak menghadapi permainan. Dengan penguasaan bola, itu membuat permainan saya jauh lebih mudah karena saya memiliki pandangan yang lebih luas tentang permainan dan itu ideal untuk apa yang telah kita bicarakan dengan umpan terakhir, yang terkadang datang dari dalam lapangan."

“Pertandingan melawan Everton adalah pertandingan di mana saya paling banyak menciptakan peluang mencetak gol, meskipun saya bermain lebih dalam dan tidak bermain sebagai pemain nomor 10," urai Fernandes.

Bruno Fernandes Manchester United
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.178

Bagikan