Penilik Rekor-rekor Terbaik di Boxing Day Premier League

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 25 Desember 2022
Penilik Rekor-rekor Terbaik di Boxing Day Premier League
Robbie Fowler berbagi rekor dengan Harry Kane di Boxing Day (Twitter)

BolaSkor.com - Sepekan setelah berakhirnya Piala Dunia 2022 di Qatar yang berakhir dengan kesuksesan timnas Argentina memenangi trofi ketiga, fans sepak bola masih bisa tetap menikmati hiburan di Premier League.

Premier League jadi liga top Eropa pertama yang akan melanjutkan musim 2022-2023 setelah jeda Piala Dunia. Pada musim ini perhelatan itu berlangsung pada pekan 17 Premier League dan dimulai pada Senin (26/12) malam WIB.

Pekan 17 Premier League bukan sekedar lanjutan laga liga biasa, sebab itu Boxing Day atau laga setelah Natal yang telah menjadi budaya di Inggris. Entah itu fans menyaksikan langsung di stadion atau di rumah bersama keluarga, Boxing Day di Premier League selalu jadi sajian menarik.

Baca Juga:

Tradisi, Budaya, dan Sejarah Boxing Day pada Sepak Bola Inggris

214 Ribu Orang Tanda Tangani Petisi Pengulangan Duel Argentina Vs Prancis

Bantuan Emiliano Martinez di Balik Gol Penalti Paulo Dybala ke Gawang Prancis

5 Laga Boxing Day Paling Menarik di Premier League

Tentu saja mereka akan senang jika tim kesayangan mereka menang. Faktanya Boxing Day sudah lama dihelat di Inggris dengan laga tertua dan pertama dihelat pada 26 Desember 1860, mempertemukan dua klub tertua Inggris Hallam FC kontra Sheffield FC di Sandygate Road.

Melihat catatan sejarah itu, Premier League, sepak bola Inggris, dan Boxing Day tidak dapat dipisahkan begitu saja. Begitu juga dengan penilik rekor-rekor yang sejauh ini tercatat dalam sejarah Premier League.

Tim dengan Rekor Terbaik

Menilik informasi dari 90min, praktis Manchester United sampai saat ini merupakan tim dengan rekor terbaik di Boxing Day. Sejak menjadi tradisi pada 1888, Red Devils sudah memainkan 96 pertandingan Boxing Day.

Catatannya adalah 51 kemenangan, 18 hasil imbang, dan 27 kekalahan dengan poin rata-rata pada rekor 171. Man United juga telah mencetak 195 gol dan kebobolan 140 gol. Dewasa ini, rekor dalam hal tersebut, tidak begitu pasti karena tidak semua tim bermain pada Boxing Day dan laga-laga juga dibagi ke hari setelah Boxing Day.

Liverpool, Brighton & Hove Albion, Tottenham Hotspur, juga ada di lima besar tim dengan rekor terbaik di Boxing Day. Laga Boxing Day acapkali mengejutkan dan seru, seperti pada musim 2021-2022 kala Manchester City menang 6-3 atas Leicester City, Arsenal 5-0 atas Norwich Ciy, serta kemenangan tandang 3-2 Southampton atas West Ham United.

Pemain Paling Banyak Mencetak Gol

Beberapa pemain seolah menjadikan Boxing Day menjadi momen untuk mengukir rekor dari segi perolehan gol. Siapa pemain dengan gol terbanyak di Boxing Day? Dia adalah legenda Liverpool, Robbie Fowler, dengan catatan sembilan gol.

Tujuh dari sembilan gol itu hebatnya lagi tercipta di laga tandang. Rekor itu bertahan lama sampai striker Tottenham Hotspur, Harry Kane, mencatatkannya pada musim 2021-2022. Dengan fakta Kane masih bermain rekor Fowler itu - cepat atau lambat - dapat dilewatinya.

Di bawah Fowler dan Kane adalah Robbie Keane dan Alan Shearer dengan catatan masing-masing delapan gol, lalu ada juga Thierry Henry dengan tujuh gol. 10 besar pada kategori ini juga ditempati pemain lain seperti Jermain Defoe, Dimitar Berbatov, Andy Cole, Steven Gerrard, dan Frank Lampard.

Premier League Boxing day
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan