Pernah Dilatih di Ajax, Stam Bicara Karakter Permainan Onana

Arief HadiArief Hadi - Senin, 24 Juli 2023
Pernah Dilatih di Ajax, Stam Bicara Karakter Permainan Onana
Andre Onana (Twitter)

BolaSkor.com - Penjaga gawang asal Kamerun, Andre Onana, menjadi rekrutan kedua Manchester United setelah Mason Mount pada bursa transfer musim panas 2023. Onana diboyong dari Inter Milan sebesar 52 juta euro.

Seperti halnya Mount, Onana diboyong atas keinginan Erik ten Hag agar Man United dapat bermain sesuai filosofi sepak bola yang coba diterapkannya. Apabila Mount diplot penjaga ritme bermain di lini tengah dan depan, Onana membangun serangan di lini belakang.

Pemain berusia 27 tahun memiliki kemampuan dalam membangun serangan dari belakang dengan kedua kakinya, hal yang tidak dimiliki David De Gea. Fans Man United menantikan debutnya setelah ia absen melawan Arsenal di tur pramusim di Amerika Serikat.

Permainan Onana seyogyanya sudah dapat dilihat musim lalu saat ia membela Inter dan bermain di final Liga Champions. Namun mantan bek Man United asal Belanda, Jaap Stam, menggambarkan lebih mengenai permainan Onana yang pernah dilatihnya di Ajax Amsterdam U-23.

Baca Juga:

Andre Onana, Pelengkap Kepingan Puzzle Manchester United di Lini Belakang

Sheikh Jassim dan Sir Jim Ratcliffe Masih Mau Beli Manchester United

Erik Ten Hag Klaim Manchester United Bisa Kalahkan Tim Mana Pun

"Andre sangat nyaman dengan bola. Anda tahu, saya bekerja dengan Andre Onana di Ajax, ketika saya mengambil tim U-23, dan ketika dia ada di sana dan datang dari tim muda," terang Stam soal Onana di laman resmi Man United.

"Jadi dia memainkan banyak pertandingan dengan saya di U-23 di liga kedua di Belanda. Dan dia adalah pemain yang, paling utama, dia orang yang sangat baik. Dia sangat tenang dan membumi. Dia juga suka bercanda. Jadi Anda bisa tertawa bersamanya juga."

"Tapi dia orang yang sangat jujur dan penjaga gawang yang sangat bagus. Anda tahu, refleksnya sangat besar, sangat bagus. Dia sangat cepat, di garis juga dan keluar."

"Dia membaca permainan dengan baik dan bagus dalam menguasai bola. Dia sangat nyaman, selalu. Anda tahu, dia juga menunda, kadang-kadang, dia mencoba untuk menarik atensi pemain lawan dan kemudian memainkan umpan yang menentukan melalui tengah."

"Mungkin, banyak penggemar akan berpikir, oke, apa yang dia lakukan sekarang? Jadi Anda perlu sedikit membiasakan diri dengan itu juga. Tapi begitulah permainan modern dimainkan oleh penjaga gawang yang sangat percaya diri saat menguasai bola dan menemukan umpan yang tepat."

"Dia juga sangat bagus dengan kaki kirinya, jadi dia bisa bermain dengan kaki kanannya tetapi juga dengan kaki kirinya. Dia juga tidak takut untuk menggunakan itu. Jadi dia adalah seorang atlet dalam penjaga gawang, yang sangat menarik untuk dilihat," papar Stam.

Stam juga meyakini Onana memiliki karakter yang tepat untuk memperkuat tim sekaliber Man United, terutamanya dengan sorotan besar kepadanya sebagai penjaga gawang utama.

"Oh ya, dia punya (kekuatan mental). Dia sangat tenang dan mendekati permainan dengan sangat baik dan dia memainkan pertandingan yang sangat penting untuk Ajax dan di Italia di Inter," imbuh Stam.

"Tentu saja, dia juga bermain di pertandingan besar. Dia bermain di semifinal Liga Champions (untuk Ajax) dan di final Liga Champions musim lalu, melawan (Manchester) City."

"Jadi dia sudah terbiasa memainkan pertandingan besar dan saya pikir dia bisa memberikan pengaruh di United," pungkasnya.

Jaap stam Andre Onana Manchester United
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.195

Bagikan