Pep Guardiola Dituding Hambat Perkembangan Potensi Phil Foden

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 09 Agustus 2023
Pep Guardiola Dituding Hambat Perkembangan Potensi Phil Foden
Pep Guardiola dan Phil Foden (Twitter)

BolaSkor.com - Tidak ada lagi yang mempertanyakan atau meragukan kualitas Pep Guardiola sebagai salah satu pelatih top di Eropa, terutamanya setelah ia membawa Manchester City menjadi peraih treble winner musim lalu

Kendati demikian, keraguan tetap menyertai pria asal Spanyol berusia 52 tahun tersebut di beberapa aspek dari keputusannya. Termasuk salah satu yang jadi sorotan adalah minimnya waktu bermain Phil Foden.

Foden, 23 tahun, sudah memenangi lima titel Premier League, Liga Champions, dua Piala FA, dan empat Piala Liga sejak promosi ke tim utama Man City enam tahun silam. Namun, musim lalu ia hanya bermain 22 kali di Premier League.

Teranyar, bahkan di laga yang kerap dilihat sebagai pertandingan pemanasan Community Shield, Foden baru bermain di babak kedua melawan Arsenal.

Baca Juga:

Bungkam Manchester City di Wembley Jadi Bukti Arsenal Bisa Kalahkan Siapa Saja

Prediksi Premier League 2023-2024: Tantangan Manchester City, Perebutan Empat Besar Memanas

Profil dan 7 Fakta Menarik dari Bek Anyar Manchester City, Josko Gvardiol

Foden bukan lagi pemain muda minim pengalaman dan oleh karenanya ia seyogyanya memiliki karier seperti Jude Bellingham, gelandang Real Madrid berusia 20 tahun yang bermain reguler sebelumnya di Borussia Dortmund.

Tak ayal pandit sepak bola, Jamie Carragher, khawatir Guardiola menghambat perkembangan potensi Foden mencapai titik maksimal karena ia jarang memainkannya. Carragher mempertanyakan alasan Guardiola tidak banyak menurunkannya untuk bermain.

"Phil Foden tidak muda lagi. Tiga atau empat tahun lalu, kita mengatakan dia akan menjadi pemain Inggris terbaik," tutur Carragher kepada The Overlap.

"Rasanya seperti Jude Bellingham telah menjadi pemain itu, di mana dialah yang kita bangun untuk tim Inggris ini. Foden tidak bisa masuk tim Inggris dan tidak bisa masuk tim Manchester City."

"Ilkay Gundogan dan Riyad Mahrez telah pergi, dan mereka bermain di Community Shield seminggu sebelum musim dimulai, dan dia masih belum bisa masuk starting XI."

"Kita semua tahu betapa bagusnya dia - apa yang menghentikannya? Pep memainkan (Julian) Alvarez di belakang (Erling) Haaland – itu adalah posisi di mana Foden bisa bermain, tapi dia tetap tidak memainkannya," pungkas Carragher.

Kontrak Foden masih tersisa empat tahun dengan Man City. Adapun ia jarang bermain dalam beberapa musim terakhir karena persaingan ketat di tim utama, terlebih Foden juga sempat diganggu dengan cedera.

Phil Foden Manchester City Pep Guardiola Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.229

Bagikan