Panas, Perburuan Sepatu Emas Eropa 2023-2024

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 02 April 2024
Panas, Perburuan Sepatu Emas Eropa 2023-2024
Harry Kane (Twitter)

BolaSkor.com - Musim 2023-2024 menjadi penanda era pertama di Eropa, setelah 20 tahun, tanpa kehadiran dua 'alien' yang pernah menguasai Benua Biru: Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Persaingan merebutkan Sepatu Emas Eropa terbuka tanpa kedua pemain tersebut.

Bagaimana tidak, saat keduanya masih prima dan bersaing jadi yang terbaik di Eropa, mereka mendominasi daftar top skorer di liga dan Eropa, juga dengan statistik lain serta kesuksesan personal atau kolektif.

Kini, persaingan itu terbuka, khususnya dari segi persaingan merebutkan Sepatu Emas Eropa. Pada empat musim terakhir, tidak ada nama Messi atau Ronaldo sebagai pemenang.

Baca Juga:

Skenario Sempurna Inter Milan: Scudetto di Derby della Madonnina

Rentetan Kemenangan Inter Milan Terhenti, Kans Scudetto Tetap Sangat Besar

Anomali Kapten Inter Milan, Lautaro Martinez

Ketiga pemenang itu, mulai dari 2020 hingga 2023, adalah Ciro Immobile (36 gol), Robert Lewandowski dua kali beruntun (41 dan 35 gol), dan Erling Haaland (36 gol).

Adapun Sepatu Emas Eropa merupakan penghargaan gelar top skorer di Eropa, melalui catatan gol terbanyak di liganya, juga dengan mempertimbangkan poin koefisiensi liga di Eropa.

Saat ini persaingan merebutkannya cukup ketat. Sampai Selasa (02/04) pagi WIB, berikut daftar pesaing dalam perebutan gelar Sepatu Emas Eropa.

1. Erling Haaland (18 Gol)

Ketajamannya menurun musim ini dibanding musim lalu, tetapi Erling Haaland tetaplah Haaland: jika menemukan momentum terbaiknya, Haaland bisa dengan mudah menambah pundi-pundi golnya.

Striker berusia 23 tahun telah mencetak 18 gol dari 24 laga Premier League, total sudah mencetak 29 gol di seluruh kompetisi. Saat ini ia ada di urutan enam, tetapi musim masih berlanjut dan torehan golnya dapat bertambah.

2. Lois Openda (19 Gol)

Aset dari RB Leipzig seolah tak pernah berakhir. Pasca menghasilkan banyak uang dari penjualan Josko Gvardiol, Dominik Szboszlai, Christopher Nkunku, dan Timo Werner, Leipzig kembali memiliki talenta berusia 24 tahun, Lois Openda.

Openda sudah mencetak 23 gol dari 38 laga di seluruh kompetisi, 19 gol di antaranya di Bundesliga. Openda juga striker serba bisa karena dapat bermain sebagai penyerang sayap, selain striker tengah.

3. Lautaro Martinez (23 Gol)

Dengan tersingkirnya Inter Milan di Coppa Italia dan Liga Champions, fokus tim kini di Serie A. Striker sekaligus kapten Inter, Lautaro Martinez, sudah mendulang 23 gol dari 27 laga Serie A dan jumlah itu masih dapat bertambah.

Martinez dapat bersaing untuk merebutkan status Sepatu Emas Eropa, meski saat ini Harry Kane memimpin jauh di urutan pertama.

4. Serhou Guirassy (23 Gol)


Cedera dan kebugaran pasca tampil di Piala Afrika membuat Serhou Guirassy jarang main di Stuttgart, tetapi itu tidak menutup fakta ia sudah membukukan 23 gol di Bundesliga. Berada di lima besar top skorer di Eropa.

Rasio golnya meningkat musim ini dan wajar jika penyerang berusia 27 tahun dibidik klub-klub top Eropa. Torehan gol Guirassy juga masih dapat bertambah karena musim masih berjalan.

5. Kylian Mbappe (24 Gol)

Kapten timnas Prancis menempati urutan kedua top skorer di Eropa dengan catatan 24 gol. Situasinya tak mudah bagi Kylian Mbappe mencetak gol, sebab waktu bermainnya dibatasi oleh Luis Enrique di Paris Saint-Germain (PSG).

Itu bukan catatan terbaik, sebab Mbappe menorehkan catatan terbaik pada musim 2018-2019 dengan catatan 33 gol. Jumlah itu masih dapat bertambah mengingat level bermain di Ligue 1 berbeda dari liga top Eropa lainnya.

6. Harry Kane (31 Gol)

Bayern Munchen terancam tanpa raihan trofi musim ini setelah kandas di DFB Pokal, kalah di Piala Super Jerman, dan terpaut jauh dari Bayer Leverkusen di Bundesliga. Menyisakan Liga Champions sebagai asa untuk memenangi trofi.

Kendati demikian, keran gol Harry Kane terjaga dan ia sudah mencetak 31 gol dari 27 laga pada musim debut membela Bayern. Masih ada tujuh laga tersisa dan jumlah gol Kane masih dapat bertambah.

Trivia Sepak Bola Sepatu emas eropa Harry Kane Kylian Mbappe Lautaro martinez Erling Haaland
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.146

Bagikan