Paul Pogba dan 5 Pemain yang Pernah Terlibat Kasus Doping

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Selasa, 12 September 2023
Paul Pogba dan 5 Pemain yang Pernah Terlibat Kasus Doping
Andre Onana (Twitter)

BolaSkor.com - Paul Pogba menjadi buah bibir dalam beberapa jam terakhir. Bukan karena prestasinya, tetapi sang gelandang tersandung kasus doping. Selain Pogba, ada beberapa pemain lainnya yang pernah terjerat kasus doping.

Paul Pogba gagal lolos tes doping ketika menjadi sampel pada duel Udinese melawan Juventus. Dalam darah Pogba ditemukan kadar testosteron yang meningkat.

Akibat kejadian itu, Juventus memutuskan menangguhkan status Pogba. Sang pemain tidak akan tampil hingga proses penyelidikan selesai. Kini, sampel B akan diuji sebagai pembanding.

Baca Juga:

Ditahan Imbang Bologna, Juventus Gagal Jaga Momentum Kemenangan

Paul Pogba Tersandung Kasus Doping

Juventus Bukan Favorit Scudetto

Rupanya, beberapa pemain dunia juga pernah mengalami kejadian seperti Pogba. Berikut adalah ulasannya:

Andre Onana

Andre Onana pernah terjerat kasus doping ketika masih memperkuat Ajax Amsterdam. Akibatnya, ia harus absen dalam waktu yang panjang.

Onana gagal dalam tes doping yang dilakukan ketika liga sedang berjalan. Ketika itu, dalam sampel urin Onana ditemukan zat furosemide.

Rupanya, Onana mengaku salah ketika mengonsumsi obat milik istrinya. Walhasil, Onana mendapatkan hukuman larangan bermain selama satu tahun. Setelah banding, hukuman berkurang menjadi sembilan bulan.

Giuseppe Rossi

Giuseppe Rossi adalah satu di antara striker asal Italia yang punya potensi besar, tetapi gagal bersinar. Dalam perjalanan kariernya, Rossi juga pernah berurusan dengan doping.

Rossi dinyatakan positif menggunakan dorzolamide ketika memperkuat Genoa pada 2018. Sang striker dituntut dengan hukuman satu tahun jika terbukti bersalah.

Namun, dalam pengadilan Rossi dinyatakan tidak melakukan hal menyimpang. Zat tersebut berasal dari obat tetes mata yang digunakan sang pemain. Walhasil, Rossi hanya mendapatkan teguran usai sidang.

Pep Guardiola

Sebelum menjadi pelatih kenamaan seperti sekarang, Pep Guardiola merupakan pesepak bola andal. Pada momen itulah Guardiola dinyatakan menggunakan doping.

Guardiola gagal melewati tes doping ketika memperkuat Brescia. Ia kedapatan positif menggunakan steroid nandrolone.

Setelah penyelidikan lebih lanjut, zat terlarang itu bukan sengaja digunakan Guardiola. Namun, zat itu masuk melalui suplemen yang dikonsumsi Guardiola. Meski demikian, Guardiola tetap menjalani hukuman larangan bermain selama empat bulan.

Jaap Stam

Jaap Stam juga pernah masuk daftar hitam pemain yang menggunakan doping. Peristiwa pahit itu terjadi ketika sang bek masih memperkuat Lazio.

Jaap Stam melakukan tes doping pada laga Lazio kontra Atalanta, 2001. Hasil menunjukkan sang bek mengonsumsi nandrolone.

Akibatnya, Jaksa Anti-Doping Italia menuntut hukuman 10 bulan untuk sang pemain. Setelah proses pengadilan, hukuman larangan tanding berkurang menjadi lima bulan.

Samir Nasri

Satu di antara kasus doping paling kontroversial dilakukan Samir Nasri. Ia terbukti dengan sengaja menggunakan infus lebih dari batasan yang diizinkan.

Kasus doping Samir Nasri terjadi ketika mada peminjaman di Sevilla. Ia menyalahgunakan perawatan infus di Amerika Serikat. Bahkan, Nasri menggunakan 10 kali lipat dari batasan 50 mililiter yang diperbolehkan Badan Anti-Doping Dunia.

Awalnya, Nasri mendapatkan hukuman larangan bermain selama enam bulan. Kemudian, hukuman diperpanjang menjadi 18 bulan.

Andre Onana Paul Pogba Trivia Sepak Bola Samir Nasri Pep Guardiola
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.532

Bagikan